Akar Pangkat 2

Posted on

Cara Mencari Akar Pangkat 2 (Kuadrat) – Dalam artikel kali ini, kami akan mencoba untuk menghitung secara manual akar kuadrat atau akar pangkat 2, yang sederhana, cepat, dan lengkap dengan perhitungan manual menggunakan rumus dan rumus akar di Excel.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghitung akar kuadrat dari angka. Dari sekian banyak pilihan ini, kita harus memilih mana yang paling cocok dan cocok untuk kita atau anak-anak kita.

Di sini kita akan memeriksa bagaimana membuat akar pangkat 2 lebih mudah dan lebih cepat untuk dipelajari. Anak usia dini, berusia 4 atau 5 tahun, dapat menghitung ini dengan menggunakan rumus akar kuadrat di Excel.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang menemukan akar kuadrat, Anda tahu bahwa rumus akar kuadrat adalah salah satu perhitungan dasar yang diajarkan oleh kelas dasar, menengah, dan atas.

Jadi tidak salah jika pertanyaan akar kuadrat juga ditemukan dalam ujian akhir nasional (UAN), SNMPTN, SPMB dan ujian masuk lainnya di universitas negeri atau swasta.

Oleh karena itu, menemukan akar dari Peringkat 2 adalah salah satu bahan penting yang perlu diketahui dan dikuasai siswa.

Jika kita bertanya, berapakah akar kuadrat dari bilangan 4, 9, 16, 25 dan 36? Tentu saja, jawabannya diketahui, yaitu 2, 3, 4, 5 dan 6.

Tetapi bagaimana jika akar kuadrat ketika soalnya adalah 746? Jelas, kita harus menemukan akar kuadrat dari angka – angka tersebut secara manual.

Cara Menghitung Akar Pangkat 2

akar pangkat 2

Ada dua teknik untuk menemukan akar kuadrat secara manual yang dapat dieksekusi.

Metode pertama adalah percobaan dan kesalahan dan metode kedua menggunakan perhitungan hasil akar kuadrat menggunakan rumus akar Excel. Mari kita coba hitung akar pangkat 2 atau kuadrat di Excel 2018 di bawah ini.

Misalnya, untuk menemukan masalah dengan menemukan akar kuadrat, cari akar dari 361 untuk jawaban atas diskusi perhitungan akar 361, dan Anda dapat melihat laporan lengkap di bawah ini.

contoh akar pangkat 2

Gambar di atas menunjukkan penjelasan langkah – langkah untuk menemukan akar kuadrat dari angka :

  1. Tulis bilangan 361 dan pisahkan seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  2. Angka hitam kecil 2 ini dipatenkan (diperbaiki) dan tidak dapat diubah.
  3. Perhatikan angka 3 pada pemenggalan kepala 361.
  4. Apa bilangan bulat positif yang, jika kuadrat, mendekati 3 (mungkin tidak lebih besar)? Tentu saja, angka yang dimaksud adalah 1. Tulis dengan warna biru di atas (ini adalah hasil sementara).
  5. Seperti di pembagian, 3 kurang 1 sama dengan 2. Kemudian kurangi 61. Maka, hasilnya 261.
  6. 2 warna merah dihasilkan dari penggandaan hasil sementara dengan angka hitam kecil 2.
  7. “dua puluh kali berapa dan dikali berapa??” hasilnya mendekati 261. (“berapa kali” harus sama di sini, itu harus paling dekat dengan 261. tidak melebihi) Langkah ini dapat digunakan dengan mencoba-coba.
  8. Tentu saja kita akhirnya mendapatkan angka 9 (biru). Karena 29 kali 9 = 261.
  9. Tulis diatas yang berwarna biru.
  10. Karena hasilnya sudah 0, maka perhitungan ini selesai.

Hasilnya adalah 19.

Apakah perhitungannya sangat sederhana dan tidak mencari nilai akar kuadrat 2 dari angka yang diberikan? Selain pengetahuan matematika Anda, kami sekarang menjelaskan rumus atau fungsi berikut untuk menemukan akar pangkat 2 menggunakan Microsoft Excel.

Cara Menghitung Akar Pangkat 2 di Excel

Rumus Akar di Excel

Untuk menemukan akar rumus atau fungsi, number =SQRT(Number). Catatan : Number adalah angka yang akan kita cari atau sel tempat nilai yang Anda cari kuadratnya.

Contoh :
Akar 10, ditulis dalam Excel dengan rumus =SQRT(10).

Rumus Pangkat di Excel

Untuk menghitung peringkat suatu nilai atau angka, kita tidak perlu khawatir. Gunakan rumus untuk menemukan nilai di Excel yang menurut Anda paling sederhana dari dua rumus berikut :

Rumus Rungsi POWER =POWER(Number,Power)

Keterangan :

Number = Bilangan / angka yang akan kita pangkatkan.
Power = Nilai pangkat.

Rumus “^” (perhatikan setiap keyboard diangka 6). Sintaks =Number^Power.

Misalnya, tulis 10 pangkat 2 di Excel yang dapat Anda jalankan dengan rumus =10^2.

Ini adalah ulasan kami tentang akar kuadrat atau akar pangkat 2 disertai dengan contoh akar kuadrat dan rumus fungsi akar kuadrat di Excel 2018, yang dapat kita bahas kali ini.

Saya harap apa yang telah kita pelajari dalam artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga :

Related posts: