Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

advertisements

Rumus Persegi Panjang – Untuk Pengertian Bangun Datar Persegi Panjang ialah Bangun Datar yang mempunyai sifat dua dimensi dan dibentuk oleh dua pasang Rusuk yg panjang dan saling sejajar dg pasanganya serta memiliki empat buah macam sudut yg semuanya adalah sudut siku – siku. Kemudian untuk Rusuk yg paling panjang disebut dg nama Panjang (p) dan Rusuk yang paling pendek dinamai sebagai Lebar (∫).

Rumus Menghitung Persegi Panjang ini biasanya digunakan untuk menyelesaikan masalah Soal – Soal Matematika Persegi Panjang yg biasanya muncul di tingkat sekolah SMP maupun SMA dan walaupun Cara Menghitung Rumus Persegi Panjang itu sangat lah mudah dan simple tetapi jika anda tidak mengetahui Rumus dan penjelasanya maka Soal yg anda kerjakan akan terasa sulit dan susah.

Untuk itu disini kami akan menjelaskan secara jelas dan lengkap kepada anda terkait Rumus Persegi Panjang karena Rumus Bangun Datar Persegi Panjang ini sebenarnya sangat simple dan sangat mudah sekali untuk dipahami dan dihafalkan oleh anda, baik anda yg masih duduk di tingkat SD dan SMP ataupun SMA.

Cara Mencari Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

penjelasan rumus persegi panjang terlengkap

Rumus Persegi Panjang sendiri mempunyai tiga turunan Rumus yg satu sama lain saling berhubungan dan ketiga Rumus Matematika tersebut antara lain Rumus Keliling Persegi Panjang, Rumus Luas Persegi Panjang dan Rumus Panjang Diagonal Persegi Panjang.

advertisements

Rumus Luas Persegi Panjang

Cara Menghitung Rumus Luas Persegi Panjang dapat dg cara Luas = Panjang x Lebar dan Panjang dan Lebarnya sendiri bisa dilihat dari Rusuk Terpanjang dan Rusuk Terpendeknya ( seperti pada gambar diatas). Rumus Menghitung Luas Persegi Panjang bisa disingkat seperti dibawah ini.

L = p.l

Rumus Keliling Persegi Panjang

Sedangkan untuk Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang dapat dilakukan dg menggunakan rumus Keliling = 2. (Panjang + Lebar) atau Rumus Mencari Keliling Persegi Panjang bila disingkat seperti dibawah ini.

K = 2. (p + l)

Rumus Panjang Diagonal

Kemudian untuk Cara Menghitung Rumus Panjang Diagonal bisa dilakukan dg cara atau rumus seperti dibawah ini

d = \sqrt{p^2 + l^2}

Contoh Soal Matematika Persegi Panjang

1. Hitunglah Jumlah Keliling dan Luas persegi Panjang jika ukuran gambar mempunyai Panjang sebesar 18 cm dan Lebar sebesar 12 cm

Jawabnya.

Diket : P = 18 Cm dan l = 12 cm

maka mencari Keliling

K = 2. (p + l)

K = 2. (18 + 12)

K = 2. (30) = 60 cm

Sedangkan mencari Luas

L = p.l

L = 18 x 12

L = 216 cm

advertisements
Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang | rumus rumus | 4.5