Rumus Periode Getaran dan Frekuensi Getaran Lengkap

advertisements

Rumus Periode Getaran – Setelah dipertemuan sebelumnya telah saya bahas mengenai Rumus Fisika Kapasitor secara lebih lengkap, maka dipertemuan ini saya akan mencoba bergantian untuk membahas mengenai Cara Mencari Periode Getaran dan Frekuensi Getaran. Hal tersebut dikarenakan Materi Periode Getaran dan Frekuensi Getaran ini sangatlah penting, dan bisa dikatakan cukup sering muncul di Soal – Soal Ujian Sekolah sehingga sangat diharapkan dg adanya ulasan ini maka kalian sebagai Pembaca dan Pelajar dapat lebih memahami tentang Periode dan Frekuensi Getaran ini.

Langsung saja didalam Pengertian Periode Getaran ialah waktu yg diperlukan oleh suatu benda untuk melakukan 1 kali Getaran, dan didalam Sistem Internasional bahwa Periode Getaran ini dilambangkan dengan Huruf T dan mempunyai Satuan Fisika bernama Sekon (s). Sedangkan untuk Pengertian Frekuensi Getaran ini sendiri ialah banyaknya Getaran dalam 1 detik, dan didalam Sistem Internasional bahwa Frekuensi Getaran ini dilambangkan dengan huruf F dan mempunyai Satuan Fisika bernama Hertz (Hz). Lalu kalian bisa melihat salah satu Contoh Periode Getaran dan Frekuensi Getaran didalam Kehidupan Sehari – Sehari dibawah ini :

Ketika disebuah Jam Dinding yg mempunyai Bandul, maka Jarum Jam Dinding akan bergerak karena didalamnya ada Gerak Bolak Balik Banduk dan Gerak Bolak Balik Bandul tersebut yg dinamakan sebagai Getaran. Selain itu bisa kalian lihat contoh lain di Ayunan Anak Kecil yg ada di Taman karena jika Ayunan Anak tersebut ditarik lalu dilepaskan maka Buaian (Ayunan) Anak tersebut akan bergerak bolak balik sampai di Waktu Tertentu akan berhenti, dan Gerak Bolak Balik Ayunan tersebutlah yang dinamakan sebagai Getaran. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa Getaran sangatlah banyak contohnya di Kehidupan Manusia.

Rumus Periode Getaran dan Rumus Frekuensi Getaran Lengkap

rumus periode getaran dan frekuensi getaran lengkap

Setelah kalian cukup memahami Apa Itu Periode Getaran dan Frekuensi Getaran, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Cara Menghitung Periode Getaran dan Cara Menghitung Frekuensi Getaran didalam Mata Pelajaran Fisika SMA. Namun sebelumnya perlu kalian ketahui juga bahwa Periode Getaran dan Frekuensi Geratan ini sangatlah saling berhubungan erat satu sama lain sehingga sudah sepantasnya jika kalian memahami Kedua Rumus Fisika Periode Getaran dan Frekuensi Getaran ini.

advertisements

Rumus Periode Getaran dan Contoh Soalnya

T = t/n

Diketahui :

T = Periode dengan Satuan Sekon (s)

t = Waktu dengan Satuan Sekon (s)

n = Jumlah Getaran

Setelah kalian mengetahui Rumus Periode Getaran diatas, maka dibawah ini telah saya berikan Contoh Soal Periode Getaran yang bisa digunakan sebagai bahan latihan Anda, supaya kalian bisa semakin memahami Rumus Mencari Periode Getaran ini.

1. Jika terdapat sebuah Bandul yang bergerak secara bolak balik dg lintasan A – B – C – B -A. Jika Waktu yg dibutuhkan bandul tersebut untuk melakukan 1 getaran sekitar 2 detik, maka berapakah Periode Getaran yang ada didalam Bandul tersebut ?.

Diketahui :

Waktu : 2 Detik

Jumlah Getaran : 1

Jawabannya :

Periode = Waktu / Jumlah Getaran

Periode = 2 / 1

Periode = 2 Sekon

Sehingga Periode Bandul Bolak Balik tersebut sebesar 2 Sekon.

Rumus Frekuensi Periode dan Contoh Soalnya

f = n/t

Diketahui :

f = Feminim dalam satuan Hertz (Hz)

n = Jumlah Getaran

t = Waktu dalam Satuan Sekon (s)

Kemudian setelah kalian sudah mengenal Cara Mencari Frekuensi Getaran, maka dibawah ini telah saya buatkan pula Contoh Soal Frekuensi Getaran dan sekali lagi semoga dengan adanya Contoh Soal Tentang Frekuensi Periode ini, kalian sebagai Pembaca dan Pelajar bisa lebih mudah dalam memahami Rumus Frekuensi Periode ini.

1. Terdapat sebuah Bandul yang mempunyai Getaran sebanyak 60 Kali dengan waktu selama 15 detik. Maka dari itu hitunglah jumlah Frekuensi Bandul tersebut ?.

Diketahui :

Jumlah Getaran (n) = 60 kali

Waktu selama = 15 Detik (Sekon)

Jawabannya :

Frekuensi = Jumlah Getaran / Waktu

Frekuensi = 60 / 15

Frekuensi = 4 Hertz

Sehingga nilai dari Frekuensi bandul tersebut sebesar 4 Hertz.

Demikianlah pembahasan mengenai Rumus Periode Getaran dan Rumus Frekuensi Getaran beserta contoh soal lengkapnya, semoga saja apa yang telah ditulis dan dibahas di Materi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca dan Pelajar di Laman Website Rumus Rumus ini. Hal tersebut dikarenakan bahwa sekali lagi, ulasan mengenai Periode Getaran dan Frekuensi Getaran sangatlah penting dan cukup sering keluar di Ujian Sekolah Fisika SMA sehingga sudah sangat pantas jika kalian sebagai Pelajar SMA untuk bisa lebih memahami dan mengerti akan Materi Periode dan Frekuensi Getaran ini, setidaknya agar kalian bisa mengerjakan Soal Ujian Fisika tentang Periode dan Frekuensi Getaran dengan Mudah dan Benar.

advertisements
Rumus Periode Getaran dan Frekuensi Getaran Lengkap | tegar | 4.5