Fungsi Umum dan Khusus Pancasila

Posted on
pancasila sebagai dasar negara

Fungsi Umum dan Khusus Pancasila – Pancasila memiliki lima manfaat umum dan lima spesifik, seperti sebagai pedoman hidup, sumber hukum, sumber norma, kesepakatan mulia dan filosofi hidup masyarakat Indonesia.

Para pendiri bangsa memilih Pancasila sebagai fondasi negara dan ideologi negara bukannya tanpa alasan.

Pancasila dipilih karena memiliki fungsi mendasar bagi eksistensi bangsa Indonesia.

Artikel ini membahas fungsi umum dan khusus dari Pancasila. Fungsi khusus bisa dipahami merupakan fungsi Pancasila yakni sebagai dasar negara.

Pancasila memainkan peran penting dalam agenda pembangunan negara. Dalam materi pengajaran Pancasila, fungsi Pancasila adalah salah satu topik terpenting.

Apa fungsi Pancasila secara umum?

Fungsi Umum Pancasila

1. Pancasila Sebagai Pedoman Hidup Rakyat Indonesia

Artinya, nilai-nilai dan makna Pancasila adalah pedoman untuk semua perilaku dan tindakan warga negara Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai Pancasila berperan dalam definisi baik dan buruk dalam proses pengambilan keputusan politik dan dalam pemecahan masalah nasional.

2. Pancasila Sebagai Sumber Dari Semua Sumber Hukum

Artinya, kelima peraturan Pancasila menjadi rujukan dalam penyusunan peraturan tertulis oleh negara.

Semua ketentuan hukum yang telah dirancang, diterapkan dan disetujui tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sumber semua sumber hukum menunjukkan referensi ke sumber hukum yang dibuat.

Misalnya, jika negara ingin mengembangkan kebijakan untuk mengakui pengikut pandangan dunia, pertama-tama negara harus memeriksa apakah itu sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau tidak.

3. Pancasila Sebagai Sumber Norma

Mirip dengan Pancasila sebagai sumber dari semua sumber hukum, dalam arti bahwa standar yang berlaku di Indonesia konsisten dengan nilai-nilai moral Pancasila atau bahkan mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Norma adalah aturan tidak tertulis atau informal yang mengatur kehidupan sosial.

Meski tidak tertulis, kekuatan norma sangat besar karena melekat pada kepercayaan masyarakat.

Fokus pada Pancasila adalah keuntungan normal di Indonesia. Agar selaras, Pancasila dapat bertindak sebagai sumber aturan yang berlaku.

4. Pancasila Sebagai Kesepakatan Mulia

Dengan kata lain, Pancasila adalah perjanjian yang dibuat oleh para pendiri intelektual bangsa.

Pancasila juga merupakan produk konsensus yang perlu dihormati. Para pendiri bangsa sepakat untuk menjadikan Pancasila sebagai basis negara. Perjanjian tidak harus dipertimbangkan oleh generasi berikutnya.

5. Pancasila Sebagai Filosofi Hidup Masyarakat Indonesia

Sejak didirikan, Pancasila telah dianggap sebagai ide yang nantinya akan menjadi ideologi bangsa sebagai cerminan dari filosofi hidup yang paling sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia.

Pancasila juga sejalan dengan filosofi yang mengejar rakyat Indonesia dalam lima prinsipnya.

Tidak heran jika Pancasila selalu dipandang sebagai ideologi yang paling sesuai dengan jiwa rakyat Indonesia.

Fungsi Khusus Pancasila

Fungsi spesifik Pancasila, yaitu fungsi Pancasila yaitu sebagai dasar negara. Beberapa bahan ajar Pancasila mengatakan bahwa setidaknya ada lima fungsi Pancasila sebagai dasar negara.

Kelima fungsi tersebut meliputi Pancasila sebagai pedoman kehidupan bangsa, jiwa bangsa, kepribadian bangsa, cita-cita bangsa, dan sumber hukum negara. Berikut ini penjelasan singkatnya :

1. Pancasila Sebagai Dasar Negara

Artinya, bangsa Indonesia, melalui peran negara, mendukung nilai-nilai Pancasila di tengah pergaulan dengan bangsa lain.

Hubungan diplomatik dalam bentuk apa pun tidak boleh menghasilkan keputusan tanpa memperhatikan keberadaan nilai-nilai pancasila.

2. Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa

Artinya, lembaga sosial Indonesia dari yang tertua hingga yang termuda harus menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi bagi ideologinya.

Dari lembaga tingkat tinggi seperti negara hingga organisasi massa, nilai-nilai Pancasila harus diposisikan sebagai jiwanya.

3. Pancasila Sebagai Identitas Bangsa

Ini berarti bahwa Pancasila, di samping kemuliaan makna dan nilai, juga merupakan identitas nasional yang dapat dibanggakan.

Sebagai sebuah identitas, Pancasila adalah jawaban atas pertanyaan tentang apa sebenarnya kepribadian orang Indonesia.

4. Pancasila Sebagai Sumber Hukum

Fungsi ini mirip dengan fungsi umum Pancasila sebagai sumber dari semua sumber hukum.

Pada prinsipnya, hukum lembaga atau organisasi di tingkat yang berbeda tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

5. Pancasila Sebagai Cita – Cita Bangsa

Artinya, Pancasila sebagai basis negara berisi ide-ide ideal atau ide-ide yang akan diwujudkan oleh semua elemen bangsa Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila, yang merupakan konsep abstrak, dianggap sebagai tipe ideal yang mewakili cita-cita masyarakat Indonesia.

Fungsi Pancasila sebagai cita-cita bangsa berarti bahwa nilai-nilai Pancasila adalah orientasi yang harus diperhatikan oleh bangsa itu sendiri.

Sejauh ini, kami telah mendengarkan fungsi pancasila secara umum dan khususnya sebagai landasan negara.

Memahami fungsi Pancasila adalah penting bagi siswa, karena dapat membantu dalam menilai apakah bangsa ini telah pergi ke arah yang benar.

Bangsa-bangsa yang tidak memiliki dasar ideologis akan goyah oleh ideologi bangsa-bangsa lain.

Peran Pancasila untuk Indonesia sangat luas. Bahkan dapat dikatakan bahwa bagi kita tanpa Pancasila, sulit membayangkan keberadaan bangsa Indonesia dan negara Indonesia.

Masalahnya sekarang adalah apakah Pancasila masih berfungsi sebagaimana mestinya untuk kesejahteraan rakyat.

Pembenaran untuk menggunakan Pancasila seringkali hanya terlihat di panel resmi.

Pancasila sering kurang dalam implementasi kebijakan. Misalnya, ketimpangan sosial meningkat di satu bidang dan menimbulkan pertanyaan : Dimana keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia?

Pemahaman Pancasila dapat juga sebagai penilaian makna dan nilai-nilainya dengan peran dan perannya diperiksa.

Fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia sangat mendasar dan radikal. Tugas kita, rakyat Indonesia, adalah memperhatikan untuk melestarikannya dengan berusaha lebih mengoptimalkannya.

Demikianlah ulasan lengkap tentang Fungsi Umum dan Khusus Pancasila. Semoga bermanfaat!!!

Baca Juga :

Related posts: