Ukuran Kertas A6

Posted on

Ukuran Kertas A6 – Salah satu jenis kertas yang paling umum serta banyak digunakan diberbagai kalangan ialah kertas berjenis seri A merupakan, dimana adanya berbagai ukuran pada kertas ini begitu dibutuhkan demi suatu kepentingan pada umumnya. Suatu kepentingan penggunaan kertas ini tidak hanya dibutuhkan di Indonesia, teteapi juga diseluruh dunia ini, nah kertas A6 ini ialah salah satu jenis ukuran kertas yang dapat kamu aplikasikan dalam berbagai kebutuhan sehari – hari.

Walaupun begitu, ukuran A6 ini tidak sepopuler dengan ukuran lainnya, seperti ukuran A3 maupun A4, hal ini dikarenakan ukuran A4 ini yang paling sering dibutuhkan dalam kegiatan sehari – hari terlepas lagi bagi para pelajar dan pekerjaan. Sebagai contoh : demi kerperluan tugas kuliah, sekolah, laporan pekerjaan maupun hal berkaitan lainnya.

ukuran kertas a6

Tidak hanya itu, bahkan A4 memang lebih terkenal dapat dilihat pada tampilan default pada Microsoft Word yang poisisnya telah ada dan memenuhi standar ukuran. Meski begitu, ukuran kertas A6 juga memiliki peran yang tak kalah penting daripada ukuran A4.

Dengan ukuran A6 yang lebih kecil dibandingkan A4 dan A5, kertas ini cukup mempunyai berbagai fungsi walaupun tidak begitu banyak yang menggunakan ukuran kertas A6 tersebut. Setidaknya informasi mengenai ukuran ini akan begitu penting, terkhususnya lagi bagi kamu yang memulai usaha maupun bisnis penjualan kertas maupun bekerja dalam suatu toko percetakan, maka sudah sewajarnya kamu mengetahui secara detail ukuran kertas ini.

Perlu diketahui ISO begitu penting, kertas A6 ini telah memiliki standar internasional ISO loh. Dengan begitu, kita akan dapat menetapkan ukuran secara tepat sesuai dengan kebutuhan banyak orang. Umumnya aturan dalam ISO ialah menggunakan satuan mulai dari mm (milimeter).

Sudah tidak asing lagi jika satuan mm ini telah dikonversi, hal ini dikarenakan agar pembeli tidak bingung serta dengan mudah memahaminya. Masyarakat Indonesia juga sudah cukup banyak mengetahui menggunakan ukuran cm (centimeter), karena mungkin lebih mudah sebagai bentuk mengira – ngiranya.

Berikut artikel kali ini akan membahas mengenai kertas A6 ini dalam berbagai satuan mulai dari mm, cm, inch, bahkan pixel. Maka simaklah penjabaran yang ada dibawah ini.

kertas a6

Dalam Satuan Milimeter (mm)

Kertas A6 berukuran dalam satuan milimeter (mm) menurut standar ISO 216 ialah mempunyai ukuran 105 mm x 148 mm.

Dalam Satuan Centimeter (cm)

Kertas A6 berukuran dalam satuan centimeter (cm) menurut standar ISO 216 ialah mempunyai ukuran 10,5 cm x 14,8 cm.

Dalam Satuan Inch (inch)

Kertas A6 berukuran dalam satuan inch (inch) menurut standar ISO 216 ialah mempunyai ukuran 4,13 inch x 5,83 inch.

Dalam Satuan Pixel (pixels)

Pada satuan pixel tentu ukuran kertas A6 ini ialah berbeda – beda dimana tergantung dengan seberapa besar pixel yang ingin diketahui. Sebagai contoh seperti :

  • A6-72 PPI = 298 pixel x 420 pixel
  • A6-96 PPI = 397 pixel x 559 pixel
  • A6-150 PPI = 620 pixel x 874 pixel
  • A6-300 PPI = 1240 pixel x 1748 pixel
  • A6-600 = 2480 pixel x 3508 pixel
  • A6-720 = 2976 pixel x 4195 pixel
  • A6-1200 PPI = 4961 pixel x 6992 pixel
Apa yang dimaksud ISO ?

ISO merupakan singkatan dari International Organization for Standardization dimana artinya ukuran ini telah memiliki paten di dunia internasional.

Bagaimana penggunaan pada kertas A6 ini ?

Penggunaan kertas A6 ini biasanya digunakan sebagai tiket, kuitansi, nota belanja, microfines perpustakaan, buku saku maupun kertas toilet serta yang lainnya.

Bagaimana cara membuat ukuran kertas A6 didalam Ms.Word ?

Berikut langkah – langkah membuat kertas berukuran A2 dalam Ms.Word ialah :
1. Bukalah aplikasi Ms.Word
2. Klik “Page Layout” atau “Layout”
3. Klik size, jika tidak ada ukuran A6 dalam size, maka pilih paling bawah yaitu “More Paper Sizes”
4. Lalu akan muncul jendela, isi width dan height sesuai ukuran A6 seperti width 105 mm dan height 148 mm
5. Setelah di isi, lalu ok

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga apa yang telah kami jabarkan dan jelaskan diatas dapat membantu anda yang sedang membutuhkan dan dapat menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: