Rumus Medan Listrik Dan Contoh Soalnya

Posted on

Seperti apakah Rumus Medan Listrik? Sebelum membahas tentang rumusnya, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu medan listrik, sebelumnya kita telah membahas rumus muatan listrik. Jika hanya dibahas tentang listrik saja, biasanya banyak orang yang akan paham apa maksudnya. Namun apakah medan listrik? Secara sederhana dapat diartikan sebagai dearah yang terkena efek muatan listrik. Muatan listrik yang dimaksud adalah ion, proton dan elektron.

Medan listrik dapat diketahui dan diukur dengan mengggunakan satuan N/C atau singkatan dari newton per coulomb. Berbicara soal medan listrik maka akan berkaitan erat dengan ilmu fisika. Ketika berada dibangku sekolah menengah atas terutama jurusan ipa maka bahasan tentang medan listrik akan ditemukan. Terlebih lagi untuk studi dibidang kelistrikan dan bidang elektronika, maka medan listrik ini juga akan dibahas. Untuk mengetahuinya secara pasti, terdapat Rumus Medan Listrik yang bisa dihafalkan. Terlebih lagi untuk para pelajar yang tentunya akan menjumpai soal medan listrik yang tentunya memerlukan rumus untuk bisa menjawabnya.

medan listrik

Kabar gembiranya, saat ini mencari tahu apa saja rumus medan listrik sangatlah mudah. Bahkan tanpa harus memiliki buku tentang fisika dan medan listrik pun kini dapat mengetahui secara lengkap rumus-rumusnya. Hal ini seiring dengan banyaknya website atau  blog yang dapat dikunjungi secara online yang berisi tentang materi apapun termasuk materi medan listrik beserta rumusnya. Berbagai modul pun bisa diunduh oleh siapapun yang membutuhkannya.

Rumus Medan Listrik

Apakah Anda termasuk orang yang membutuhkan informasi tentang medan listrik beserta rumusnya? Jika benar, di sini akan diberikan rangkumannya untuk Anda:

  • Dasar atau asal medan listrik

Rumus asal dari medan listrik secara matematis sangatlah sederhana. Rumusnya adalah E = F/q. Simbol E merupakan kuat medan listrik. Satuannya seperti yang telah dijelaskan di awal yaitu N/C. Lalu F merupakan simbol dari gaya coulomb. Sedangkan simbol q merupakan muatan uji.

  • Rumus lanjutan

Selain itu, jika sudah diketahui rumus gaya coulomb maka ada sedikit perubahan pada rumus dari medan listrik. F = K.Q.q/r². Maka persamaan tersebut jika dimasukkan ke rumus akan menjadi E = K.Q/r². Dengan penjelasan Q merupakan muatan sumber dan r merupakan jarak muatan uji.

Contoh Soal Medan Listrik

Sebuah muatan uji +25.105 C diletakkan dalam sbuah medan listrik. Jika gaya yang bekerja di muatan uji tersebut yaitu 0,5 N. Berapa besar medan listrik pada muatan uji?

Pembahasan :
F= 0,5 N
q = +25. 10-5 C

Ditanyakan adalah E = ….?

Jawaban :
E = F/q = 0,5/25. 10-5= 5 x 104 / 25 = 2000 N/C

Secara garis besar, hanya itu saja rumus dari medan listrik. Kedua rumus yang telah dibagikan tadi sangatlah mudah untuk dihafalkan oleh siapa saja. Namun memang, rumus yang sederhana tadi belum bisa menolong Anda ketika menghadapi soal ujian. Ya, bisa saja setelah hafal dengan rumus  Anda tetap tidak bisa mengerjakan soal. Hal ini biasanya terjadi lantaran tidak pernah berlatih menerapkan rumusnya pada soal-soal terkait medan listrik. Padahal, dengan berlatih maka akan bisa membuat Anda tidak hanya berhasil menerapkan rumus namun juga berhasil dengan cepat ketika menghadapi soal. Untuk itu, setelah mengetahui seperti apa saja Rumus Medan Listrik maka penting sekali untuk berlatih hingga akhirnya bisa tahu seperti apa saja ragam soal tekait medan listrik.

Ketika Anda berlatih, Anda akan menemukan ragam model soal medan listrik. Biasanya tidak hanya sekadar menemukan berapa besaran medan listriknya namun bisa juga diketahui medan listriknya dan ditanyakan komponen lainnya. Jika Anda sudah terbiasa berlatih, maka hal tersebut tidak membuat Anda bingung. Berlatih soal juga termasuk salah satu cara terbaik untuk mengingat-ingat rumus dari medan listrik. Sehingga pada saatnya dibutuhkan, rumus tersebut tidak akan terlupa oleh Anda.


Baca Juga :