Pengertian Poster

Posted on
Poster

Pengertian Poster – adalah salah satu bentuk dari media dengan penerbitan yang menggabungkan berbagai bentuk tulisan, gambar, dan kombinasi dengan memberikan informasi kepada publik atau secara umum.

Dengan kata lain poster juga merupakan bentuk dari kabar berita dengan memberikan beberapa rambu-rambu yang akan ditempelkan pada tempat umum yang berupa iklan atau pemberitahuan.

Pengertian Poster juga biasanya dapat ditempatkan di lokasi yang strategis karena agar mudah di lihat oleh orang dan sifatnya yang mengundang untuk menempatkan poster di tempat yang mudah terlihat.

Namun secara spesifik poster juga terdapat beberapa pengertian menurut para ahli diantaranya adalah:

  • Menurut Nana Sudjana – mengatakan bahwa poster merupakan kombinasi dalam bentuk visual dari desain yang kuat yang dilengkapi dengan warna dan pesan untuk menarik perhatian masyarakat yang akan melihatnya dan menanamkan ide-ide yang penting dalam ingatan mereka.
  • Menurut Azhar Arsyad – mengatakan bahwa poster adalah media visual dua dimensi yang berisi gambar yang tertulis dengan huruf besar dan kecil yang bertujuan untuk menyampaikan hal-hal istimewa yang dapat mempengaruhi orang yang melihatnya.
  • Menurut Sri Anitah – mengatakan bahwa poster adalah gambar yang menyatukan beberapa elemen visual, seperti pidato, kata, dan gambar bertujuan untuk menarik perhatian yang akan di sampaikan secara singkat.

Fungsi poster

Poster dapat berfungsi untuk membangkitkan minat pembaca terhadap apa yang di sampaikan dalam bidang dengan poster yang dibuat sebagai kata yang menarik perhatian pembaca dengan konten yang ingin disampaikan oleh pembuat poster.

Nah bagi sobat semua yang ingin mengetahui pembahsan lengkap dan akurat bisa mengunjungi situs website https://daridesignstudio.com/ yang di mana telah menjelaskan beberapa macam pengertian poster secara detail.

Media promosi dengan mengundang dan menarik perhatian melalui media televisi atau radio bisa ditempatkan sebagai target pasarnya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi poster antara lain:

  • Sebagai peran adalah menyampaikan informasi.
  • Sebagai sarana dalam mempromosikan barang atau jasa.
  • Sebagai Alat desainer grafis untuk berkreasi.

Tujuan pembuatan poster

Jika kalian telah memahami apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan memberikan beberapa macam dan tujuan dalam membuat poster dengan tepat di benak pembaca.

Tujuan dari poster tersebut adalah:

  • Masyarakat akan menjadi sadar akan kegiatan atau acara yang diadakan – misalnya salah satu kegiatan bazar, donor darah dan peringatan sumpah pemuda.
  • Akan menjadikan produk atau sebuah layanan yang dikenal serta dapat digunakan oleh komunitas.
  • Dapat mengingatkan publik tentang apa yang akan dilakukan – misalnya sebuah ajakan dalam memkai masker saat tanggal 19 pada saat pergi ke posyandu.
  • Ingatkan orang untuk menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Misalnya berhenti merokok, buang sampah.

Ciri Ciri Poster

Dengan pembahsan di atas kami juga akan penyampaian informasi lainnya tentang poster dengan memberikan beberapa ciri khusus dalam poster adalah:

  • Dapatkan perhatian segera saat dilihat orang
  • Gunakan bahasa yang ringkas, ringkas, jelas dan mudah dimengerti.
  • Berisi frasa persuasif atau perhatian.
  • Menggunakan foto / sketsa / lukisan dan kombinasi warna
  • Dapat meninggalkan kesan meskipun dibaca sambil jalan.
  • Konten tidak bertele-tele
  • Dipasang di permukaan datar dan di tempat-tempat strategis di tempat umum.
  • Terdiri dari huruf, angka, simbol, gambar atau kombinasi dari semuanya.
  • Didesain di atas kertas atau kain

Syarat – syarat Membuat Poster

Poster juga memiliki beberapa syarat-syarat yang harus di lakukan dalam membuat poster antara lain adalah:

  • Bahasa dan frasa yang tertulis di poster harus menggunakan kata-kata yang mudah dipahami banyak orang.
  • Ungkapan yang digunakan harus jelas, ringkas dan bermakna.
  • Ini kombinasi gambar dan teks yang menarik
  • Didesain untuk membuat orang tertarik untuk melihat dan mengetahui
  • Itu harus direkatkan atau dipasang di tempat-tempat yang biasa dilewati orang
  • Bahan yang digunakan dalam pembuatan poster harus berkualitas baik agar tidak mudah rusak.

Jenis Jenis Poster

Pembahsan singkat yang kami sampaikan di atas maka kamij juga akan memberikan beberapa jenis oster secara umum di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Poster menurut isinya

Menurut isinya, poster dibagi sebagai berikut, yaitu:

Poster layanan masyarakat – Merupakan jenis poster yang memuat informasi tentang pelayanan kepada masyarakat misalnya poster pelayanan kesehatan atau bansos.
Poster Komersial – Merupakan jenis poster yang berisi field untuk penjualan atau promosi suatu produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.
Poster Kegiatan – Merupakan jenis poster yang berisi informasi tentang suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, agar kegiatan tersebut diketahui banyak orang, yang ingin agar masyarakat dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut.
Poster seni – Ini adalah jenis poster yang ekspresif dan tidak selalu berarti sama dari satu orang ke orang lain.
Poster pendidikan – Ini adalah jenis yang biasanya berisi informasi yang dapat membimbing dan mendidik masyarakat.

2. Poster berdasarkan tujuan

Menurut tujuan pembuatan poster ada beberapa jenis, di antaranya:

Poster iklan – Ini adalah jenis poster yang bertujuan untuk memotivasi atau menggairahkan masyarakat umum. Seringkali, untuk menjadi bersemangat tentang kehidupan dan orang lain, poster ini juga dapat digunakan untuk memengaruhi orang lain.
Poster kampanye – Merupakan jenis poster yang biasanya muncul pada saat penyelenggaraan pemilu atau pemilu, dengan tujuan memperoleh simpati yang sebesar-besarnya dari masyarakat agar masyarakat memilihnya pada saat pemilu.
Poster Afirmasi – Ini adalah jenis poster yang bertujuan untuk memotivasi pembaca dengan frase yang berpengaruh.
Poster “Dicari” – Ini adalah jenis poster yang bertujuan untuk menemukan seseorang atau sesuatu yang diperlukan. Contoh poster tersebut adalah poster perusahaan mencari pekerja, poster orang hilang, poster perusahaan mencari kreditor, dan lain sebagainya.
Poster film – Merupakan jenis poster yang bertujuan untuk mempromosikan film terakhir yang akan ditayangkan di bioskop atau teater agar orang tertarik untuk menontonnya.
Poster buku komik – Merupakan jenis poster yang bertujuan untuk mempresentasikan atau menyebarluaskan komik ke masyarakat umum atau ke banyak orang.
Poster “Kue Keju” – Merupakan jenis poster yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat umum atau masyarakat umum. Seringkali poster tersebut memuat gambar orang-orang terkenal, seperti astis, selebritis, penyanyi, dan lain sebagainya, yang bisa menarik perhatian banyak orang.
Poster penelitian – Merupakan jenis poster yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang kegiatan penelitian (penelitian) kepada banyak orang, seringkali poster tersebut terdapat di sekolah atau kampus.
Poster komersial atau poster komersial – Merupakan jenis poster yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa yang dipasarkan oleh suatu perusahaan.
Poster kelas – Semacam poster yang biasanya bertujuan untuk menularkan ilmu dan motivasi kepada siswa sekolah.

Cara Membuat Poster

Dalam pembuatan poster kalian juga harus mengetahui beberapa cara dan tahapan dalam membuat poster yang baik dan benar antara lain adalah:

  • Tentukan tema dan tujuan poster yang akan dibuat
  • Buat kalimat pendek, jelas dan mudah dimengerti
  • Gunakan gambar yang menarik untuk membuat orang tertarik
  • Menggunakan media yang tepat

Nah kiranya sampai disini sobat yang dapat kami sampaikan mengenai pembahsan Pengertian Poster, semoga dengan pembahsan ini dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Related posts: