T Tabel PDF Lengkap Download Gratis

Posted on

T Tabel PDF Lengkap Download Gratis – Di ilmu statistika terdapat yang namanya tabel distribusi normal. Tabel distribusi normal ini digunakan untuk membantu kita menentukan sebuah hipotesis. Hal ini dilakukan yakni dengan cara perbandingan antara statistik uji dengan statistik hitung. Untuk statistik hitung sangat mudah didapatkan yakni dengan perhitungan sendiri. Sedangkan untuk statistik uji, kita perlu tabel distribusi. Nah, tabel distribusi seperti apa yang harus digunakan? Ini juga terletak pada statistik uji yang mau dipakai.

Jika menggunakan statistik uji F, maka kita juga wajib menggunakan tabel distribusi F atau biasa dikenal f tabel. Sedangkan untuk statistik uji t maka kita harus menggunakan tabel distribusi t untuk dipakai sebagai perbandingan. Nah, oleh karenanya RumusRumus.com saat ini akan menjabarkan penjelasan lengkap tentang t tabel beserta memberikan catatan lengkap t tabel spss lengkap di doc atau pdf yang dapat anda download dihalaman ini.

Sebenarnya Tabel t yang nanti kita akan gunakan untuk mengujian hipotesis (uji t) telah terdapat dan dilampirkan pada buku-buku ekonometrik atau statistik. Namun walau demikian, tabel t tersebut terbatas hanya menyediakan secara berurut sampai derajat bebas (d.f./d.b) = 30, setelah itu berpindah ke d.f = 40, d.f. = 60 dan d.f. 120. Tentunya, disaat kita ingin menghitung derajat bebas 35 misalkan pada contoh soalnya maka kita terpaksa harus melakukan interpolasi antara df = 30 dengan df 40.

T Tabel

Untuk kebutuhan soal diatas maka dari itu kami akan melampirkan T Tabel denga df 1-200 lengkap untuk anda yang nantnya juga dapat anda download t tabel pdf nya. Berikut t tabel yang menampilkan nilai-nilai t mulai dari df = 1 sampai dengan df = 200 secara berurut dilink dibawah ini :

DOWNLOAD TABEL T

Catatan:

Untuk Probabilita yang lebih kecil dari yang ditunjukkan pada judul di setiap kolom adalah luas daerah
pada satu ujung, sedangkan probabilitas yang lebih besar adalah luas daerah dalam
kedua ujung

Contoh Soal T Tabel

Diketahui untuk persamaan regresi yang memperhatikan pengaruh pendidikan (X1) dan juga umur (X2) terhadap pendapatan (Y). Jumlah observasi (responden) yang akan kita terapkan untuk membentuk persamaan ini yakni sebanyak 10 responden (jumlah sampel yang sedikit ini hanya untuk penyederhanaan saja). untuk pengujian hipotesis dengan α = 5%. Sedangkan derajat bebas pada pengujian adalah n – k = 10 – 3 = 7

Jawaban Soal T Tabel

Hipotesis pertama: Pendidikan berpengaruh positif terhadap pendapatan. Pada pengujian ini α = 5 %. Hipotesis kedua: Umur berpengaruh terhadap pendapatan. Sedangkan α = 5 % untuk Pengujian juga dengan α = 5 %.

  • Untuk hipotesis yang ini, karena terlihat oleh kita yakni uji satu arah, maka lihat pada kolom ke empat tabel diatas, sedangkan untuk df nya lihat pada angka tujuh. Nilai tabel t = 1,895.
  • Untuk hipotesis yang kedua, karena akan di uji dua arah, maka lihatlah pada kolom ke lima tabel diatas, dengan df = 7 maka nilai tabel t = 2,365

Sekian pembahasan tentang t tabel lengkap beserta dengan pembahasannya, semoga memabantu bagi anda ….


Baca Juga :