Pengertian, Sifat dan Tata Nama Senyawa Alkena

advertisements

Tata Nama Senyawa Alkena – Sebelumnya pasti banyak yang belum mengetahui apa itu senyawa alkena maupun banyak yang bertanya – tanya tentang apa yg dimaksud dengan senyawa alkena. Dan langsung saja untuk Pengertian Senyawa Alkena menurut Wikipedia Indonesia adalah suatu hidrokarbon tak jenuh yang mempunyai sebuah ikatan rangkap dua antara atom karbon, Alkena Asiklik merupakan yang paling sederhana karena tidak berkaitan dg Gugus Fungsional manapun dan membentuk satu ikatan rangkap.

sifat dan nama senyawa alkena

Perlu kalian ketahui bahwa Ikatan Rangkap Kovalen bisa digambarkan dalam bentuk Orbital Atom yang saling tumpah tindih, tidak seperti ikatan tunggal yang terdiri dari ikatan rangkap karbon karena untuk Ikatan Rangkap Karbon ini mempunyai tingkat kuat yang lebih besar jika dibandingkan dengan Ikatan Kovalen Rangkap dan disetiap karbon pada ikatan rangkap memakai tiga orbital hidrida untuk membentuk suatu ikatan sigma satu karbon lainnya dan dua atom hidrogen.

Kemudian untuk Tata Nama Alkena ini memiliki ciri khas, sama seperti yang ada didalam Tata Nama Senyawa Kimia Alkana karena jika didalam Senyawa Alkana memiliki akhiran -ana maka didalam Senyawa Kimia Alkena ini mempunyai akhiran ena. Sebagai contohnya jika didalam Senyawa Alkana C4H10 dinamakan dengan Butana maka didalam Senyawa Alkena untuk C4H8 dinamakan Butena sehingga bisa disimpulkan bahwa perbedaan Tata Nama Senyawa Kimia Alkena dan Alkana ini hanya terdapat pada Akhirannya saja yakni ena dan ana.

Tata Nama Senyawa Alkena Secara Lengkap

Dibawah ini beberapa Nama Senyawa Alkena dan Nama Senyawa Alkana yang bisa kalian baca dan pahami, sekali lagi perlu diingatkan bahwa perbedaan nya ada pada akhirannya saja yakni akhiran ana dan akhiran ena

advertisements
Nama Alkana Nama Alkena
C4H10 = butana C4H8 = butena
C3H8 = propana C3H6 = propena
C2H6 = etana C2H4 = etena
C5H12 = pentana C5H10 = pentena

Kemudian perlu kalian ketahui sebagai pembaca bahwa terdapat poin – poin yang penting didalam Tata Nama Senyawa Alkena yang mesti kalian tahu karena Senyawa Alkena ini merupakan senyawa kimia yang mempunyai ikatan rangkap. Dan Poin penting itu antara lain

1. Senyawa Alkena ini mempunyai ikatan rangkap sehingga penomorannya tidak dimulai dari yang dekat dengan cabang, tetapi yang dekat dg ikatan atom C rangkap. Namun khusus didalam ikatan yang lurus bisa diawali dengan angka yg menunjukkan letak ikatan C rangkap dari senyawa itu sendiri.

2. Untuk Rantai yg bercabang maka penamaan-nya dpt menentukan rantai C utama (terpanjang) yg akan menjadi suatu dasar penamaan yg pokok dan atom – atom C yg tak terletak didalam rantai. Dan Alkil Alkil yang tak sejenis dapat ditulis dengan cara diurutkan berdasarkan susunan abjad.

3. Lalu alkil alkil yg sejenis tersebut digaungkan dg awalan di, jika jumlahnya 2, awalan tri jika jumlahnya mencapai 3 dan awalan tetra jika jumlahnya mencapai 4. Dan jika dalam sebuah atom C pada Rantai Utama dapat mengikat beberapa gugus yang berbeda maka penulisan nomornya bisa diulangi.

4. Jika dalam suatu Senyawa Alkena terdapat lebih dari Satu pilihan Rantai Utama maka bisa dipilih Rantai Utama mana yang akan memiliki lebih banyak gugus alkilnya. Dan jika terdapat lebih dari 1 ikatan rangkap maka letak ikatan rangkat tersebut disebut satu dan diberikan awalan di = 2, tri = 3 dan tetra = 4 yang didepannya diberikan akhiran ena.

Sifat – Sifat Senyawa Alkena Yang Ada

Sifat Senyawa Kimia Alkena Yang Pertama adalah semakin banyak Atom c maka didalam Massa Molekul Relatif akan semakin tinggi dan titik didih nya kana bisa semakin tinggi pula. Dan untuk yang mempunyai isomer maka akan semakin panjang rantai Atom C nya maka akan semakin tinggi titik didihnya tersebut.

Sifat Alkena Yang Kedua adalah mempunyai sifat yang fisis yang hampir sama dengan sifat alkana seperti kerapatan didalamnya yang kecil dan tidak akan larut didalam pelarut polar seperti didalam Air. Namun didalam Suhu Kamar, Senyawa Alkena dengan nama Atom C1 – C4 mempunyai wujud Gas dan Atom C5 – C17 mempunyai wujud cair dan Atom C lebih dari 17 memiliki wujud Padat.

Sifat Senyawa Alkena Yang Ketiga adalah Senyawa Hidrokarbon yang mempunyai ikatan rangkap seperti Alkena bisa mengalami rekasi pemutusan ikatan rangkap atau sering yang dinamakan reaksi adisi yg mampu mengubah ikatan tak jenuh menjadi ikatan yang jenuh. Dan biasanya Zat – Zat yg bisa ditangkap merupakan Gas Hidrogen (H2), Senyawa Asam Asam Halida (HF, HBr, HI, HCI) dan Golongan Halogen seperti F2, Br2 dan CI2.

Untuk Sifat Senyawa Alkena Kimia Yang Keempat adalah mempu mengalami proses rekasi Polimerisasi karena mempunyai ikatan yang tak jenuh dan pengertian Polimerisasi ini adalah penggabungan dari molekul – molekul yang sejenis menjadi molekul raksasa sehingga mampu mempunyai rantai karbon yg sangat panjang. Molekul – Molekul Tunggal tersebut disebut juga dengan Monomer dan Molekul – Molekul yang telah digabungkan menjadi molekul yang besar disebut juga Polimer.

advertisements
Pengertian, Sifat dan Tata Nama Senyawa Alkena | tegar | 4.5