Artikel Pendidikan

Posted on

Artikel Pendidikan – Biasanya ditulis sebagai bagian dari studi pendidikan. Sekilas, tujuan khusus diskusi adalah pendidikan. Padahal, masalah atau topik yang bisa ditulis sangat luas dan tidak terbatas.

Artikel pendidikan selalu berbicara tentang pendidikan atau setidaknya semua aspek kehidupan sosial yang terkait dengan pendidikan.

Artikel ini menjelaskan bagaimana sebuah artikel dapat diklasifikasikan sebagai artikel pendidikan, apa definisinya dan seperti apa.

Pengertian Artikel Pendidikan

artikel pendidikan

Seperti disebutkan di atas, ruang lingkup artikel pendidikan sangat luas sehingga tidak mudah untuk menentukan kriteria standar tersebut.

Pendidikan memiliki konsep berbeda, yaitu edukasi. Dalam pendidikan, istilah ini sering diterjemahkan ke dalam pedagogi. Ketiga istilah ini sering dipahami dengan makna yang sama atau setidaknya terkait erat.

Kriteria untuk mengklasifikasikan artikel sebagai artikel pengajaran atau pengajaran tentu berbeda. Bagian terpenting untuk dipahami adalah perumusan masalah.

Artikel ini berisi rumusan masalah penelitian atau pertanyaan yang secara eksplisit dan langsung terkait dengan masalah pendidikan.

Menentukan langkah – langkah “eksplisit” dan “langsung” tentu tidak mudah, karena asumsi umum adalah bahwa setiap penelitian dan penulisan karya ilmiah selalu menyertakan unsur pendidikan.

Jika tidak, mengapa artikel ilmiah ditulis?

Oleh karena itu, rumusan masalah penelitian yang berkaitan langsung dengan pendidikan menjadi kriteria yang mendasar.

Untuk penjelasan yang lebih mudah saya berikan contoh dalam bentuk game online. Penelitian tentang game online sangat banyak.

Juga, perspektif yang digunakan sebagai pendekatan sangat berbeda, bukan hanya pendidikan.

Pada titik ini, kita harus menekankan bahwa artikel di game online dapat masuk dalam kategori artikel ini, jika masalahnya secara eksplisit berfokus pada pendidikan.

Misalnya, kata – kata dari masalah tertulis adalah cara game online menjadi alat pendidikan bahasa di antara anak – anak sekolah dasar.

Atau penelitian yang berupaya mengungkap pengaruh game online yang mengandung kekerasan terhadap moral pemain terhadap kekerasan.

Membuat pernyataan bermasalah tentang pendidikan menjadi kriteria penting yang harus dipenuhi jika Anda ingin menulis tentang pendidikan atau artikel pendidikan.

Cara paling sederhana untuk menyatukan masalah-masalah tersebut adalah dengan secara eksplisit memasukkan istilah “edukasi”, “pendidikan”, “pedagogi” dalam pertanyaan penelitian.

Tentu saja, menulis judul yang mengandung salah satu dari tiga istilah ini lebih ditekankan, meskipun istilah tersebut tidak dapat digunakan sebagai kriteria.

Beberapa Contoh Judul Dalam Artikel Tentang Pendidikan

Berikut ini adalah beberapa contoh judul yang dirilis sebelumnya dengan perubahan yang diperlukan untuk tujuan pembelajaran.

Oleh karena itu, menyalin dan menempel untuk menulis artikel yang belum dipublikasikan dianggap sebagai plagiarisme.

“Kasus – Kasus Kekerasan Dalam Pendidikan Dari Sudut Pandang Mangunwijaya”

“Model Pendidikan Pramuka Indonesia Dari Sudut Pandang Filsafat Pendidikan”

“Pendidikan Koperasi Sebagai Pengalaman Kerja”

“Dampak Aplikasi Pendidikan Karakter Pada Disiplin Siswa Di Kelas”

“Peran Lembaga Pendidikan Dalam Menetapkan Karakteristik Kandidat Resmi Untuk Angkatan Udara Yang Berkualitas Dan Dampaknya Terhadap Pertahanan Tentara”

“Memperkuat Komunitas Anak – Anak Miskin Melalui Pengembangan Pendidikan Karakter Oleh LSM Indonesia”

“Peran Guru Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Dan Dampaknya Terhadap Ketahanan Siswa”

“Pelatihan Untuk Mempersiapkan Program Pendidikan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Oleh Guru”

“Pembelajaran Mandiri Diatur Dalam Kaitannya Dengan Jenis Pendidikan”

“Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Untuk Konservasi Hutan Dengan Unity”

Jika kita membaca daftar beberapa judul di atas, kita dapat yakin bahwa artikel atau makalah ilmiah tertulis adalah pendidikan.

Jika ini adalah artikel, itu bisa disebut sebagai artikel pendidikan. Jika itu skripsi, maka karya ilmiah bisa disebut skripsi pedagogis.

Secara intuitif, kita dapat dengan mudah melihat bahwa daftar judul dapat menjadi indikator klasifikasi di kolom pendidikan.

Menulis artikel tentang pendidikan bukan hanya tentang mereka yang belajar atau belajar dalam pendidikan.

Setiap orang, terlepas dari disiplin dan fokus penelitian, dapat menulis karya pendidikan selama fokus penelitian terkait langsung dengan masalah pendidikan.

Baca Juga :

Related posts: