1 Kg Berapa Gram ? Kilogram Ke Gram

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tentang jawaban darin pertanyan 1 kg berapa gram. Untuk membahas satuan kilogram ke gram disini akan dijabarkan terlebih dahulu tentang satuan kilogram dan contoh soal konversi kg ke gram.

Ada beberapa macam benda yang bisa dengan mudah dihitung untuk menyatakan jumlah misalnya bola, rumah, meja, mobil dan lain sebagainya. dikarenakan ukurannya yang besar, benda tersebut bisa dengan mudah dihitung. Benda-benda yang memiliki ukuran terlalu kecil untuk bisa dihitung satu persatu atau benda cair biasanya dinyatakan pada satuan berat atau volume.

Kuantitas ataupun banyaknya benda-benda yang berukuran kecil dan benda cair seringkali dinyatakan pada satuan berat. Bahkan beberapa benda yang dulu lebih populer dinyatakan dalam satuan volume, sekarag biasa dinyatakan dalam satuan berat misalnya beras, cat, minyak goreng dan lain sebagainya.

Banyak yang setuju bahwasanya satuan berat yang populer dan paling banyak dipakai sehari-hari ialah satuan kilogram dan gram. Bagaimanakah hubungan atara satuan berat kilogram dan gram? Berikut ini akan dijelaskan mengenai konversi satuan berat dari kilogram ke gram beserta beberapa contoh dan cara mengubah satuan dari kilogram ke gram

1 kg 1000 gram
1 kg 1000 gram

1 Kg Berapa Gram

1 Kg = 1.000 Gram

Perlu di ketahui bahwa 1 kilogram sama dengan 1.000 gram. agar mempermudah mengingat antara kedua satuan ini, ketahui bahwa “kilo” memiliki arti “ribu”. 1 kilogram artinya 1 ribu gram. kita juga sering mendengar bahwa awalan “kilo” pada beberapa satuan lainnya misalnya kilometer (1 kilometer = 1.000 meter), kiloliter (1 kiloliter = 1.000 liter, kilowatt (1 kilowatt = 1.000 watt), dan lain sebagainya.

Contoh Konversi Satuan kilogram ke gram

Berikut ini beberapa cara mengubah satuan berat dari kilogram ke gram yang mungkin bisa membantu pemahaman tentang kedua satuan berat ini

Contoh Soal 1
Soal: Satu karung jagung memiliki berat 5 kg. Berapa berat jagung pada karung tersebut kedalam gram?
Jawaban :
Berat jagung = 5 kg = 5 x 1.000 g = 5.000 g
Jadi berat jagung pada karung itu dalam gram ialah 5,000 gram

Contoh Soal 2
Soal: Sebuah sabun mandi batangan memiliki berat 0,15 kilogram. Hitunglah berat sabun mandi itu dalam gram!
Jawaban :
Berat sabun mandi = 0,15 kilogram = 0,15 x 1.000 g = 150 gram
maka berat sabun mandi itu dalam gram ialah 150 gram

Contoh Soal 3
Soal: Satu kemasan kacang panjang memiliki berat 1,2 kg. Kacang panjang itu akan dibagi rata ke dalam 4 kantong plastik. Berapa gram berat isi masing-masing kantong plastik tersebut ?
Jawaban :
Berat kacang panjang pada kemasan = 1,2 kg = 1,2 x 1.000 g = 1.200 gram
Jumlah kantong plastik 4
Berat isi masing-masing kantong = (1.2000 g) / (4) = 300 g
maka berat isi masing-masing kantong plastik ialah 300 gram

Contoh Soal 4
Soal: Sebuah toples berisi 1 kg kopi. Sebanyak 300 gram diambil untuk menyediakan tamu. Berapa gram sisa kopi di dalam toples tersebut?
Jawaban :
Banyaknya kopi dalam toples = 1 kg = 1 x 1.000 g = 1.000 g
Sisa kopi = banyaknya kopi semula dikurangi untuk menyediakan tamu
Sisa kopi = 1.000 gram – 300 gram = 700 gram
Jadi sisa gula dalam toples adalah 700 gram

Penulisan Satuan Berat dalam Sistem Internasional (SI)

Satuan berat pada sistem internasional (SI) didasari pada satuan berat standar “ gram ”. Semua satuan lainnya diturunkan pada satuan gram ini. Penulisan satuan gram yang benar untuk menyatakan berat benda ialah “ gram ”, semua huruf ditulis menggunakan huruf kecil. namun jika satuan gram disingkat dan singkatannnya hanya satu huruf yaitu huruf “g”, itupun ditulis dengan huruf kecil. Untuk satuan berat lainnya yang berbasis gram maka bisa ditambah dengan awalan (prefiks) yang sesuai misalnya kilogram (kg), hectogram (hg), decagram (dag), dan lain sebagainya.

Artikel terkait :


Baca Juga :