Rumus Frekuensi Gelombang Elektromagnetik + Contoh Soal

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tentang rumus frekuensi, serta akan menjelaskan tentang macam macam gelombang elektromagnetik. dan menjelaskan tentang pengertian frekuensi itu sendiri

Pengertian Frekuensi

Frekuensi atau sering juga disebut sebagai frekuensi gelombang, ialah pengukuran dari banyaknya jumlah getaran ataupun osilasi yang terjadi pada selang waktu tertentu.

Gelombang ialah proyeksi dari suatu gerak yang melingkar yang beraturan dan diproyeksikan kepada sumbu ditengahnya. frekuensi dan gelombang sangat berkaitan, karena banyaknya getaran yang terjadi setiap waktuya dinamakan sebagai frekuensi. Jika kamu mempertanyakan waktu yang dibutuhkan bagi benda untuk mencapai satu putaran itu di kenal sebagai istilah periode. tetapi jika jarak antara kedudukan benda yang sudah bergetar disuatu waktu hingga kembali lagi pada posisi yang seimbang itu disebut dengan simpangan getaran. Terakhir adalah amplitude yang dikenal dengan simpangan maksimum yang sudah dilakukan pada saat peristiwa getaran.

Didalam ilmu Fisika, Pengertian Frekuensi ialah jumlah getaran yang dihasilkan didalam setiap satu detik. tetapi dalam ilmu elektronika, Frekuensi bisa diartikan sebagai jumlah gelombang listrik yang dihasilkan per detik. Frekuensi biasanya dilambangkan dengan huruf “f” dengan satuannya ialah Hertz atau disingkat menjadi Hz. Jadi pada dasarnya 1 Hertz ialah sama dengan satu getaran atau satu gelombang listrik per detik (1 Hertz = 1 gelombang per detik). kalimat Hertz ini diambil dari nama seorang fisikawan Jerman Heinrich Rudolf Hertz yang mempunyai kontribusi dalam bidang elektromagnetisme.

Rumus Frekuensi

Seperti yang dijelaskan di atas, Frekuensi ialah jumlah gelombang ataupun jumlah getaran yang dihasilkan pada setiap detiknya. Detik ialah satuan untuk waktu atau satu Periode yang biasanya dilambangkan dengan huruf “T”. Jadi pada inti dasarnya, kita harus mengetahui “Periode” ataupun “waktu” dalam satuan detik untuk bisa menghitung frekuensi. Periode dapat didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan agar menghasilkan satu siklus pengulangan pada gelombang atau getaran yang lengkap. jadi rumus frekuensi ialah

f=1/t

Penjelasan:

f = frekuensi didalam satuan hertz

t = periode dalam satuan detik

Contoh Soal

contoh menghitung frekuensi 1
contoh menghitung frekuensi 1
contoh menghitung frekuensi 2
contoh menghitung frekuensi 2

Jenis Gelombang Elektromagnetik

Sinar Gamma, ialah merupakan gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi terbesar dan bentuk radioaktif yang dikeluarkan inti-inti atom tertentu. Gelombang ini juga memiliki energi yang besar yang dapat menembus logam maupun beton.
Sinar-X, sinar ini adalah sinar memiliki daya tembus yang cukup kuat sekali yang dapat menembus buku tebal dan bahkan pelat aliminium setebal 1 cm
Sinar Ultraviolet, sinar matahari merupakan sinar ultraviolet dan yang memiliki radiasi ultraviolet yang tinggi.
Cahaya Tampak, ialah cahaya yang dapat dilihat dengan mata manusia
Sinar Inframerah, bahwa panjang gelombang inframerah ialah terentang dari 10 sampai 3 meter sampai 7,8 x 10-7 meter dengan rentang frekuensi inframereh dari 3 x 1011 hertz sampaidengan 4 x 1014 hertz. sinar infra merah dihasilkan oleh elektron dalam molekul-molekul yang bergetar karena benda yang dipanaskan. Jadi kesimpulanya, setiap benda panas memancarkan sinar inframerah dengan sinar yang dipancarkan bergantung pada suhu dan warna benda.
Gelombang Radio, Panjang gelombang radio frekuensi terentang dari beberapa km sampai 0,3 meter. Frekuensi gelombang radio pun terentang sekitar beberapa hertz dan energi foton bergerak

Urutan GEM dari frekuensi besar atau panjang Gelombang kecil ke frekuensi kecil atau panjang gelombang besar

1. Sinar Gamma
2. Sinar-X
3. Sinar Ultraviolet
4. Cahaya Tampak
5. Sinar Inframerah
6. Gelombang Radio

Alat Pengukur Frekuensi

Frekuensi yang biasanya diukur dengan alat pengukur frekuensi yang dinamakan Frequency Counter ataupun Pencacah Frekuensi. Frequency Counter ini merupakan alat pengukur frekuensi sinyal elektronik yang berulang-ulang dan yang menampilkan hasilnya pada layar digital. Alat ini juga menggunakan logika digital untuk menghitung sejumlah siklus (number of cycles) selama interval waktu yang telah ditetapkan.

Baca Juga :


Baca Juga :