Pengertian Asam Lemak, Jenis – jenis, Dan Rumus Asam Lemak

Posted on

Rumusrumus.com pada pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian asam lemak beserta sifat – sifatnya dan jenis – jenisnya, meliputi pengertian asam lemak  dan juga jenis-jenis asam lemak beserta contohnya

Pengertian Asam Lemak

Di dalam kimia, terutama pada biokimia, suatu asam lemak ialah asam karboksilat dengan rantai alifatik panjang, baik jenuh maupun tak jenuh. Hampir semua jenis asam lemak yang alami memiliki rantai tak bercabang dengan jumlah atom karbon genap, mulai dari empat sampai dua puluh delapan . Asam lemak pada umumnya diturunkan dari trigliserida atau pun fosfolipida. Asam lemak ialah sumber nutrisi bahan bakar penting untuk hewan karena, ketika dimetabolisme, meraka menghasilkan ATP pada jumlah yang banyak. Banyak jenis sel yang bisa menggunakan glukosa atau asam lemak untuk kebutuhan ini. Asam lemak berantai panjang tidak bisa melintasi penghalang darah otak dan sehingga tidak dapat digunakan menjadi bahan bakar oleh sel sistem saraf pusat. akan tetappi, asam lemak rantai pendek bebas dan asam lemak rantai sedang dapat melintasi BBB, selain glukosa dan badan ketona.

penggambaran 3D beberapa asam lemak
penggambaran 3D beberapa asam lemak

 

Jenis-Jenis Asam Lemak

Asam lemak mempunyai ikatan rangkap karbon–karbon yang juga dikenal sebagai tak jenuh.sedangkan Asam lemak tanpa ikatan rangkap dikenal sebagai asam lemak jenuh. Mereka juga memiliki beda panjang.
Panjang rantai asam lemak ialah bebas

Rantai asam lemak berbeda-beda panjangnya, seringkali dikategorikan sebagai pendek sampai sangat panjang.

  • Asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid, SCFA), ialah asam lemak dengan ekor alifatik yang memiliki jumlah karbon lima atau kurang (misalnya, asam butirat)
  • Asam lemak rantai sedang (medium-chain fatty acid, MCFA), ialah asam lemak dengan ekor alifatik yang mempunyai jumlah karbon 6 sampai 12, yang bisa membentuk trigliserida rantai sedang.
  • Asam lemak rantai panjang (long-chain fatty acid, LCFA), ialah asam lemak dengan ekor alifatik 13 sampai 20 karbon.
  • Asam lemak rantai sangat panjang (very long chain fatty acid, VLCFA) ialah asam lemak dengan ekor alifatik sama dengan 22 karbon atau lebih.

Asam lemak tak jenuh

Asam lemak tak jenuh mempunyai satu ataupun lebih ikatan rangkap antar atom karbon. (Pasangan atom karbon yang terhubung melalui ikatan rangkap dapat dijenuhkan pada adisi atom hidrogen, merubah ikatan rangkap jadi ikatan tunggal. Oleh karena itu, ikatan rangkap disebut tak jenuh.)

Dua atom karbon didalam rantai yang terikat disebelah ikatan rangkap dapat membentuk konfigurasi cis atau trans.

contoh asam lemak tak jenuh
contoh asam lemak tak jenuh

 

Asam lemak jenuh

Asam lemak jenuh tidak memppunyai ikatan rangkap. Oleh karena itu, asam lemak jenuh ialah asam lemak yang jenuh dengan hidrogen (karena ikatan rangkap mengurangi jumlah hidrogen pada masing-masing karbon tersebut). Masing-masing karbon dalam rantai memiliki dua atom hidrogen (terkecuali karbon omega di ujung yang mempunyai tiga hidrogen), karena asam lemak jenuh hanya mempunyai ikatan tunggal.

contoh asam lemak jenuh
contoh asam lemak jenuh

 

Asam lemak esensial

Asam lemak yang dibutuhkan pada tubuh manusia akan tetapi tidak bisa dibuat dalam jumlah yang mencukupi dari substrat lain, dan oleh karenanya harus diperoleh dari luar tubuh, disebut asam lemak esensial. ada dua kelompok asam lemak esensial:yang pertama yaitu, yang memiliki ikatan rangkap berjarak tiga atom karbon dari ujung metil; dan yang kedua, yang mempunyai ikatan rangkap berjarak enam atom karbon dari ujung metil.

Manusia tidak mempunyai kemampuan untuk mengintroduksi ikatan rangkap pada asam lemak di luar karbon 9 dan 10, dihitung dari sisi asam karboksilat. Dua asam lemak esensial ialah asam linoleat atau sering disebut linoleic acid dan asam alfa-linolenat yang sering di sebut alpha-linolenic acid. Mereka banyak terdapat di dalam minyak tumbuhan. Tubuh manusia mempunyai keterbatasan kemampuan di dalam mengubah ALA menjadi asam lemak omega-3 yang lebih panjang — asam eikosapentaenoat (eicosapentaenoic acid, EPA) dan asam dokosaheksaenoat (docosahexaenoic acid, DHA), yang dapat pula diperoleh dari ikan.

Baca Juga :


Baca Juga :