Rotasi dan Revolusi Bumi

Posted on

Rotasi dan Revolusi Bumi – Hai gaes, kita bertemu lagi. Pada artikel ini, saya akan membahas tentang apa itu Rotasi dan Revolusi Bumi Serta Pengaruh yang ditimbulkannya.

Untuk pembahasan lebih lanjut, mari simak ulasan penjelasan berikut ini ya.

Pengertian Rotasi dan Revolusi Bumi

gambar rotasi dan revolusi bumi

Rotasi Bumi adalah peredaran bumi di sekitar sumbunya atau poros dari barat ke timur. Durasi rotasi bumi disebut ketika rotasi berlangsung 23 jam, 56 menit, 4 detik dalam artian satu hari.

Sedangkan pengertian Revolusi Bumi adalah peredaran bumi yang mengelilingi matahari. Ini disebabkan oleh tarikan antara gaya gravitasi bumi dan gaya gravitasi matahari.

Jika rotasi bumi adalah 365 ¼ hari untuk satu siklus. Rotasi bumi ini miring ke arah yang sama dan membentuk sudut 23,5 derajat terhadap matahari.

Sudut diukur dari garis penghubung antara kutub utara dan selatan, yang sering disebut sebagai sumbu rotasi.

Sedangkan untuk diskusi singkat tentang rotasi dan revolusi bumi, kita akan membahas pengaruh yang ditimbulkan.

Pengaruh Rotasi Bumi

Untuk pembahasan pertama tentang hal-hal yang disebabkan oleh rotasi bumi. Peristiwa berikut ini dapat terjadi karena rotasi Bumi :

1. Terjadinya Siang dan Malam

Bagian bumi yang menghadap matahari, ketika berputar di sumbunya, akan membuatnya tampak siang dan malam.

Ini terjadi secara bergantian dan terus menerus. Dan perbedaan waktu akan lebih besar pada titik-titik tertentu yang jauh dari garis katulistiwa.

2. Terjadinya Perbedaan Waktu

Di daerah di timur, yang berada pada sudut 15 °, Anda dapat melihat matahari terbit 1 jam sebelumnya. Misalnya di Nusa Tenggara Barat pukul 07.00 WITA, kemudian untuk Jakarta pukul 06.00 WIB.

3. Gerakan Semu Harian Bintang

Sebagai hasil dari rotasi bumi, kita berpikir bahwa matahari bergerak mengelilingi bumi, bahkan jika yang terjadi adalah sebaliknya.

Dan gerakan tidak nyata ini disebut gerakan semu harian bintang, yang dapat kita amati kapan saja.

4. Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

Pengaruh Revolusi Bumi

  • Perbedaan Lamanya Siang dan Malam
  • Terjadi Gerak Semu Tahunan Matahari

Pada kenyataannya, matahari tidak bergerak tetapi merupakan hasil dari revolusi terestrial dengan sumbu rotasi yang miring.

  • Perubahan Musim

Terjadinya perbedaan musim di belahan bumi utara dan selatan, terdiri dari empat musim, yaitu musim semi, musim gugur, musim panas dan musim dingin.

  • Perubahan Penampilan Rasi Bintang

Rasi bintang adalah komposisi bintang yang terlihat dari bumi. Sebenarnya, meski jaraknya kecil, tetapi kenyataannya posisinya sangat jauh. Kita tahu rasi bintang Aquarius, Pisces, Gemini, Scorpio, Leo dll.

  • Kalender Masehi

Periode dalam satu tahun adalah 365 hari. Dengan demikian, 29 hari surplus ditambahkan setiap 4 tahun pada 29 Februari menjadi 366 hari.

Rotasi dan revolusi bumi adalah dua perbedaan besar. Apa rotasi bumi adalah sirkulasi bumi di sekitar matahari di porosnya. Sedangkan revolusi bumi adalah sirkulasi bumi yang mengelilingi matahari.

Ketika rotasi bumi terjadi selama 24 jam atau satu hari sedangkan rotasi bumi terjadi selama 365 hari atau satu tahun. Seperti yang telah disebutkan, ada banyak peristiwa yang disebabkan oleh rotasi dan revolusi Bumi.

Demikianlah penjelasan tentang Rotasi dan Revolusi Bumi, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: