Ukuran Kertas HVS

Posted on

Ukuran Kertas HVS – Salah satu jenis kertas yang begitu populer pada kalangan pelajar maupun pekerja ialah kertas HVS, dimana setiap harinya kalian sering menggunakan kertas HVS mulai dari untuk membuat laporan, tugas kuliah, serta lainnya. HVS sendiri berarti ialah kertas tulis secara bebas dari serat kayu dimana singkatan ini berasal dari bahasa Belanda ialah Houtvrijschrijfpapapier.

ukuran kertas hvs

Berbagai jenis kertas HVS tersebut mulai dari A3, B5, B3, folio maupun F4 serta kuarto maupun A3. Biasanya kertas yang umum dipergunakan oleh kalangan mahasiswa ialah kertas A4 maupun F3. Nah dengana adanya berbagai jenis kertas tersebut, skala internasional telah membedakan jenis menjadi seri A, B, C, F serta R.

Berdasarkan Skala Internasional

Berikut kami sajikan penjelasan mengenai masing – masing jenis kertas HVS yang telah sesuai terhadap skala internasional dan umum dipakai ialah dibawah ini :

Seri A

Pada seri A umumnya digunakan bagi perkantoran, sekolah maupun penerbitan, dimana yang begitu terkenal dari seri A ini ialah jenis kertas A3 dengan A4. Jenis A4 memiliki ukuran kertas setengahnya daripada jenis A3, karena jenis A3 mempunyai ukuran 29,7 x 42 cm sebaliknya A4 mempunyai ukuran 21 x 29,7 cm. Terkhusus lagi jenis A4 terdapat lagi jenis A4 s dimana dengan ukuran 21,5 x 29,7 cm.

Seri B

Pada seri B biasanya digunakan bagi keperluan cetak poster besar maupun sebagai media lukis dinding, namun perlu diketahui bahwa seri B ini tidak terlalu populer dibandingkan seri A. Pada seri B yang begitu sering digunakan ialah seri B3 maupun B5, dimana jenis B3 mempunyai ukuran kertas HVS 35,3 x 500 cm serta ukuran kertas B5 17,6 x 25 cm.

Seri C

Jika ingin membuat map, amplop, barkaitan dengan kantor pos serta percetakan maka diperlukan penggunaan kertas HVS seri C didalam pemakaiannya sebagai bahan utama. Dalam kertas jenis seri C ini ukurannya dibedakan menjadi C0, C1,C2, C3, C4, C5, C6, C7, serta C8, dimana tiap – tiapnya mempunyai ukuran yang begitu berbeda serta paling besar ialah C0. Dimaan pada C0 berukuran 91,7 x 129,7 cm, dan sebaliknya dimana terkecil ialah jenis C8 dengan berukuran 5,7 x 8,1 cm

Seri F

Begitu berbeda dibandingkan seri lainnya, pada jenis seri F ini hanya mempunyai satu jenis ukuran ialah F4 dimana berukuran 21 x 33 cm, namun perlu diketahui bahwa kertas F4 lumayan banyak digunakan unutk keperluan fotocopy.

Seri R

Istilah 3R maupun 4R tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kalian kan, nah jenis inilah yang digunakan untuk mencetak foto. Dengan ukuran ini biasanya dipakai sebagai standar didalam penentuan sebagaimana besarnya foto yang akan dicetak. Foto yang dicetak dengan ukuran seri R dicetak menggunakan kertas kanvas, glossy, matt dan inkjet.

Berdasarkan Skala Populer

Setelah mengetahui jenis maupun ukuran kertas yang umum digunakan berdasarkan skala internasional diatas, berikut kami sajikan kertas yang ada berdasarkan skala populeritas di tempat percatakan maupun fotocopyan. Pembagian jenis kertas HVS tersebut ialah Legal, Tabloid, Folio (F4), Letter, Kuarto (A4), dan lainnya.

Legal

Pada jenis ini mempunyai atau berukuran yaitu 27,94 x 35,56 cm, dimana ukuran ini cukup besar tetapi tidak lebih besar dibandingkan ukuran daripada kertas A3.

Letter

Pada jenis letter ini mempunyai ukuran 21,59 x 27,94 cm, dimana tidak begitu banyak yang menggunakan jenis kertas ini dikarenakan ukurannya yang begitu kecil, baik pada segi lebar ataupun tinggi sehingga banyak orang yang memilih agar menggunakan kuarto maupun folio.

Tetapi, didalam penggunaan komputer maupun laptop secara otomatis pasti akan memilih ukuran kertas ini sebagai kertas yang digunakan, sehingga perlu dipastikan jika anda tidak ingin menggunakan jenis kertas letter ini sehingga anda merubah pengaturan kertas terlebih dahulu

Tabloid

Pada jenis kertas tabloid ini berukuran 27,94 x 43,18 cm, dimana sesuai terhadap namanya ukuran ini dipakai pada pembuatan tabloid yang ada.

Apa sajakah ukuran kertas HVS dalam skala internasional ?

Dalam skala internasional dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :
1. Seri A
2. Seri B
3. Seri C
4. Seri F
5. Seri R

Apa sajakah ukuran kertas HVS dalam skala kepopuleran dalam percetakan maupun fotocopyan ?

Dalam skala kepopuleran dalam percetakan maupun fotocopyan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :
1. Kertas Legal
2. Kertas Letter
3. Kertas Tabloid

Jenis kertas apa yang sering digunakan dalam fotocopyan ?

Jenis kertas F4

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga apa yang telah kami jabarkan dan jelaskan diatas dapat membantu anda yang sedang membutuhkan dan dapat menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: