Struktur Telinga dan Fungsinya

Posted on

Struktur Telinga dan Fungsinya – Telinga berada di samping mata, hidung, lidah dan kulit salah satu dari lima indera manusia. Fungsi telinga adalah untuk mendengar bunyi dan suara. Dengan telinga kita, kita dapat mendengar musik atau suara orang lain dengan mendeteksi getaran dan gelombang di udara.

Fungsi utama telinga adalah indera pendengaran bagi manusia. Ini berarti bahwa orang dapat mendengar suara atau suara dengan telinga mereka. Fungsi telinga untuk orang lain adalah menjaga keseimbangan tubuh.

Ada bagian yang berbeda di telinga manusia. Setiap bagian memiliki peran dan fungsinya, yang penting bagi proses pendengaran manusia.

Beberapa menerima getaran, yang lain mengirim gelombang, yang lain melindungi indera pendengaran bagian dalam.

Jadi apa fungsi dari telinga manusia dan penjelasannya? Kali ini, kita akan membahas berbagai bagian yang ada di telinga dan fungsinya, serta struktur telinga manusia, ketika mendengar suara atau suara.

Struktur Telinga & Fungsinya

bagian bagian telinga

Struktur telinga dijelaskan di bawah dan fungsinya terdiri dari tiga bagian utama telinga, yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam bersama-sama dengan bagian-bagian yang terkandung di dalamnya.

1. Telinga Bagian Luar

Bagian terluar dari telinga ialah telinga bagian luar. Pada bagian ini terdiri dari daun telinga atau pinna, saluran pendengaran atau meatus auditorius eksternus dan gendang telinga membran timpani.

1.1 Daun Telinga (Pinna)

Bagian luar telinga adalah daun telinga. Bagian daun telinga ini juga disebut pinna.

Fungsi dari daun telinga ini adalah untuk mengarahkan suara di saluran telinga dan meneruskannya ke gendang telinga dan untuk menyesuaikan volume suara yang diterima.

1.2 Saluran Telinga (Meatus Auditorius Eksternus)

Saluran pendengaran juga disebut sebagai meatus auditorius eksternus. Saluran telinga ditutupi dengan rambut halus dan kulit dengan kelenjar keringat.

Fungsi saluran telinga adalah untuk mencegah penetrasi benda asing lebih dalam. Saluran telinga juga berfungsi untuk melanjutkan suara gendang telinga yang menarik.

1.3 Gendang Telinga (Membran Timpani)

Gendang telinga juga disebut membran timpani. Ini memiliki bentuk daun bulan dan memiliki 3 lapisan atau lapisan luar, lapisan tengah dan lapisan dalam.

Fungsi gendang telinga adalah untuk mendukung proses pendengaran, yaitu untuk mentransmisikan getaran gelombang suara lebih jauh ke telinga tengah dan telinga dalam.

2. Telinga Bagian Tengah

Telinga tengah terletak di antara telinga luar dan telinga dalam. Telinga tengah terdiri dari tiga tulang pendengaran dan tabung Eustachius.

2.1 Tiga Tulang Pendengaran

Tiga tulang pendengaran di telinga tengah terdiri dari tulang palu (malleus), tulang dasar (incus) dan tulang stapes (poin).

Fungsi dari tiga tulang pendengaran adalah untuk memperkuat getaran yang diterima dari gendang telinga dan mengirimkannya ke telinga bagian dalam.

2.2 Saluran Eustachius

Tabung Eustachius adalah saluran telinga tengah yang menghubungkan telinga dengan rongga hidung dan leher. Fungsi tabung Eustachius adalah untuk mengatur keseimbangan tekanan udara dan untuk menghubungkan telinga dan rongga hidung.

3. Telinga Bagian Dalam

Bagian terdalam dari telinga disebut telinga bagian dalam. Bagian telinga dalam ini terdiri dari labirin bertulang dan labirin membran.

Labirin bertulang adalah rongga yang dibentuk oleh tonjolan candi, sedangkan membran labirin sama seperti labirin tulang, tetapi posisinya lebih dalam.

Tulang labirin dibagi menjadi tiga bagian, yaitu koklea, vestibule, dan Kanalis Semisirkular. Ada juga saraf pendengaran yang mengangkut impuls listrik dari saraf ke jaringan otak.

3.1. Rumat Siput (Koklea)

Rumah siput juga dikenal sebagai koklea. Tujuan koklea adalah untuk mengubah getaran menjadi impuls listrik dan mengirimkannya ke otak.

Dalam tabung koklea adalah bagian yang terdiri dari tulang dan membran koklea. Bagian ini disebut membran basilar.

3.2 Vestibula

Ruang depan adalah bagian yang terdiri dari Sacula dan Utricola. Keduanya diatur oleh sel – sel rambut dengan struktur khusus yang disebut macula acustika.

Sel – sel rambut di sakula disusun secara vertikal. Mempertimbangkan bahwa sel-sel rambut dalam utricule diatur secara horizontal.

3.3 Saluran Setengah Lingkaran (Kanalis Semisirkular)

Saluran setengah lingkaran juga disebut Kanalis Semisirkular. Fungsi kanal setengah lingkaran adalah pemeliharaan keseimbangan tubuh.

Ada 3 saluran setengah lingkaran, yaitu saluran setengah lingkaran horizontal, saluran setengah lingkaran vertikal atas dan saluran setengah lingkaran vertikal belakang.

Nah, itulah ulasan lengkap struktur telinga dan fungsinya lengkap beserta penjelasannya.

Secara umum, ada 3 bagian utama telinga, seperti telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Setiap struktur dalam telinga memiliki fungsinya dalam proses pendengaran.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: