Rumus Tegangan Listrik dan Contoh Soalnya Lengkap

advertisements

Rumus Tegangan Listrik – Setelah membahas tentang Rumus Daya Listrik, maka sekarang tiba saatnya Penulis untuk membahas secara lebih detail tentang Cara Menghitung Tegangan Listrik dalam Pelajaran Fisika karena tidak bisa dipungkiri bahwa Tegangan Listrik juga sering muncul di Soal – Soal Ujian Mata Pelajaran Fisika, baik di Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN). Oleh karena itu sudah sangat baik sekali bagi kalian Para Pembaca Pelajar di Indonesia untuk mulai mempelajari dan memahami tentang Tegangan Listrik ini, agar kalian bisa mengerjakan Soal – Soal Fisika tentang Tegangan Listrik secara baik dan benar.

Langsung saja didalam Pengertian Tegangan Listrik Menurut Wikipedia Indonesia adalah perbedaan Potensial Listrik antara 2 titik didalam Rangkaian Listrik dan Tegangan Listrik ini dinyatakan dengan satuan Volt. Besaran Tegangan Listrik ini dapat mengukur Energi Potensial dari sebuah Medan Listrik yang dapat mengakibatkan adanya Aliran Listrik didalam sebuah Konduktor Listrik, dan hal ini tergantung pada perbedaan potensial listriknya. Secara sederhana artian Tegangan Listrik ini dpt menyebabkan Objek Bermuatan Listrik Negatif tertarik dari tempat tegangan rendah menuju ke tempat yang bertegangan yang lebih tinggi.

Kemudian Sumber Tegangan Listrik berasal dari berbagai Sumber yg antara lain dari Solar dan Bensin pada Mesin Jenset, dari Air pada PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), dari Uap Air pada PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), dari Angin pada Pembangkit Listrik Kincir Angin, dari Panas Bumi dan Tenaga Nuklir. Adapun salah satu contoh tentang Tegangan Listrik didalam kehidupan sehari – hari seperti ini, ketika kalian menggunakan Lampu dengan besaran yang sama, tetapi yang satu dinyalakan di sebuah Aki berkapasitas sebesar 10 Volt dan dinyalakan pada Aki berkapasitas 20 Volt maka sudah tentu Lampu yang dinyalakan pada sebuah Aki berkapasitas 20 Volt akan lebih terang.

Rumus Tegangan Listrik dan Contoh Soal Lengkap

rumus tegangan listrik dan contoh soalnya

Setelah kalian sudah cukup memahami tentang Tegangan Listrik menurut Wikipedia Indonesia, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Para Pembaca untuk belajar tentang Cara Mencari Tegangan Listrik yang telah dijelaskan dibawah ini. Namun sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa Tegangan Listrik ini dinyatakan didalam Satuan Volt yang diambil dari Seorang Ilmuwan bernama Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta yang telah menemukan Baterai Volta sehingga atas jasa Ilmuwan tersebut maka Tegangan Listrik dipakai dengan Satuan Volt.

advertisements

Rumus Tegangan Listrik Dengan Kuat Arus

Untuk Rumus Mencari Tegangan Listrik jika diketahui Kuat Arus Listrik dan Hambatan Listriknya, bisa kalian lihat dibawah ini :

V = I x R

V adalah Tegangan Listrik dlm Satuan Volt

I adalah Kuat Arus Listrik dlm Satuan Ampere

R adalah Hambatan Listrik dlm Satuan Ohm

Contoh Soal Mencari Tegangan Listrik dengan rumus ini adalah : ” Jika didalam suatu rangkaian Listrik terdapat Hambatan sebesar 4.5 Ohm dengan Arus Listrik yang mengalir sebesar 10 Ampere. Maka berapakah Tegangan Listrik didalam Rangkaian Listrik tersebut ?.

Jawaban :

V = I x R

V = 10 Ampere x 4.5 Ohm

V = 45 Volt

Jadi Tegangan Listrik didalam Rangkaian Listrik tersebut adalah 45 Volt.

Rumus Tegangan Listrik Dengan Daya Listrik

Untuk Rumus Menghitung Tegangan Listrik jika diketahui Daya Listriknya dan bisa kalian lihat rumusnya dibawah ini :

V = P / I

V adalah Tegangan Listrik dlm Satuan Volt

P adalah Daya Listrik dlm Satuan Watt

I adalah Kuat Arus Listrik dlm Satuan Ampere

Contoh Soal Menghitung Tegangan Listrik dengan rumus ini adalah : ” Terdapat Televisi dengan Kuat Arus Listrik sebesar 1.2 Ampere dengan besaran Daya Listriknya sebesar 264 Watt. Maka berapakah Tegangan Listriknya ?

Jawaban :

V = P / I

V = 264 Watt / 1.2 Ampere

V = 220 Volt

Maka Tegangan Listrik yang digunakan di Televisi tersebut sebesar 220 Volt.

Demikianlah pembahasan tentang Rumus Tegangan Listrik dan Contoh Soal Tegangan Listrik yang telah dibahas secara lebih detail, dan semoga saja pembahasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca dan Pelajar dilaman Website Rumus – Rumus ini karena Tegangan Listrik ini sangat penting sekali didalam Ilmu Mata Pelajaran Fisika, seperti halnya tentang Rumus dan Hukum Archimedes. Sebagai tambahan informasi saja bahwa Tegangan Listrik itu sangat berbahaya, jika Tegangan Listrik ini Tinggi sehingga jangan pernah kalian menyentuh Tegangan Listrik Tinggi tanpa ada Isolator karena akan menyebabkan Terbakar, Pinsan bahkan dapat menyebabkan Kematian.

advertisements
Rumus Tegangan Listrik dan Contoh Soalnya Lengkap | rumus rumus | 4.5