Jelaskan Perbedaan GDP, GNP, NNP, NNI, PI Dan DI

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Jelaskan Perbedaan GDP, GNP, NNP, NNI, PI Dan DI ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

jelaskan perbedaan gdp gnp nnp nni pi dan di

Jelaskan Perbedaan GDP, GNP, NNP, NNI, PI Dan DI

Jawaban :

Perbedaan GDP, GNP, NNP, NNI, PI serta DI sudah terlihat berdasarkan pengertian masing – masingnya, berikut penjelasannya ialah :

1. GNP (Gross National Product)

GNP atau Produk Nasional Bruto merupakan nilai pasar seluruh produk dan jasa dimana dihasilkan dalam jangka waktu satu tahun dengan tenaga kerja serta properti yang disediakan oleh warga negaranya

2. GDP (Gross Domestic Product)

GDP atau Produk Domestik Bruto pada bidang ekonomi ialah nilai pasar seluruh barang serta jasa dimana diproduksi oleh suatu negara dalam jangka atau periode tertentu

3. NNP (Net National Product)

NNP atau Produk Nasional Neto merupakan suatu nilai dimana dihitung berdasarkan nilai atas GNP setelah dikurangi terhadap penyusutan modal itu sendiri terhadap proses produksi.

4. NNI (Net National Income)

NNI atau Pendapatan Nasional Neto merupakan suatu pendapatan dimana dihitung berdasarkan besar nilai berdasarkan seluruh nilai (jumlah) balas jasa yang diterima oleh warga negara sebagai pemilik faktor produksi.

5. DI (Disposable Income)

DI atau pendapatan yang siap untuk dibelanjakan ialah suatu pendapatan yang dipersiapkan dimana bermanfaat untuk membelanjakan barang atau jasa dan juga tabungan yang dapat disalurkan menjadi investasi. Namun, besarnya nilai DI perlu untuk dikurangi dengan pajak langsung dimana beban pajak tersebut tidak dapat dialihkan pada pihak lain.

6. PI (Personal Income)

PI atau pendapatan perseorangann merupakan seluruh penerimaan dimana di terima oleh tiap – tiap orang. Namun, besarnya nilai PI sebelumnya wajib dikurangkan terhadap laba yang ditahan, iuran asuransi, iuran jamsos (jaminan sosial) atau jaminan lainnya serta juga ditambah pembayaran pindahan (transfer) atau transfer payment.

Berdasarkan penjelasan diatas, berikut rumus dari masing – masing ialah :

  1. GNP = GDP + Pendapatan neto terhadap luar negeri
  2. GDP = Pendapatan WNI di dalam negeri + Pendapatan WNA di dalam negeri
  3. NNP = GNP – (penyusutan + barang pengganti modal)
  4. NNI = NNP – pajak tidak langsung + subsidi
  5. DI = PI – Pajak penghasilan
  6. PI = NNI + transfer payment – (laba ditahan + iuran asuransi + iuran jaminan sosial + pajak perseroan)

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Apa Yang Dimaksud Dataran Tinggi di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Related posts: