Ciri – Ciri Iklim Tropis

Posted on

Ciri – ciri iklim tropis – Bagaimana iklim tropis terjadi? Secara umum, iklim adalah cuaca rata-rata untuk suatu wilayah setiap tahun.

Setiap negara dan setiap wilayah memiliki iklim yang berbeda. Ini karena perbedaan pola angin, udara, hujan dan suhu di masing – masing daerah berbeda.

Iklim suatu daerah umumnya dipengaruhi oleh lingkungan fisik, garis lintang, revolusi, dan rotasi bumi.

Jadi, apa yang dimaksud dengan iklim tropis dan apa karakteristik iklim tropis? Mari simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Tropis

Tropis adalah suatu daerah atau wilayah yang terbagi menjadi dua daerah tropis kering dan daerah tropis lembab.

Daerah yang termasuk dalam iklim tropis lembab biasanya menunjukkan curah hujan dan kelembapan yang tinggi. Sedangkan iklim tropis kering meliputi hujan dan kelembapan rendah.

Di banyak negara ada iklim tropis. Di barat, negara-negara tropis termasuk Nassau (Bahama), Amerika Tengah, Karibia dan lainnya. Sementara di Asia, seluruh Asia Tenggara termasuk dalam kategori iklim tropis.

Di Timur Tengah, negara-negara tropis termasuk Oman, Yaman, bagian dari Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Indonesia berada dalam iklim tropis yang lembab. Alasannya adalah bahwa Indonesia secara keseluruhan dikelilingi oleh lautan dan samudra.

Baca Juga : Ciri – Ciri Iklim Subtropis

Ciri – Ciri Iklim Tropis

Sebelum melihat karakteristik iklim tropis, orang harus tahu bahwa iklim tropis yang hangat dan lembab sangat ideal untuk perkebunan dan kegiatan pertanian.

Inilah yang membuat Indonesia terkenal dengan kegiatan pertaniannya. Selain itu, orang yang tinggal di iklim tropis dapat menggunakan kondisi iklim di wilayah mereka untuk berbagai sektor, dari industri hingga pertambangan dan sebagainya.

1. Suhu Udara

Iklim tropis memiliki suhu yang relatif tinggi. Karena matahari tegak. Secara umum, bagaimanapun, suhu udara di daerah tropis normal.

Perubahan suhu tidak terlalu ekstrem. Suhu rata-rata iklim tropis adalah 20-30 ° C. Suhu rata-rata relatif rendah setiap tahun. Di wilayah khatulistiwa, amplitudo berkisar dari 1 hingga 5 ° C.

2. Tekanan Udara

Daerah dengan iklim tropis memiliki tekanan udara yang relatif rendah. Bahkan jika ada perubahan, perbedaannya adalah perubahan yang cukup teratur.

3. Hujan

Iklim tropis memiliki data curah hujan yang lebih panjang dan lebih tinggi daripada zona iklim lainnya per tahun.

Hujan deras membuat tanah relatif subur di iklim tropis. Karena itu, sangat berguna untuk dijadikan lahan pertanian.

4. Sirkulasi Matahari

Karakteristik iklim tropis adalah sirkulasi matahari vertikal. Iklim tropis membuat daerah ini cukup cerah sepanjang tahun. Sebagai hasil dari pergerakan sirkulasi matahari, iklim tropis memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Tidak seperti iklim yang lain, yang mana iklim yang biasanya memiliki musim dingin. Penguapan air laut di iklim tropis ini tinggi. Jadi wajar jika daerah itu memiliki banyak awan.

5. Tanaman

Iklim tropis kering biasanya memiliki banyak sabana. Iklim tropis yang lembab membuat area vegetasi padat.

Wilayah ini dapat mempengaruhi perubahan iklim, yang sangat penting.

Sekarang kalian sudah memahami Ciri – Ciri Iklim Tropis, bukan? Sebagai negara dengan iklim tropis yang lembab, Indonesia memainkan peran yang sangat penting dalam mempertahankan kondisi iklim dan lingkungan di dunia.

Alasannya adalah bahwa ada banyak hutan di Indonesia yang bertindak seperti paru-paru dunia untuk mencegah pemanasan global.

Baca Juga : Siklus Hidrologi

Related posts: