Massa Jenis Minyak

Posted on

Massa Jenis Minyak – Sebelum kita masuk kedalam tema, sebenarnya apa sih masa jenis itu sendiri?? Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahuinya, namun bagi yang belum tahu, mari disimak artikel berikut ini.

Pengertian Massa Jenis

Massa jenis adalah ukuran massa masing – masing satuan volume suatu benda. Ketika massa jenis suatu benda lebih besar, maka massa di setiap volume lebih besar.

Keuntungan dari massa jenis adalah dalam penentuan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda, selain itu jika pada suatu zat, memiliki besaran massa dan volumenya, maka massa jenis dari zat tersebut akan sama.

Jadi bagaimana kalian menentukan massa jenis suatu benda atau zat? Penentuan massa jenis benda sangat sederhana, yaitu dengan membagi massa zat dengan volume zat.

Jika massa jenis suatu zat adalah ρ (baca: rho) dan massa suatu zat adalah M dan volume zat adalah V, maka Anda dapat menggunakan persamaan sebagai berikut :

ρ = m/v

Keterangan ;

ρ : massa jenis zat (Kg/m3)

m : massa zat (kg)

v : volume zat (m3)

Satuan massa jenis dalam SI adalah kg/cm3.

Perbandingan Massa Jenis Minyak dan Air

1. Massa Jenis Minyak Lebih Kecil Dibandingkan Dengan Massa Jenis Air

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika meneliti kepadatan minyak adalah bahwa jumlah yang terkandung dalam massa jenisnya ini lebih kecil dari massa jenis air.

Seperti disebutkan sebelumnya di atas, massa jenis adalah hasil dari pembagian antara massa total dan volume massa, secara keseluruhan.

Dari sini dapat dilihat apakah kedua cairan memiliki massa jenis yang berbeda, sehingga massanya berbeda.

Massa total atau berat total minyak lebih kecil dari massa yang terkandung pada air, sehingga hasil dalam perhitungan juga menunjukkan bahwa massa jenis air ini lebih besar dari kepadatan minyak.

2. Ruang Antara Partikel dan Gerakan Partikel

Salah satu yang menyebabkan kepadatan minyak dan air berbeda, adalah jika kedua zat tersebut terkandung dalam jenis zat yang sama, itu adalah massa jenisnya.

Ruang dan pergerakan partikel adalah sifat dari setiap objek. Bisa dikatakan minyak memiliki partikel dengan gerakan lebih banyak daripada partikel dengan air.

Karena gerakan yang relatif lebih besar ini, ruang bebas antara partikel juga meningkat dan massa jenis berkurang.

Ini pada akhirnya mengurangi kepadatan yang terkandung dalam minyak dibandingkan dengan massa jenis pada air.

3. Karena Kepadatan yang Kecil, Minyak Tidak Menyatu Dengan Air

Coba campur air dan minyak dalam wadah. Kalian pasti tahu bahwa minyak tidak dapat bercampur dengan air bahkan ketika dicampur.

Hal ini adalah hasil dari perbedaan antara kepadatan minyak dan kepadatan pada air, sehingga minyak mengapung di permukaan air.

Baca Juga :

Related posts: