Perbedaan Dalam Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Posted on
perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Perbedaan Dalam Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif – Dapat dilihat dari berbagai perspektif. Dalam postingan ini saya akan menjelaskan secara singkat perbedaan antara keduanya.

Namun, perlu dicatat bahwa kedua metode atau pendekatan penelitian tidak selalu bertentangan. Keduanya memiliki beberapa kemiripan atau kesamaan.

Para peneliti, terutama yang masih pemula, seringkali mendasarkan pilihan mereka pada metode penelitian berdasarkan keinginan dan kemampuan mereka.

Bahkan, tidak ada salahnya, yang tertarik pada penelitian kualitatif, memilih pendekatan kualitatif.

Sebaliknya, masalahnya adalah bahwa pemilihan metode penelitian biasanya dilakukan hanya karena mereka dapat atau ingin melakukannya tanpa memperhitungkan aspek epitemologis.

Aspek espetimologis adalah bagaimana jawaban atas pertanyaan penelitian dapat diketahui. Oleh karena itu, pilihan metode penelitian tergantung pada pertanyaan penelitian yang diajukan.

Penjelasan tentang perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif disajikan dalam bentuk tabel untuk memfasilitasi pemahaman. Seperti disebutkan di atas, perbedaan antara keduanya dapat dilihat dari beberapa sudut, termasuk :

  • Desain penelitian
  • Tujuan penelitian
  • Teknik pengumpulan data
  • Alat penelitian
  • Jenis data
  • Sumber data
  • Ukuran sampel
  • Analisis data
  • Hubungan antara peneliti dan topik penelitian
  • Rekomendasi

Beberapa aspek atau komponen penelitian ada dalam dua pendekatan penelitian.

Perbedaan Dalam Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Tabel berikut menunjukkan penyederhanaan perbedaan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Setiap pendekatan penelitian memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada yang sempurna, kedua pendekatan penelitian memiliki potensi untuk distorsi.

Setiap metode juga memiliki cara yang sama untuk mengurangi potensi cedera.

Dalam penelitian sosiologis, pilihan metode atau pendekatan penelitian tidak masalah jika keputusan didasarkan pada pertanyaan penelitian tabel di atas menunjukkan bahwa kedua pendekatan tersebut menunjukkan beberapa perbedaan yang signifikan. Beberapa poin juga menunjukkan konflik.

Perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, seperti yang dijelaskan dalam tabel di atas, hanya perbedaan dalam karakteristik.

Dalam praktiknya, tentu saja, peneliti dapat memasukkan keduanya dengan proporsi berbeda. Misalnya, data kualitatif hanya mendukung data kuantitatif atau sebaliknya.

Kesimpulan

Pendekatan mana atau metode mana yang paling cocok sangat tergantung pada penampilan masalah penelitian.

Jika kita dapat menanggapi rumusan masalah dengan pendekatan kualitatif, pendekatan kuantitatif ditinggalkan.

Sebaliknya Dalam banyak kasus dimungkinkan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan dengan menggabungkan keduanya untuk menggunakan metode campuran.

Dalam kelas metode penelitian sosial yang saya ikuti selama studi, saya diberi tahu bahwa pendekatan kuantitatif mampu menangkap fenomena atau fenomena sosial secara umum.

Menimbang bahwa pendekatan kualitatif dapat mempelajari fenomena sosial tertentu secara terperinci.

Tidak jarang, kedua proyek penelitian sosial digunakan. Tidak hanya dengan menerapkan kombinasi metode, tetapi aplikasi keduanya dapat saling mendukung.

Metode kuantitatif memberikan penjelasan umum, sedangkan metode kualitatif memberikan penjelasan penjelasan terperinci.

Keduanya sangat berguna dalam penelitian sosial.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: