Objek Penelitian

Posted on

Objek Penelitian – Pada dasarnya adalah masalah yang dipelajari dalam penelitian ini. Namun, pemahaman objek penelitian sering tertukar dengan subjek penelitian.

Ini jelas membingungkan terutama bagi para peneliti muda, karena definisi antara subjek dan objek berkorelasi dengan penelitian, tetapi terutama dalam penelitian sosial keduanya tidak sama.

Subjek penelitian adalah informan atau informan dari mana data penelitian berasal. Objek adalah masalah yang dipelajari dalam penelitian, maka dengan pemahaman singkat.

Sangat mungkin bahwa ketika menggunakan kedua istilah ini, kesalahan akan terjadi karena satu tidak dapat ada tanpa yang lain.

Topik penelitian tidak bisa ada tanpa topik penelitian dan sebaliknya. Di sini kami merangkum pemahaman tentang objek riset dan contoh – contohnya.

Tinjauan umum yang disajikan secara khusus hanya akan fokus pada bidang penelitian sosial. Dalam penelitian sosial, istilah materi pelajaran dan materi penelitian dipisahkan dengan jelas.

Penelitian di bidang lain, misalnya bidang yang tepat, terkadang subjek tersebut ditafsirkan oleh apa yang sebenarnya dinyatakan sebagai objek dalam penelitian sosial.

Alasan untuk penyebutan istilah yang berlawanan hanya jelas jika kita ingin memahami bahwa manusia, orang, individu atau komunitas dalam penelitian atau ilmu pasti bukan objek tetapi subjek.

Orang menjadi subjek percobaan yang sering muncul dalam pencarian yang tepat. Misalnya, konsultasikan dengan perencanaan regional atau penelitian medis.

Jika kita mengikuti debat ini, kita akan datang ke diskusi ontologis dan epitetologis dalam filsafat pengetahuan. Dalam sosiologi itu sendiri, aliran positivisme sering memposisikan individu sebagai objek.

Max Weber adalah salah satu aktivis depan yang menekankan perlunya menekankan unsur subjektivitas dalam ilmu sosial.

Di sini saya, secara konsisten mendefinisikan apa itu objek penelitian sebagai masalah dan contoh dari sebuah riset, sebagai individu. Mari kita perjelas definisi objek ini sebelum beralih ke contohnya.

Pengertian Objek Penelitian

objek penelitian

Objek penelitian adalah masalah, isu atau problem yang dibahas, diteliti dan diselidiki dalam riset sosial. Dari definisi ini, kita dapat segera melihat bahwa subjek penelitian memiliki bidang aplikasi yang luas dalam kaitannya dengan topik penelitian.

Namun, kita dapat mengatakan bahwa subjek penelitian sosial sangat mungkin adalah individu, kelompok, atau perusahaan, selama subjeknya merupakan masalah yang sedang diselidiki.

Di sinilah, kebingungan tentang penggunaan istilah dalam penelitian sosial sering muncul. Ketika kami memposisikan komunitas sebagai objek riset, komunitas diposisikan sebagai bagian dari masalah penelitian.

Mungkin saat ini masih sulit dimengerti. Saya akan memberikan penjelasan yang lebih konkret sebagai contoh.

Contoh Objek Penelitian

Sebagai contoh, kami terutama meneliti orang – orang yang menolak untuk membangun bandara baru di daerah mereka. Penelitian ini jelas melibatkan masyarakat.

Tetapi sebagaimana didefinisikan di atas, onjek penelitian adalah masalahnya. Deskripsi yang memadai dari subjek penelitian karena itu penolakan rencana untuk membangun bandara baru oleh pemerintah kota.

Penolakan publik ini menjadi subjek penelitian. Sedangkan topik penelitiannya adalah yang menolaknya.

Maksudnya sangat mirip, tetapi jelas berbeda. Sekali lagi, contoh ini hanyalah ilustrasi yang bisa lebih relevan dengan penelitian sosial.

Contoh lain adalah studi etnografi tentang perang melawan ayam di desa Kandis, Madiun. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data.

Objek riset yang dapat dimasukkan dalam proposal penelitian atau dalam laporan adalah praktik pertarungan ayam oleh penduduk desa Puri.

Mari kita lihat, pertarungan melawan ternak Puri adalah objek yang diselidiki. Topik penelitian yang jelas termasuk penduduk desa Puri, yang bertarung melawan ayam.

Pada awalnya, dikatakan bahwa subjek tidak ada tanpa objek. Pernyataan ini benar-benar sulit untuk disangkal dalam konteks penelitian sosial, karena bagaimana mungkin ada adu ayam ketika tidak ada penduduk?

Mungkin ayam inisiatif untuk memulai pertarungan ayam lainnya secara mandiri, tetapi ini persoalan bukan masalah dalam sebuah objek.

Baca Juga :

Related posts: