Teks Eksposisi

Posted on

Teks Eksposisi – Bagi yang sering membaca berita – berita seperti koran, majalah, surat kabar, ataupun artikel lainnya baik di media cetak maupun media elektronik. Tahukah anda ternyata informasi yang sering kali kita temukan di berbagai media itu merupakan kategori ke dalam contoh teks eksposisi dimana memberikan suatu informasi.

Teks Eksposisi

Teks eksposisi ini lazimnya ialah salah satu jenis teks yang paling mudah bahkan sering sekali ditemukan dalam kehidupan sehari – hari, Terutama di saat membaca suatu berita ataupun ilmu pengetahuan yang memberikan informasi tertentu.

Hal itulah mengapa suatu teks eksposisi menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang harus diketahui dan dipelajari pada saat sekolah.

Pengertian

Teks Eksposisi adalah suatu tulisan dimana isinya terdapat fakta atau informasi berbentuk pengembangan paragraf dalam berupaya untuk memperjelas suatu keadaan tersebut, sehingga si pembaca mendapatkan pengetahuan dari apa yang telah diuraikan oleh si penulis.

Tulisan yang dibuat penulis itu berbentuk tulisan yang mengandung sifat singkat, padat, dan jelas supaya si pembaca lebih mudah memahami tujuan dari si penulis.

Ciri – Ciri

Setelah mengetahui penjelasan diatas, tahukah anda teks eksposisi mempunya suatu ciri yang membedakannya dengan yang lain, berikut dibawah ini penjabarannya :

  1. Teks ini dibust menggunakan bahasa yang baku.
  2. Pembahasan yang dituliskan adalah sebuah fakta namun bukan suatu opini ataupun karangan dari si penulis.
  3. Menggunakan gaya penulisan yang bersifat persuasi informatif.
  4. Data ataupun informasi dijabarkan secara rinci dan gamblang.
  5. Mengandung tulisan yang bersifat objektif ataupun netral, maksudnya ialah bahwa tulisan yang dibuat tidak memihak kepada siapapun. Maka pada hal ini si penulis tidak dapat sesukanya sendiri menuliskan apa – apa yang di inginkan, karena tulisan yang ditampilkan wajib berdasarkan suatu bukti yang jelas dan konkret.
  6. Tidak dibuat – buat data dan faktanya karena berdasarkan data dan fakta yang memang benar nyatanya (valid).

Penjelasan diatas merupakan ciri – ciri yang wajib anda ketahui, Jika suatu saat anda menemukan ciri – ciri diatas, itu merupakan teks eksposisi dan anda dapat membedakan teks eksposisi dengan teks yang lainnya secara jelas. 

Jenis – Jenis

Jika sebelumnya telah membahas ciri – ciri nya, maka sekarang ialah jenis – jenis yang ada dalam teks ini, berikut penjabarannya :

  1. Teks Eksposisi Definisi
    Pada jenis ini hanya memuat suatu pengertian ataupun definisi -definisi secara mendalam dengan suatu topik yang akan dibahas. Jenis teks ini sadar ataupun tidak sadar anda sering menjumpainya, karena sangat banyak teks-teks jenis ini.

  2. Teks Eksposisi Pengerjaan
    Teks jenis ini memuat langkah – langkah (tata cara) melakukan sesuatu pekerjaan secara urut dan sistematis mulai dari tahap awal sampai tahap akhir pengerjaan.

  3. Teks Eksposisi Gambaran
    Dalam jenis ini memuat tentang berita ataupun topik tertentu dengan menampilkan gambaran yang singkat tetapi jelas. Gambaran yang dimuat harus dapat mewakili maksud yang ingin disampaikan si penulis.

  4. Teks Eksposisi Laporan
    Pada jenis ini memuat laporan suatu hal terkait topik tertentu. Laporan ini bisa didapatkan dari hasil penelitian maupun hasil wawancara pada sumber yang bersangkutan langsung.

  5. Teks Eksposisi Perbandingan
    Dalam jenis ini berisikan suatu topik tertentu tetapi dibandingkan dengan topik lain. Umumnya, kedua topik tersebut harus masih saling mempunyai keterkaitan antara yang satu dengan lainnya.

  6. Teks Eksposisi Pertentangan
    Teks ini berisi suatu topik tertentu tetapi dipertentangkan dengan topik yang lain. Biasanya, teks yang dipertentangkan ini juga masih saling mempunyai keterkaitan.

Itulah beberapa jenisnya yang wajib kamu ketahui. Karena dengan mengetahui hal ini maka anda dapat membedakan jenis dari teks ini.

Struktur Teks Eksposisi

Tahukah anda didalam membuat teks eksposisi terdapat beberapa struktur teksnya. Struktur ini adalah hal terpenting, maka untuk itu simaklah penjabarannya dibawah ini :

  1. Tesis (Pernyataan Pendapat)
    Tesis ini merupakan tahap awal pada teks eksposisi, pada tesis ini terdapat dugaan maupun prediksi dari si penulis. Walaupun tesis ini merupakan dugaan maupun prediksi dari penulis, tapi dugaan ini bukan hal yang tanpa landasan.

    Dugaan atau prediksi ini akan diperkuat melalui berbagai data-data yang valid. Maka bukan hanya sebuah argumentasi tanpa diikuti landasannya. Tesis ini lazimnya berada diawal kalimat, tetapi tidak menutup kemungkinan tesis ini berada diakhir kalimat teksnya.

  2. Argumentasi
    Argumentasi ini umumnya berupa kalimat – kalimat pendukung dari tesis yang sudah dituliskan sebelumnya. Disamping sebagai kalimat pendukung argumentasi ini dapat juga suatu sanggahan yang diberikan.

    Argumentasi yang baik umumnya akan terdapat kedua hal ini, yaitu dapat data yang mendukung dan sanggahan dari tesis yang dituliskan sebelumnya.

  3. Penegasan Ulang
    Bagian ini berupa penguatan pandangan atas fakta – fakta yang telah dijabarkan pada tesis sekaligus agumentasi. Dengan singkat, ialah suatu bagian simpulan dari topik yang telah dibahas pada tesis yang diajukan maupun dalam argumentasi yang telah dipaparkan.

Nah itulah struktur dalam teks ini, jadi jika anda ingin membuat teks ini harus ada tesis, argumentasi, dan yang paling akhir ialah penegasan ulang.

Contoh Teks Eksposisi

Diskriminalisasi Terhadap Perempuan

Tesis (Pendapat) :

Perempuan begitu rentan menjadi sasaran objek dalam kejahatan. Menurut data yang dirilis, Indonesia termasuk salah satu negara yang sangat tidak aman terhadap kaum hawa ini. Hampir rata – rata tiap hari sering adanya laporan kejahatan terhadap kaum hawa di Indonesia. Bahkan, terdapat beberapa kasus yang lumayan langka, yaitu seperti pelaku berasal dari keluarga korban itu sendiri. Kasus – kasus yang terjadi ini mengundang masukan bahkan pendapat dari para pakar sosial terkait suatu kesalahan struktur yang ada dimasyarakat Indonesia.

Argumentasi (Isi) :

Meskipun Negara kita secara tegas menerapkan undang – undang yang menjerat para pelaku tindakan kriminal, akan tetapi penerapan hukuman tersebut dinilai belum dapat membuat para pelaku sadar akan jera. Sebagian pendapat dari pakar sosial memberikan kesimpulan jika adanya stereotype yang terjadi di masyarakat yang menimbulkan meningkatnya tindakan kriminal pada perempuan. Negara kita Indonesia, dalam konstruksi sosialnya menganut patriaki artinya kedudukan lelaki dinilai lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Pemerintah nyatanya sudah menerapkan berbagai upaya dan pencegahan tindakan kriminal ini seperti sosialisasi pemberdayaan perempuan, menyediakan gerbong kereta khusus perempuan, mengutamakan kebutuhan perempuan di tempat umum dan sebagainya. Namun masih saja terdapat beberapa oknum yang melanggar peraturan ini.

Penegasan Ulang (Simpulan) :

Lantaran sistem sosial patriaki sudah turun temurun dan berlangsung lama di Indonesia, mau tidak mau perempuan diwajibkan mentaati seluruh aturan sosial yang mana sering terjadinya diskriminasi gender. Selain itu sistem ini juga mengarahkan perempuan agar selalu patuh ataupun takut kepada pria. Sehingga jika ada perempuan yang melawan, tetap saja sebagian masyarakat merasa perlawanan ini tidak seharusnya dilakukan oleh kaum hawa yang sudah dinilai dibenak memiliki watak lemah lembut dan taat.

 

Apa yang dimaksud teks eksposisi ?

Teks Eksposisi adalah suatu tulisan yang isinya tersirat fakta dan informasi dalam berupaya untuk memperjelas suatu keadaan tersebut.

Apa tujuan adanya teks eksposisi ?

Untuk mendapatkan suatu informasi terhadap suatu berita ataupun pembahasan yang sesuai fakta dan nyata adanya.

Sebutkan tahapan dalam membuat teks eksposisi !

Tahap tesis, tahap argumentasi, dan yang terakhir tahap penegasan ulang atau simpulan.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :