Cara Menggunakan Jangka Sorong dan Fungsinya

advertisements

Cara Menggunakan Jangka Sorong – Pengertian Alat Ukur Jangka Sorong ialah salah satu Alat Ukur yang dapat digunakan untuk mengukur suatu benda dengan tingkat keakuratan secara pasti dan akurat karena Alat Ukur Jangka Sorong memiliki tingkat ketelitian mencapai Seperseratus Milimeter. Adapun Bentuk Jangka Sorong ini mempunyai Dua Buah Bagian Pengukur yakni Bagian Pertama merupakan bagian cembung yang mempunyai fungsi untuk mengukur panjang suatu benda dan untuk Bagian Kedua Jangka Sorong berbentuk Cekung yang mengarah kedalam dengan Fungsi untuk mengukur diameter benda bagian dalam dan Bagian Kedua yang Cekung ini biasanya dinamakan sebagai Bagian Rahang dari Alat Ukur Jangka Sorong.

Untuk Bagian – Bagian Jangka Sorong sebagai Alat Ukur mengukur suatu benda secara lengkap terdiri dari Bagian Rahang Tetap, Bagian Rahang Geser, Bagian Skala Utama, Bagian Tombol Kunci, Bagian Skala Nonius, Bagian Tangkai Ukur Kedalaman dan Bagian Benda yang diukur. Perlu kalian ketahui juga sebagai Siswa dan Siswi dan Masyarakat Umum bahwa pada Bagian Rahang Tetap dan Rahang Geser (Rahang Sorong) ada yang dibawah dan ada yang diatas, lalu Bagian Skala Utama Jangka Sorong mempunyai Skala Dalam dengan Satuan Centimeter (cm) dan Milimeter (mm) serta Bagian Skala Nonius Jangka Sorong mempunyai Panjang 9 Milimeter (mm) yg terbagi menjadi 10 Skala. Mungkin kalian bisa melihat Gambar dibawah ini untuk melihat secara lebih jelas tentang Bagian dan Bentuk Alat ukur Jangka Sorong secara lengkap :

Kemudian untuk Fungsi Jangka Sorong itu sendiri digunakan untuk mengukur Panjang Suatu Benda yang memiliki tingkat ketelitian sampai 0.1 Milimeter (mm), Fungsi Alat Ukur Jangka Sorong Bagian Rahang Tetap dan Rahang Geser Jangka Sorong dapat dipakai untuk mengukur Diameter Bagian Dalam dan Diameter Bagian Luar Suatu Benda dengan ukuran yang cukup kecil seperti mengukur Cincin, Pipa dan lain sebagainya. Lalu untuk Kegunaan Jangka Sorong selanjutnya bisa digunakan untuk Kedalaman Suatu Benda seperti Kedalaman Lubang Kecil, Kedalaman Tabung dan dapat digunakan untuk mengukur Ketebalan suatu Benda sehingga bisa disimpulkan bahwa Kegunaan Alat Ukur Jangka Sorong digunakan untuk mengukur Diameter, Kedalaman dan Ketebalan sebuah Benda.

Cara Menggunakan Jangka Sorong Yang Benar

cara menggunakan jangka sorong

Adapun untuk Cara Memakai Jangka Sorong yang baik dan benar ialah Kendorkan Baut Pengunci dan Geser Bagian Rahang Sorong Bawah nya, lalu pastikan bahwa Bagian Rahang Sorong (Geser) Jangka Sorong dapat berfungsi dengan benar dan pastikan bahwa Hitungan Rahang Geser saat tertutup berada pada Posisi Nol. Cara Menggunakan Alat Ukur Jangka Sorong selanjutnya pastikan anda membersihkan terlebih dahulu Permukaan Benda yang akan diukur menggunakan Jangka Sorong dan pastikan bahwa tidak ada kotoran ataupun debu yang melekat di Benda tersebut. Lalu anda bisa Menutup Kedua Rahang sampai menjepit Benda yang akan diukur oleh kalian dan setelah itu kalian bisa melihat Skala benda tersebut.

advertisements

Cara Menghitung Diameter Benda Dengan Jangka Sorong

Pembahasan tentang Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk mengukur Diameter Suatu Benda seperti Pipa, Cincin dan Benda lainnya ialah Rapatkan Rahang Bagian Atas dan tempatkan Benda seperti Pipa, Cincin ataupun Benda lainnya yang akan diukur Diameternya oleh kalian. Lalu Geserkan Rahang Geser (Sorong) sampai kedua Bagian Rahang Menempel dan Menekan dibagian dalam suatu Benda serta pastikan oleh kalian bahwa Bagian Dalam Benda jangan sampai miring atau Posisi Bagian Dalam Benda dalam keadaan tegak lurus dengan Skala dan setelah itu hitunglah Ukuran Diameter Benda tersebut.

Cara Mengukur Kedalaman Benda Dengan Jangka Sorong

Lalu untuk Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk mengukur Kedalaman Benda dilakukan dengan cara menempatkan suatu Benda yg akan diukur Kedalamannya oleh kalian didalam Bagian Tangkai Ukur Jangka Sorong. Setelah itu Tarik Bagian Rahang Geser hingga menyentuh permukaan dalam (Dasar Lubang) suatu benda yang sedang diukur oleh kalian dan perlu diperhatikan oleh kalian bahwa Posisi Benda yang sedang diukur kedalamannya oleh anda dalam posisi atau keadaan yang tidak bergeser (Statis).

Cara Membaca Jangka Sorong Yang Benar

Kemudian untuk Cara Membaca Hasil Nilai Jangka Sorong yang baik dan benar bisa kalian lihat penjelasan ini : Lihatlah Bagian Skala Utama Jangka Sorong dan lihatlah Nilai yang terukur dan lurus dengan Angka Nol dibagian Skala Nonius Jangka Sorong dan hasil tersebut bisa menunjukan Posisi Berhimpit dg Garis pd Skala Utama dan bisa juga Tidak Berhimpit dengan Garis pada Skala Utama. Lalu pada tahap ini kalian baru saja menghitung nilai Jangka Sorong dengan tingkat Ketelitian mencapai 1 mm dan untuk Pengukuran dengan tingkat Ketelitian sampai 0.1 mm kalian bisa melihat Bagian Skala Nonius. Lalu carilah angka pada Bagian Skala Nonius yg berhimpit dengan Garis di Skala Utama, baru setelah itu Jumlahkan dan jika kalian mengetahui atau memahami Cara Menggunakan Jangka Sorong pada benda maka kalian akan mendapatkan nilai pengukuran pada benda yang sangat akurat.

advertisements
Cara Menggunakan Jangka Sorong dan Fungsinya | rumus rumus | 4.5