Isi Proklamasi

Posted on

Isi Proklamasi – Jika membicarakan Kemerdekaan Indonesia, pasti dalam benak kalian saat upacara, tentu akan dibacakan sebuah teks atau dikenal sebuah naskah proklamasi, dimana dahulu dibacakan oleh Soekarno sendiri. Dalam hal tersebut, teks proklamasi mempunyai arti yang sangat penting untuk bangsa Indonesia khususnya, serta berbagai tujuan atau dasar negara terdapat di dalamnya.

isi proklamasi

Penyusunan Teks Proklamasi tersebut dilangsungkan tepatnya pada 16 Agustus 1945 pukul 02.00 s/d 04.00 dini hari. Teks Proklamasi tersebut dirumuskan di lokasi tinggal Laksamana Tadashi Maeda tepatnya di Jalan Imam Bonjol No 1. Sebagaimana telah diketahui, Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 berdasarkan keterangan dari tahun Jepang dan tanggal 8 Ramadan 1364 menurut keterangan dari Kalender Hijriah.

Isi teks Proklamasi diucapkan oleh Soekarno dimana didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta serta disambung pidato singkat tanpa teks pada pukul 10:00 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Berikut penjelasan secara rinci mengenai isi proklamasi dan perubahan – perubahan yang terjadi didalamnya tersebut.

Baca Juga : Identitas Nasional

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Teks proklamasi kemerdekaan klad , arti klad sendiri ialah hasil tulisan tangan Soekarno sendiri. Dimana merupakan hasil gubahan atau karangan oleh Drs. Mohammad Hatta dengan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo.

Disamping itu, tim perumus teks proklamasi Republik Indonesia yang terdiri dari Tadashi Maeda, Tomegoro Yoshizumi, S. Nishijima, S. Miyoshi, Mohammad Hatta, Soekarno, serta Achmad Soebardjo.

Berikut ini ialah bentuk naskah Teks proklamasi kemerdekaan Klad :

teks proklamasi klad

Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakandengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.


Djakarta, 17 – 8 – ’05


Wakil2 bangsa Indonesia.

Naskah Proklamasi Klad ini tidak terlalu diketahui secara luas, karena tidak disimpan sebagai dokumen penting terkait kemerdekaan. Naskah proklamasi kemerdekaan RI asli hasil tulisan tangan soekarno, malah sebenarnya sudah dibuang ke tempat sampah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda.

Untungnya B.M. Diah menyelamatkan naskah bersejarah ini dari tempat sampah serta menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, serta pada 29 Mei 1992 baru diserahkan ke Presiden Soeharto di Bina Graha. Hingga akhirnya isi teks proklamasi asli ini kemudian bisa diketahui secara luas.

Isi Teks Proklamasi Otentik / Autentik (Asli) 

Naskah Proklamasi Klad bukanlah Naskah Proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno. Naskah Proklamasi Klad sendiri mengalami beberapa perubahan, dan hasilnya disebut dengan Naskah teks proklamasi yang otentik / autentik / asli.

teks proklamasi otentik

Baca Juga : Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Naskah ini akhirnya diketik oleh Sayuti Melik (atau Sajoeti Melik), tokoh pemuda yang ikut andil pada persiapan proklamasi. Perubahan teks proklamasi tulisan tangan soekarno setelah diketik oleh sayuti melik tersebut ialah :

  1. Kata proklamasi yang terdapat dalam teks tersebut diganti menjadi “PROKLAMASI”. Tulisan dibuat menjadi huruf kapital berbeda dengan sebelumnya.
  2. Kata “Hal2” yang didalam naskah sebelumnya disingkat, diubah menjadi “Hal-hal” tidak menggunakan singkatan apapun supaya lebih jelas.
  3. Dalam naskah, terdapat kata “tempoh”. Kata ini akhirnya diubah menjadi “tempo” yang telah disesuaikan dengan KBBI (kamus besar bahasa Indonesia).
  4. Dalam naskah, tanggal pembacaan teks ditulis dengan, “Djakarta, 17 – 8 – ’05” telah mengalami perubahan menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05”.
  5. Kata “wakil2 bangsa Indonesia” mengalami perubahan menjadi “Atas nama bangsa Indonesia”.
  6. Naskah proklamasi klad tidak ditandatangani, sedangkan naskah Proklamasi Otentik telah ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta.

Berikut ini ialah hasil perubahan isi teks proklamasi klad menjadi isi teks proklamasi yang otentik atau asli :

P R O K L A M A S I 

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengantjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

Isi Teks Proklamasi Sesuai Ejaan Sekarang

PROKLAMASI

Kami bangsa indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945

Atas nama bangsa Indonesia

Sukarno-Hatta

Baca Juga : Tujuan Politik Luar Negeri Indonesia

Bagaimana reaksi masyarakat mengenai teks proklamasi pada masa itu?

Setelah tersebar luas, teks proklamasi ini tentunya membuat reaksi masyarakat Indonesia yang beragam. Beberapa orang menyambutnya dengan perasaan bahagia dan antusias yang tinggi, namun ada juga yang masih ragu-ragu dan lebih memeilih untuk tenang dan melihat perkembangan apa selanjutnya yang akan dimiliki oleh negara ini. Namun tentunya sebagian besar, pemuda Indonesia bahagia akan hal ini.

Apakah makna teks proklamasi dari sudut pandang ilmu hukum?

Dalam sudut pandang ilmu hukum, proklamasi sendiri memiliki makna yang khusus. Dalam hal ini, pernyataan yang memang berisi untuk keputuan bangsa Indonesia telah menghapus seluruh tata hukum kolonila yang sebelumnya di miliki oleh para penjajah. Dalam hal ini juga tata hukum yang digunakan adalah tata hukum nasional yang memang secara resmi dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Bagaimana susunan acara yang direncanakan dalam pembacaan teks proklamasi?

1. pembacaan proklamasi oleh Ir. Soekarno,
2. pengibaran bendera Merah Putih oleh Suhud dan Latief Hendraningrat, dan
3. sambutan Walikota Suwirjo dan dr. Muwardi.

Demikianlah pembahasan artikel Isi Proklamasi, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Rate this post
Related posts: