Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat Terlengkap

Posted on

Rumus Belah Ketupat – Berikut ini penjelasan lengkap tentang pengertian, sifat – sifat, dan rumus keliling dan luas belah ketupat beserta contoh soal belah ketupat dan pembahasannya. Untuk mengetahui rumus belah ketupat sebaiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu belah ketupat? Berikut penjelasannya

Pengertian Belah Ketupat

Pengertian Belah Ketupat sendiri ialah suatu bangun segi empat yang dibentuk dari gabungan antara segitiga sama kaki dan bayanganya setelah dicerminkan terhadap suatu alasnya sehingga perpaduan atau gabungan tersebut menghasilkan suatu bentuk Belah Ketupat.

Sifat Belah Ketupat

Adapun untuk Sifat Rumus Belah Ketupat yang bisa kami jelaskan kepada anda antara lain

  • Kedua diagonal pada sisinya merupakan sumbu simetri
  • Kedua diagonalnya saling membagi antara dua sama panjang dan saling berpotongan tegak lurus serta
  • Setiap sudut – sudutnya yang berhadapan sama besar dan dibagi antara dua sama besar oleh diagonal – diagonalnya

Untuk itu jika guru anda mempertanyakan Pengertian Rumus Belah Ketupat dan Sifat – Sifatnya maka anda tinggal menjawab seperti sudah kami jelaskan diatas karena sebelum anda membahas tentang suatu Rumus Belah Ketupat maka ada baiknya anda mengetahui sifat dan pengertianya sehingga dari segi logika anda sudah mengetahui dan mengenalnya.

Penjelasan Rumus Luas dan Keliling Belah Ketupat

penjelasan rumus belah ketupat lengkap
Gambar Belah Ketupat

Gambar Belah Ketupat diatas memang memiliki bentuk yang mirip dengan layang – layang namun disetiap sisi pada bentuk gambar Belah Ketupat diwaliki oleh huruf S dan untuk huruf D1 dan D2 mewakili dari dua buah diagonal yang ada pada belah ketupat yaitu diagonal vertikal dan diagonal horizontal.

Rumus Belah Ketupat

Kemudian di dalam rumus belah ketupat sendiri dibagi menjadi dua yaitu rumus luas belah ketupat dan rumus keliling belah ketupat. Untuk mencari Rumus Luas Belah Ketupat menggunakan rumus matematika seperti ini :

Rumus Luas Belah Ketupat

Luas = 1/2 x Diagonal 1 x Diagonal 2 Atau L = 1/2 x d1 x d2

Rumus Keliling Belah Ketupat

Sedankan untuk mencari Rumus Keliling Belah Ketupat menggunakan Rumus Matematika Belah Ketupat seperti dibawah ini :

Keliling = s+s+s+s Atau K = 4 x s

Itulah rumus keliling dan luas belah ketupat untuk saat ini baru lah ke-dua rumus itu yang dapat dibahas oleh rumusrumus.com, dan untuk kalian agar lebih memahami rumus belah ketupat diatas maka sebaiknya kalian mencoba mengerjakan contoh soal belah ketupat yang telah disediakan dibawah ini.

Contoh Soal Belah Ketupat

Dibawah ini ada beberapa contoh soal luas dan keliling dari belah ketupat serta pembahasan lengkap untuk cara menyelesaikannya.

Contoh Soal Luas Belah Ketupat

contoh soal rumus belah ketupat mencari luas

contoh soal rumus belah ketupat mencari keliling

Contoh Soal Keliling Belah Ketupat

  • Sebuah bangun belah ketupat mempunyai panjang pada sisinya yaitu 5 cm, hitunglah berapa jumlah keliling dari belah ketupat ini ?

Diketahui :

s = 5 cm

Ditanyakan : Keliling Belah Ketupat ?

K = 4 x s

K = 4 x 5 cm = 20 cm

Maka, keliling belah ketupat dari soal diatas adalah 20 cm

  • Sebuah belah ketupat memiliki panjang sisinya 15 cm hitunglah kelilingnya ?

Diketahui :

s = 15 cm

Ditanyakan : Keliling Bangun Belah Ketupat ?

K = 4 x s

K = 4 x 15 cm = 60 cm

Maka, keliling belah ketupat dari soal diatas adalah 60 cm

Diatas merupakan salah satu contoh Rumus Mencari Luas Belah Ketupat dan Rumus Mencari Keliling Belah ketupat yang sudah terdapat jawabanya sekalian sehingga anda lebih mudah dalam memahami belah ketupat tersebut.

Itulah penjelasan rumus belah ketupat yang dapat kami berikan dan jelaskan kepada anda dan semoga tulisan yang sederhana dari kami ini dapat bermanfaat dan memudahkan anda dalam mempelajari salah satu Rumus Matematika yang sering muncul dan dijelaskan di kelas.


Baca Juga :