Contoh Teks Eksposisi

Posted on

Contoh Teks Eksposisi – Didalam kegiatan sehari – hari yang berkaitan pada suatu informasi maupun aktivitas lainnya dengan mengandalkan media elektronik maupun tidak yang berupa tulisan, penggunaan contoh teks eksposisi sering ditemukan.

Penggunaan jenis teks ini dianggap mampu menyampaikan informasi dan argumentasi yang nyata dan fakta. Upaya menguasai penggunaan teks eksposisi dapat dilihat pada artikel Teks Eksposisi yang sebelumnya telah dibuat secara lengkap dimulai dari pembahasan mengenai pengertian,jenis, kaidah, struktur, dan kemudian dapat membedakan contohnya .

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Nah pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa gambaran contoh mengenai teks eksposisi ini, untuk itu marilah disimak penjelasan dibawah ini.

Contoh Tema Pendidikan

Pendidikan Karakter

Tesis :

Pendidikan adalah salah satu hal yang begitu penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri. Jati diri ini tentu saja terbentuk dari karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Melalui berbagai perubahan kurikulum, pemerintah sudah ikut berperan dalam membentuk karakter anak didik. Pemerintah mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 sekarang ini. Perubahan ini ialah awal persyaratan adanya pendidikan karakter pada sistem pendidikan di Indonesia.

Argumentasi :

Pendidikan karakter ini ialah pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan siswa secara personal ataupun pendidikan yang mencoba agar menggali potensi diri dari seorang individu, dalam hal ini siswa atau siswi. Pendidikan karakter ini penting karena dapat menggali bakat – bakat tersembunyi yang dimiliki oleh pribadi masing – masing. Tiap siswa tentu saja memiliki bakat, potensi, atau kecerdasan di bidangnya masing – masing yang tidak sama antar satu dengan yang lainnya.

Siswa yang tidak pandai dalam pelajaran bukan berarti ia bodoh, namun ia pasti mempunyai kemampuan di bidang tertentu walaupun bukan di bidang akademik.

Berdasarkan pendidikan berkarakter, cerdas ataupun tidaknya seseorang bukan ditentukan dengan pintar atau tidaknya seseorang itu dalam pelajaran di kelas. Guru pun seharusnya tidak boleh untuk menyebutnya seorang siswa “bodoh” apabila ia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan di kelas tersebut.

Pemerintah juga sudah berupaya mewujudkan pendidikan karakter ini,  melalui kurikulum pendidikan yang terbaru, yaitu kurikulum 2013. Melalui kurikulum ini pemerintah berusaha terus menggali potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. Karakter yang bertoleransi dalam bidang suku, agama, bahasa, kebudayaan, adat istiadat, dan lain – lain. Indonesia adalah  negara yang mempunyai beragam kebudayaan, bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat. Sehingga penanaman sikap toleransi harus diperhatikan dan diperkenalkan sejak di bangku sekolah.

Sehingga, pendidikan karakter ini diharapkan mampu membekali siswa di masa yang akan datang berhubungan dengan masa depannya. Siswa harus mempunyai keahlian ataupun skill khusus yang harus dikuasai di zaman modern globalisasi ini.

Penegasan Ulang :

Pendidikan karakter adalah bekal awal siswa di masa depan. Siswa harus mempunyai sikap toleransi kepada sesamanya dan memiliki skill ataupun potensi diri yang bisa dibanggakan karena siswa merupakan salah satu penerus bangsa yang harus lebih siap menghadapi kemajuan zaman modern ini.

 

Contoh Tema Politik

Lebih Baik Pilih Pemerintah Daerah

Yang Ramah Terhadap Alam

Tesis :

Alam telah lebur rusak, eksploitasi yang dilakukan terhadap alam di Indonesia sudah mencapai taraf yang menghawatirkan. Tambang menjadi yang paling besar menyebabkan kerusakan pada alam ini. Pertambangan tentu saja berhubungan dengan perusahan tambang, dimana untuk kegiatannya memerlukan izin tambang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Jadi hal ini pemerintah daerah dapat menentukan boleh ataupun tidaknya suatu lokasi tambang tersebut.

Argumentasi :

Alam adalah bagian yang tak dapat terpisahkan pada kehidupan kita. Makan, minum, bernafas, dan segala sesuatu yang menyangkut hidup kita ialah berasal dari alam. Tetapi, di Indonesia sudah banyak terjadi kerusakan pada lingkungan. Aktivitas pertambangan adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan.

Karena aktivitas pertambangan harus mendapatkan izin dari  pemerintah daerah, kebanyakan dari kasus izin pertambangan ini dilakukan hanya dengan cara capcipcup antar perusahaan tambang tersebut bersama kepala daerah. Capcipcup ini lazimnya terjadi pada saat pencalonan kepala daerah tersebut. Pencalonan kepala daerah tentu saja akan sangat membutuhkan biaya yang begitu besar.

Umumnya perusahaan tambang akan menawarkan bantuan dana untuk melaksanakan kampanye pencalonan tersebut, tetapi dengan salah satu syarat apabila kepala daerah tersebut berhasil, perusahaan ini harus diizinkan melakukan kegiatan pertambangan di daerah yang tentu sudah diincar sebelumnya. Permainan ini tentu sudah bukan rahasia lagi.

Jadi akan lebih baik memilih kepala daerah yang ramah terhadap alam sekitar. Karena dengan itu alam kita akan tetap lestari, usahakan calon kepala daerah itu juga kira-kira tidak menerima suap dari perusahaan tambang dengan tujuan tertentu.

Penegasan Ulang :

Kepala daerah mempunyai kontrol terhadap kelestarian lingkungan. Karena izin eksploitasi alam, seperti pertambangan juga dari kepala daerah. Jadi akan jauh lebih baik jangan memilih kepala daerah yang tidak paham dengan alam atau hanya bisa memikirkan bagaimana cara mengeksploitasinya saja.

 

Contoh Tema Lingkungan

 

Karena Pemanasan Global, Hilangnya

Hutan Lindung

Tesis :

Pemanasan Global adalah keadaan dimana suhu bumi semakin begitu panas. Pemanasan global ini mengakibatkan berbagai dampak negatif , seperti menipisnya ozon sehingga sinar ultraviolet dapat langsung masuk ke bumi, naiknya permukaan air laut karena mencairnya es di kutub.

Pemanasan global ini terjadi karena banyaknya gas karbondioksida di atmosfer, sehingga akan menyebabkan ozon semakin menipis tiap harinya. Banyaknya gas karbondioksida yang berada di bumi tidak seimbang dengan jumlah pohon yang bisa menyerap karbondioksida. Namun bukan hanya itu, hutan – hutan sudah mulai di tebang untuk lahan pertanian, perkebunan, ataupun juga alih – alih difungsikan dari hutan lindung menjadi hutan produksi.

Argumentasi :

Beberapa belakangan tahun ini dunia sedang mengalami peningkatan suhu yang cukup parah.

Pemanasan global tersebut terjadi karena banyaknya gas karbondioksida di atmosfer bumi. Gas kabondioksida ini berasal dari asap pabrik, ataupun dari kendaraan bermotor. Jangankan itu kita mengetahui lingkungan disekitar kita pasti banyak sekali pabrik – pabrik yang beroperasi yang menimbulkan gas karbondioksida.

Ini baru di negara kita, coba bayangkan rasanya di negara – negara industri tersebut? Negara industri pasti mempunyai pabrik yang lebih banyak untuk melaksanakan kegiatan produksinya. Dapat dibayangkan, sebanyak apa kira – kira gas karbondioksida yang berasal dari kegiatan itu. Negara-negara industri seharusnya mengatasi karbondioksida yang dikeluarkan akibat kegiatan dari pabrik – pabrik.

Dan parahnya lagi, hutan – hutan yang seharusnya dapat meminimalisirkan gas karbondioksida yang ada dibumi sudah tidak dapat menjalanlan perannya dengan baik karena banyak pohon – pohon dihutan yang ditebang secara liar.

Bukan hanya penebangan saja yang dilakukan, sebagian kasus yang terjadi di Indonesia, seperti pengalihan fungsi hutan ( dari hutan yang berfungsi sebagai hutan lindung alih – alih difungsikan menjadi hutan konservasi). Hal ini tentu saja lebih memperburuk keadaan bumi kita.

Penegasan Ulang :

Pemanasan global yang sedang melanda bumi beberapa belakangan tahun ini semakin parah. Hal ini disebabkan karena banyaknya pabrik yang beroperasi sehingga menimbulkan asap dan juga karena asap dari kendaraan bermotor yang semakin tinggi. Keadaan tersebut diperparah dengan hutan yang seharusnya dapat berperan didalam mengurangi emisi gas malah banyak hutan yang ditebang secara liar. Tidak sampai disitu penebangan hutan, alih – alih fungsi hutan juga bisa menyebabkan hutan tidak dapat menjalankan fungsi dengan semestinya. Alih fungsi hutan dari hutan lindung menjadi hutan konservasi sudah mulai banyak dilakukan terutama di negara Indonesia.

 

Apa yang dimaksud argumentasi ?

Argumentasi adalah kalimat – kalimat yang berisi sebagai pendukung atau sanggahan dari tesis yang telah dijabarkan oleh penulis.

Apakah yang dimaksud tesis ?

Tesis adalah bagian awal didalam teks eksposisi yang berisi dugaan atau prediksi berdasarkan landasan yang diperkuat dengan data – data yang valid dari si penulis.

Jelaskan maksud tulisan bersifat objektif !

Artinya tulisan yang dijabarkan tidak memihak siapapun. Sehingga dalam hal ini penulis tidak dapat seenaknya bebas menuliskan apa – apa yang diinginkan, karena tulisan yang dijabarkan harus berdasarkan bukti yang konkret.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Rate this post
Related posts: