Contoh Kata Pengantar Buku

Posted on

Contoh Kata Pengantar Buku – Kata pengantar adalah sebuah kalimat pembuka dari penulis atau penyusunnya terkait karya tulis ilmiah yang ingin dibuatnya. Misalnya karya tulis buku, novel, biografi dan lain – lain. Kalian pasti sudah pernah membaca buku. Ya bukulah yang banyak membuat informasi tentang sesuatu, sebuah buku dibuat oleh penyusunnya dengan istilah penulis.

Contoh Kata Pengantar Buku

Untuk itu pada kesempatan kali ini, artikel akan memberikan beberapa contoh kata pengantar buku yang mungkin kelak akan bermanfaat bagi kalian sebagai suatu referensi ataupun gambaran didalam menulis atau menyusunnya.

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena buku ini telah selesai disusun. Buku ini disusun agar dapat membantu para mahasiswa dalam mempelajari konsep-konsep manajemen keuangan beserta mempermudah mempelajari materi manajemen keuangan terutama bagi kaum awam yang belum mengenal manajemen keuangan itu sendiri.

Penulis pun menyadari jika didalam penyusunan buku ini mempunyai kekurangan, namun penulis meyakini sepenuhnya bahwa sekecil apapun buku ini tetap akan memberikan sebuah manfaat bagi pembaca.

Akhir kata untuk penyempurnaan buku ini, maka kritik dan saran dari pembaca sangatlah berguna untuk penulis kedepannya.

Bandung, November 2009

 

 

Penulis

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga Buku Panduan Penulisan Tesis Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universaitas Terbuka tahun 2015 telah dapat diselesaikan. Buku panduan ini adalah suatu penyempurnaan dari edisi sebelumnya, sebagai pedoman bagi mahasiswa Program Studi MM FE UT didalam penulisan tesis serta memberikan petunjuk praktis agar mahasiswa mendapatkan gambaran dengan secara jelas dalam penyelesaian ataupun penyusunan penulisan tersebut.

Kami sampaikan terimakasih kepada Prof.Dr.Deddy R.Wahid ( periode 2005-2010 ) dan Prof.Dr. Denny, SE,MBA ( periode 2010-2015 ) selaku Ketua Program Studi MM FEUT serta para sekretaris dan staf. Terimakasih juga kami sampaikan kepada Dr. Ratna Dhealita, SE,MM atas segala kontribusi didalam penyempurnaan buku ini.

Terimakasih kepada Fauzan Kusuma,SE,MSi,Muhammad Al-Fatih,SE,MBus, Nurwanto,SE, Elfina Dhea SE, Bella Urvita,Skom,Mkom, Desi A.Hidayati,SP yang telah ikut serta berkontribusi dalam proses editing serta seluruh jajaran MM FEUT dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu per satu, yang sudah ikut membantu dalam proses penyelesaian buku ini.

Kami menyadari masih terdapat banyak kekurangan dalam buku ini untuk itu kritik dan saran yang membangun demi penyempurnaan buku ini sangat diharapkan. Dan semoga buku ini dapat memberikan maanfaat bagi mahasiswa MM FEUT khususnya dan bagi semua pihak dari segala lapisan yang membutuhkan.

 
Jakarta, November 2018

 

 

Ketua

Dr. Fahmi Susanto SE,MBA

 

Contoh Kata Pengantar Buku Novel

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena berkat limpahan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan penulisan buku Antologi Cerpen Remaja. Didalam penyusunan Antologi Cerpen Remaja penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis demi penyelesaian buku novel ini. Tetapi sebagai manusia biasa, penulis tak luput dari kesalahan ataupun kekhilafan baik pada segi teknik penulisan ataupun tata bahasa itu sendiri.

Kami menyadari tanpa suatu arahan dari guru pembimbing serta masukan – masukan dari berbagai pihak yang telah membantu, Mungkin kami tidak bisa menyelesaikan tugas Antologi Cerpen Remaja ini tepat waktu. Antologi Cerpen Remaja ini dibuat sedemikian rupa semata-mata hanya untuk membangkitkan kembali minat baca siswa / siswi serta sebagai motivasi dalam berkarya khususnya pada karya tulis.

Maka dengan kerendahan hati penulis hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian ini.

Sekian semoga karya tulis ini dapat bermanfaat dan mudah dipahami bagi penulis khususnya serta para pembaca pada umumnya.

 

Bogor, 05 November 2018

 

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Buku Biografi

KATA PENGANTAR

Pada Penyusunan Makalah Biografi ini ditujukan sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas bagi mahasiswa / mahasiswi Fakultas Psikologi, Universitas Gajah Mada.

Puji serta syukur kami panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang mana telah memberikan beribu nikmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini berhasil tersusun atas kerjasama didalam kelompok yang sangat baik, serta atas bantuan dari pihak – pihak tertentu yang senantiasa membantu kami. Makalah ini kami buat semata hanya untuk memberikan wawasan tambahan kepada para pembaca tentang Psikologi Kepribadian serta teori -teori yang terdapat dalam ilmu Psikologi Kepribadian.

Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada Bpk. Suharyadi di bidang studi yang telah memberikan arahan kepada kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. Kami ucapkan pula terima kasih kepada teman – teman yang sudah ikut serta berpartisipasi meluangkan waktunya untuk sekedar membantu kami dalam penyelesaian ini. Dan ucapan terima kasih kami untuk semua yang tak bisa kami sebutkan satu per satu namanya.

Penyusun menyadari jika masih terdapat kekurangan ataupun suatu kesalahan dalam penyusunan makalah ini sehingga penyusun mengharapkan kritik ataupunsaran yang bersifat positif untuk perbaikan di masa yang akan datang dari seluruh pembaca.

Akhir kata, penyusun berharap semoga dengan adanya makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan para mahasiswa / mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada khususnya.

Bandung, November 2017

 

 

Penyusun,

Contoh Kata Pengantar Buku Panduan

KATA PENGANTAR

Penulisan buku panduan seminar ini ditujukan agar dapat memberikan arahan bagi mahasiswa serta para pembimbing didalam membuat proposal dan laporan tugas dengan baik dan seragam. Buku ini juga diharapkan dapat memberikan sebuah petunjuk secara umum, sehingga pola pikir dalam melaksanakan rangkaian kegiatan penulisan skripsi dapat lebih terarah dan dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dijadwal akademik yang telah ditetapkan semestinya.

Buku panduan skripsi ini secara berkala akan direvisi sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kondisi perkembangannya setiap tahun. Penyusunan buku panduan ini sangat membutuhkan waktu dan pemikiran yang mendalam, oleh karenanya kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak akan begitu bermanfaat guna penyempurnaan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, kami ucapan terima kasih atas apresiasinya kepada berbagai pihak yang telah turut berpartisipasi didalam penyusunan dan penyempurnaan buku ini.

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan penulis khususnya.

Yogyakarta, Oktober 2018

 

 

Tim Penyusun

 

Apa yang dimaksud kata pengantar ?

Kata pengantar adalah sebuah kalimat pembuka dari si penulis (penyusun) terkait karya tulis ilmiah yang ingin dibuat atau diciptakannya.

Sebutkan struktur di dalam penyusunan kata pengantar !

Ada 3 struktur yaitu : bagian pembukaan, isi, dan kemudian penutup.

Hal – hal apa saja yang tidak diperlukan dalam penyusunan kata pengantar tersebut ?

1. Jangan menuliskan terlalu panjang, hanya cukup 1 halaman saja
2. Jangan ucapkan terimakasih kepada banyak orang, cukup ucapkan terimakasih pada pihak yang terkait membantu dalam penyusunan
3. Jangan melupakan bahasa formal, didalam penyusunan kata pengantar ada kalanya bahasa non formal tetapi jangan lupakan bahasa formalnya.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Related posts: