Fungsi Tulang Hasta

Posted on

Fungsi Tulang Hasta – Dalam kesempatan kali ini rumusrumus.com akan membahas salah satu jenis tulang yang berada di dalam tubuh kita, yaitu tulang hasta. Jika kalian semua belum begitu memahami ataupun mengetahui tentang tulang yang satu ini, alangkah baiknya kalian semua dapat menyimak sebuah penjabaran ulasan berikut ini agar pengetahuan kalian semua mengenai tulang hasta ini bertambah. Untuk itu simaklah penjabaran ini dengan seksama

fungsi tulang hasta
fungsi tulang hasta

Pengertian Tulang Hasta

Tulang Hasta merupakan bagian dalam yang terdapat dari dua tulang lengan bawah saat dilihat dari telapak tangan saat menghadap ke depan. Dan yang lainnya yaitu tulang lengan bawah ialah radius.

Pada ujung atas tulang hasta menyajikan sebuah lekukan (noth) yang berukuran C yang besar dinamakan semilunar atau troklear, dan yang berartikulasi terhadap trochlea humerus (tulang lengan atas) yang membentuk sendi siku.

Tulang Hasta ini ada di semua jenis vertebrata darat. Tetapi pada amfibi serta beberapa jenis reptil, tulang radius dan ulna (tulang hasta) tidak bisa berartikulasi. Sambungan siku berevolusi pertama terjadi pada burung dan mamalia.

Pada jari-jari cenderung berbentuk ramping pada burung, tetapi ulna lebih sering berkurang pada mamalia, terutama pada mereka yang beradaptasi untuk berlari dan dalam kasus kelelawar diganti bagian untuk terbang.

Tulang Hasta merupakan tulang yang menyimpan banyak sekali mineral serta menghasilkan sel–sel darah dalam sum–sum tulang. Tulang hasta ini juga dikenal dengan nama ulna.

Baca Juga : Fungsi Trakea

Tulang Hasta ataupun ulna tersebut bersama pada jari – jari tangan yang berfungsi dalam memungkinkan terjadinya sebuah gerakan berputar pada pergelangan tangan. Tulang Hasta (Ulna) ini merupakan salah satu dari dua tulang dimana membentuk lengan bawah.

Bentuk Tulang Hasta

gambar tulang hasta
gambar tulang hasta

Tulang Hasta (Ulna) berbentuk seperti sebuah pipa yang memiliki suatu batang serta dua ujung.

Tulang ini berada di sebelah medial lengan dibawah dengan ukuran yang lebih panjang dibandingkan tulang pengumpul atau radius, namun kepala tulang hasta ini berada pada bagian bawah.

Tulang Hasta terdiri atas tiga bagian yang membentuknya, yaitu :

  1. Ujung atas ulna
  2. Batang ulna
  3. Ujung bawah ulna

Baca Juga : Sistem Saraf Pada Manusia

Fungsi Tulang Hasta

Berdasarkan fungsional, tulang hasta menyajikan tempat perlekatan otot agar lebih dari selusin otot di lengan dan lengan atas.

Pada lengan atas, otot-otot trisep serta anconeus membentuk sebuah insersi di olecranon untuk memperpanjang lengan bawah terhadap siku.

Otot brachialis mempunyai insersi dalam proses koronoid agar melenturkan lengan terhadap siku.

Banyak otot yang bekerja di tangan serta pergelangan tangan mempunyai asal-usulnya terhadap tulang hasta, termasuk : pronator, supinator, fleksor serta ekstensor.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi tulang hasta, antara lain sebagai berikut :

  1. Sebagai tulang pendukung dengan lengan bawah yang memungkinkan adanya sebuah gerakan.
  2. Sebagai tulang yang berfungsi untuk menyimpan banyak mineral serta menghasilkan sel– sel darah terhadap sum-sum tulang.
  3. Sebagai tulang yang berfungsi ataupun bekerjasama bersama tulang pengumpil dengan tujuan untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia.
  4. Sebagai tulang yang berfungi sebagai penunjang kerangka tangan manusia.
  5. Sebagai tempat melekatnya otot-otot lengan dan lengan bawah menempel dengan ulna untuk melakukan sebuah gerakan lengan, tangan serta pergelangan tangan.
  6. Tulang hasta memberikan fleksibilitas pada sendi siku.

Tulang hasta begitu penting dalam berperan sebagai stabilisasi fisik lengan bawah, pergelangan tangan serta tangan.

Proses olecranon (dimana kepala proksimal dari ulna) berartikulasi dengan kepala distal humerus agar memberikansebuah gerakan terkontrol serta stabilisasi pada sendi siku.

Hal ini merupakan titik keterikatan bagi otot-otot lengan bawah. Aspek distal ulna berartikulasi terhadap pergelangan tangan serta memberikan dasar yang stabil demi artikulasi antara pergelangan tangan dan tangan.

Apabila tulang hasta pecah, hal ini paling umum sering terjadi pada titik di mana jari-jari dan ulna membentuk sebuah sendi ataupun di mana ulna membentuk sebuah sendi dengan tulang karpal tangan.

Fraktur Ulnaris menyebabkan terjadinya rasa sakit yang parah, kesulitan dalam menggerakkan sendi-sendi yang terkena, dan bahkan dapat terjadi deformitas lengan jika fraktur merupakan gabungan.

Baca Juga : Pengertian DNA

Struktur Pada Tulang Hasta

Tulang Hasta adalah tulang panjang yang ditemukan di lengan bawah yang membentang dari siku sampai ke radis terkecil, dan ketika dalam posisi anatomi, ditemukan di sisi medial lengan bawah. Hal ini lebih dekat ke siku, serta menyempit saat mendekati pergelangan tangan.

Karena dekat dengan siku, tulang hasta mempunyai proses bertulang, proses olecranon, struktur seperti kait yang cocok dengan fossa olecranon humerus.

Hal ini mencegah hiperekstensi serta membentuk sendi engsel dengan trochlea humerus. Ada juga takik radial untuk kepala tulang pengumpil, serta tuberositas ulnaris tempat otot menempel. Dekat dengan pergelangan tangan, ulna mempunyai proses stiloid.

Apakah fungsi tulang hasta yang sering kita lakukan ?

Tulang Hasta yang tanpa disadari kita lakukan adalah saat melakukan aktivitas sering suatu gerakan dengan tangan .

Apa nama lain dari tulang hasta ?

Tulang Hasta dapat disebut juga dengan kata “ulna”.

Gangguan apa yang bisa terjadi pada tulang hasta ?

Tulang Hasta lebih panjang serta tipis biasanya sering terjadi lebih mudah patah karena trauma. Maka jika tulang hasta pecah, biasanya akan terjadi pada titik dimana pengumpil serta hasta membentuk sendi ataupun dimana hasta membentuk sendi dengan tulang karpal tangan ini. 

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya kelas 5 sd (sekolah dasar) yang masih binggung tentang fungsi tulang hasta artikel dan lain lain, Maka makalah tulang hasta ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel fungsi tulang hasta, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: