Pidato Tentang Kejujuran

Posted on

Pidato Tentang Kejujuran – Kejujuran dalam hidup merupakan hal yang begitu penting. Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak mampu hidup sendiri karena harus berinteraksi atau sosial serta berkumpul bersama orang lain.

Pidato Tentang Kejujuran

Disaat melakukan interaksi inilah terkadang untuk berkata dengan jujur sangatlah sulit pada saat-saat waktu tertentu. Terkadang kita merasa bahwa diri kita ialah orang baik, namun suatu ketika jika untuk menutupi sesuatu dapat berkata yang tidak benar.

Jika sudah mulai berbohong sekali, kita cenderung akan mengulanginya kembali untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya kita ciptakan. Untuk itu marilah kita simak beberapa contoh pidato tentang kejujuran dibawah ini :

Contoh Pidato Tentang Kejujuran

Contoh 1

Bismillahirrahmanirrohim

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Alhamdulillahi rabbil alamin wassolatu wassalamu’ala rosulilahi waala alihi wasohbihi wamawalah ashadu allailaha ilallah waashadu anna muhammadarosulullah, robbisyrohli sodri wayasirli amri wahlul uqdatammilliisani yafqohu qauli. Amma ba’du.

Yang terhormat Bapak dan Ibu guru, Dewan Juri , Panitia serta teman-teman yang saya sayangi.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas berkah dan karunia-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat lahir dan batin. Sholawat serta salam semoga Allah limpahkan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW, Nabi akhir zaman yang telah memberikan pencerahan serta arahan kepada umat manusia hingga akhir zaman.

Teman sekalian yang saya banggakan,

Pada kesempatan mulia ini izinkan saya menyampaikan pidato yang bertema “Kejujuran merupakan segalanya”

Jujur berarti tidaklah curang, tidak berbohong. Jadi jujur adalah tidak berbohong baik berbentuk ucapan ataupun suatu perbuatan. Dengan kejujuran kita dapat dipercaya sekaligu dihormati orang lain. Sekali saja kita telah membohongi orang lain, maka kepercayaan orang lain kepada kita akan terus berkurang  bahkan hilang. Orang yang memiliki sifat jujur begitu bermanfaat sekali untuk dirinya ataupun juga orang lain.

Berikut beberapa manfaat jujur bagi diri sendiri :

  • Semakin percaya diri artinya dapat dihargai oleh orang lain karena selalu berkata dengan jujur.
  • Banyak kawan artinya kita bergaul kepada teman namun tidak pernah berbohong serta selalu membantu teman yang membutuhkan.
  • Merasa tenang artinya hidup akan jauh lebih bahagia.
  • Semakin semangat belajar.

Teman sekalian yang berbahagia,

Kejujuran adalah tiang agama, sendi akhlak dan hal utama rasa kemanusiaan. Tanpa kejujuran, agama tidak lengkap, akhlak tidak sempurna, dan seorang manusia tidak sempurna menjadi manusia seutuhnya. Disinilah pentingnya akan kejujuran bagi kehidupan.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf dan kepada Allah SWT saya mohon ampun.

Wabillahi Taufik Wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh 2

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalumalaikum wr, wb.

Para hadirin sekalian yang dihormati,

Puji syukur kepada Tuhan Pemilik Semesta Alam yang telah mempertemukan kita di ruangan pagi ini yang indah. Di pagi hari ini, saya memohon izin kepada para hadirin disini untuk menyampaikan suatu pidato singkat mengenai kejujuran sebagai temanya.

Para hadirin sekalian yang dihormati,

Di zaman yang selalu semakin maju ini, seakan malah nilai-nilai moral masyarakat yang semakin hari semakin tertinggal atau menurun saja. Salah satu nilai moral yang menurun dan malah menjadi langka ialah bentuk kejujuran. Sedikit sekali kita dapat menemukan orang yang berucap ataupun bertindak jujur di zaman yang disebut ‘kekinian’ ini.

Hal ini pun menimbulkan banyaknya tindakan kejahatan yang disebabkan karena semakin pudarnya salah satu nilai moral kejujuran ini. Bentuk kejahatan – kejahatan tersebut dapat berupa : penipuan, pemalsuan, hingga tindakan pidana korupsi.

Walaupun mustahil kita dapat menghilangkan tindakan kejahatan tersebut, namun sebaiknya kita dapat kembali menumbuh suburkan nilai kejujuran di masyarakat, terlebih dahulu dapat dimulai dari diri sendiri. Adapun nilai-nilai kejujuran yang dapat kita lakukan yaitu dengan bertutur kata jujur, tidak mengambil barang temuan namun memilih menyerahkan barang tersebut ke pihak yang berwajib atau berwenang, tidak menyontek, tidak menggunakan uang kelas, iuran ataupun bentuk lainnya untuk berfoya-foya, menyelesaikan PR dengan usaha sendiri, dan hal – hal lainnya.

Jika kita dapat menunaikan perbuatan – perbuatan tersebut, maka kita pun dapat merasakan banyak dampak positif dari nilai kejujuran ini. Dampak positif dari pengamalan nilai kejujuran sendiri yaitu : akan mendapatkan berlipat pahala dan ridho dari-Nya, mendatangkan ketentraman hati, membuat simpati orang lain, dan mendatangkan suatu kebahagiaan karena tidak perlu menyembunyikan sesuatu yang dapat membebani diri sendiri ini.

Maka darinya, kita harus dapat mengamalkan nilai – nilai kejujuran semaksimal atau semampu kita walaupun hal itu sulit dilaksanakan, karena semakin zaman semakin tak karuan. Disamping untuk memelihara nilai kejujuran, namun mengamalkan nilai kejujuran juga akan mendatangkan sejumlah manfaat bagi diri kita sendiri, bahkan juga orang lain.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan pada pagi hari ini. Semoga bermanfaat dan mampu dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan suatu kerendahan hati, saya meminta maaf jika ada kekurangan dan kepada Allah SWT saya memohon ampun.

Saya ucapkan terimakasih atas waktu dan perhatiannya

wassalamualaikum wr, wb.

 

Apa yang dimaksud pidato ?

Pidato merupakan sebuah kegiatan berbicara didepan umum atau berorasi untuk menyatakan suatu pendapat tentang hal – hal yang menjadi tema tersebut

Apa yang dimaksud kejujuran ?

Kejujuran adalah mengatakan atau menyatakan kepada seseorang mengenai suatu hal dengan benar, nyata sesuai informasi yang didapatkan tanpa menyembunyikan suatu hal.

Sebutkan unsur – unsur pidato !

Salam pembuka
Sapaan
Puji syukur
Isi pidato
Penutup pidato
Salam penutup

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca juga artikel lainnya :

Related posts: