Sifat dan Macam – Macam Prisma Bangun Ruang

Posted on

Macam Prisma Bangun Ruang – Setelah dipertemuan sebelumnya telah dibahas tentang Rumus Luas dan Volume Prisma, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Para Pembaca untuk mengenal Sifat Prisma Bangun Ruang dan mengenal Jenis Prisma Bangun Ruang Matematika. Hal ini dikarenakan Bangun Ruang Prisma ini merupakan salah satu Bangun Ruang Matematika yang sangat sering sekali keluar di Soal – Soal Ujian Sekolah, baik itu Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Soal Ujian Nasional (UN) sehingga sudah sepantasnya Penulis untuk memberikan ulasan tentang Bangun Ruang Prisma ini secara lebih mendalam.

macam macam prisma bangun ruang matematika

Langsung saja didalam Pengertian Prisma Menurut Wikipedia Indonesia ialah Bangun Ruang Matematika Tiga Dimensi yang telah dibatasi oleh Alas dan Tutup Identik yang berbentuk Segi-n dan sisi – sisi tegak yang berbentuk persegi panjang maupun persegi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Bangun Ruang Prisma ini merupakan Bangun Ruang Matematika yang memiliki penampang melintang yang sama dlm bentuk dan ukurannya. Adapun untuk Contoh Bangun Ruang Prisma di kehidupan sehari – hari antara lain Tenda Perkemahan, Atap Rumah, Teropong Binokuler, Kotak Tisu dan Bungkus Kemasan Makanan.

Macam – Macam Prisma Bangun Ruang

Kemudian untuk Macam – Macam Prisma Bangun Ruang Menurut Bentuk Alasnya dibedakan antara lain Prisma Segitiga, Prisma Segi-n, Prisma Segi Empat, Prisma Segi Lima dan Prisma Segi Enam. Namun perlu kalian ketahui sebagai Para Pembaca dan Pelajar bahwa Bangun Ruang Prisma ini jika semakin banyak jumlah n maka Bangun Ruang Prisma akan mendekati bentuk Bangun Ruang Tabung dg sisi atas dan sisi alas mendekati lingkaran.

Sifat – Sifat Prisma Bangun Ruang

Setelah kalian mengenal Macam Bangun Ruang Prisma seperti yang telah dijelaskan diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Sifat – Sifat Bangun Ruang Prisma ini yang antara lain : Bangun Ruang Prisma mempunyai 6 Buah Titi Sudut, Prisma mempunyai 9 Buah Rusuk,  Jaring – Jaring Prisma berupa 2 Segitiga dan 3 buah Persegi Panjang, Bangun Ruang Prisma ini memiliki 5 Buah Bidang Sisi yg terbagi menjadi 2 Buah Sisi berbentuk Segitiga dan memiliki 3 sisi yg berbentuk Segi Empat.

Rumus Prisma Bangun Ruang Matematika

Sedangkan didalam Rumus Bangun Ruang Prisma sendiri terbagi menjadi 2 rumus yang antara lain

Rumus Luas Prisma :

L = 2 x Luas Alas + Luas Selimut

Rumus Volume Prisma :

V = Luas Alas x Tinggi

Sedangkan didalam Contoh Soal Mencari Luas dan Volume Prisma Bangun Ruang Matematika bisa kalian lihat secara lansung ditautan Rumus Prisma Bangun Ruang Matematika tersebut, karena di tautan tersebut telah Penulis jelaskan secara lebih detail tentang Rumus Prisma dan Contoh Soalnya. Mungkin hanya seperti itu saja penjelasan tentang Sifat Prisma dan Jenis Bangun Ruang Prisma, semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua Para Pembaca di Laman Rumus Rumus ini karena sekali lagi Bangun Ruang Prisma salah satu Bangun Ruang yang penting sekali untuk dipahami selain Bangun Ruang Kubus, Balok, Tabung, Limas dan Kerucut.


Baca Juga :