Reaksi Asam Basa dan Reaksi Penetralan Dalam Kimia

Posted on

Reaksi Asam Basa – Pengertian Reaksi Asam Basa (Reaksi Penetralan) didalam Ilmu Kimia adalah suatu Reaksi Kimia yang melibatkan Reagen (Zat atau Senyawa Kimia) Asam dan Reagen Basa yang dapat menghasilkan Garam dan Air. Reagen Asam yang dipakai dapat berupa Asam Lemah ataupun Asam Kuat, begitu pula dengan Reagen Basa yang dipakai bisa berupa Basa Lemah ataupun Basa Kuat.

Sebagai Contoh bila Asam Kuat direaksikan dg Basa Kuat maka akan menghasilkan suatu Garam Netral dengan pH sama dengan 7 dan jika Asam Kuat direaksikan dengan Basa Lemah maka akan menghasilkan suatu Garam dengan Sifat Asam. Namun jika Asam Lemah direaksikan dengan Basa Kuat maka akan menghasilkan Garam dengan Sifat Basa, apabila Asam Lemah direaksikan dengan Basa Lemah maka akan menghasilkan suatu Garam dengan Sifat tergantung kepada Nilai ka ataupun kb didalamnya.

Sedangkan untuk Macam – Macam Reaksi Asam Basa yang sering muncul di Kurikulum Pelajaran Kimia yang harus kalian tahu dan pahami sebagai Pelajar, Mahasiswa maupun Masyarakat Umum antara lain Reaksi Antara Asam dengan Basa, Reaksi Antara Oksida Asam dengan Basa, Reaksi Antara Asam dengan Oksida Basa, Reaksi Antara Asam dengan Amonia dan Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida Basa.

Untuk itu di kesempatan kali ini saya selaku penulis Website Rumus Rumus akan menuliskan dan menjelaskan kepada kalian para Pembaca tentang Macam – Macam Reaksi Asam dan Basa tersebut secara lebih detail karena pada kesempatan sebelumnya saya selaku penulis telah menjelaskan dan menuliskan secara lebih lengkap tentang Sifat dan Teori Asam Basa didalam ilmu Kimia, yang tentunya bisa kalian baca dan pahami di Laman Website Rumus Rumus ini.

1. Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Basa

reaksi asam basa

Didalam Larutan Netralisasi akan terjadi peristiwa antara Asam Kuat dengan Basa Kuat yang mampu menghasilkan persamaan Reaksi Ion dan Persamaan Molekuler dari Reaksi Penetralan (Reaksi Asam dan Basa) Antara Basa Asam dengan Basa tersebut pada umumnya akan menghasilkan Air dan Garam.

ASAM + BASA → GARAM + AIR

Contoh Reaksi Asam dan Basa Antara Asam dengan Basa seperti ini, jika suatu Reaksi antara Larutan Asam Klorida dengan Larutan Natrium Hidroksida maka akan menghasilkan Larutan Garam Natrium Klorida dan Air.

Contoh Soal Reaksi Asam dan Basa Antara Asam dengan Basa dengan pertanyaan seperti ini, ” Tuliskan Persamaan dari Molekul, Persamaan Ion Lengkap dan Persamaan Ion Bersih untuk Reaksi Asam dan Basa Larutan Asam Nitrat yang ditambahkan dengan Larutan Kalium Hidroksida.

contoh reaksi asam dan basa antara asam dengan basa

2. Reaksi Antara Oksida Asam dengan Basa

Pengertian Oksida Asam didalam Ilmu Kimia ialah Oksida Non Logam yang saat dilarutkan ke dlm Air maka akan membentuk Asam dan melepaskan Ion H+. Reaksi Antara Oksida Asam dengan Basa ini akan membentuk Garam dan Air.

OKSIDA ASAM + BASA → GARAM + AIR

Contoh Soal Reaksi Asam Basa Antara Oksida Asam dengan Basa dengan pertanyaan : Reaksi antara Gas Karbon Dioksida dengan Larutan Natrium Hidroksida (CO2 + NaOH).

Contoh Soal Reaksi Antara Oksida Asam dengan Basa

3. Reaksi Antara Asam dengan Oksida Basa

Pengertian Oksida Basa didalam ilmu Kimia ialah suatu Oksida Logam yang saat dilarutkan didalam Air maka akan membentuk Basa dan akan melepaskan Ion H-. Reaksi Antara Asam dengan Oksida Basa tersebut akan membentuk Suatu Garam dan Air seperti dibawah ini :

ASAM + OKSIDA BASA → GARAM + AIR

Contoh Soal Reaksi Antara Asam dengan Oksida Basa dengan Soal seperti : carilah Persamaan Molekul, Persamaan Ion Lengkap dan Persamaan Ion Bersih jika Reaksi Antara Asam Bromida dengan Natrium Oksida.

contoh reaksi antara asam dengan oksida basa

4. Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Amonia

Pengertian Amonia didalam ilmu Kimia ialah Basa Lemah yang saat dilarutkan didalam Air maka terbentuk NH4OH dan Reaksi Antara Asam dengan Amonia ini akan menghasilkan Garam Amonium dengan Reaksi seperti dibawah ini :

ASAM + NH3 → GARAM AMONIUM

Contoh Reaksi Asam Basa Antara Asam dengan Amonia jika Soalnya seperti ini : carilah Persamaan Molekul, Persamaan Ion Lengkap dan Persamaan Ion Bersih jika Reaksi Antara Asam Klorida dengan Amnonia (HCI + NH3).

Contoh Soal Reaksi Antara Asam dengan Amonia

5. Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida Basa

Jika Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida basa maka akan terbentuk Garam dengan Reaksi seperti dibawah ini :

OKSIDA ASAM + OKSIDA BASA → GARAM

Contoh Soal Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida Basa jika Soalnya seperti berikut ini : tuliskan Persamaan Molekul, Persamaan Ion Lengkap dan Persamaan Ion Bersih jika Reaksi Kalsium Oksida padat direaksikan dengan Gas Belerang Oksida.

Contoh Soal Reaksi Antara Oksida Asam dengan Oksida Basa

Itulah pembahasan tentang Pengertian dan Macam Reaksi Asam Basa didalam ilmu Kimia dan semoga saja apa yang sudah dijelaskan atau dituliskan di artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian para pembaca yang notabenya para Pelajar baik itu Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Masyarakat Umum yang ingin lebih mengenal tentang Reaksi Asam dan Basa.


Baca Juga :