Contoh Judul Penelitian Kualitatif

Posted on

Contoh Judul Penelitian Kualitatif – Yang disajikan dalam makalah ini adalah contoh judul penelitian yang telah diuji dan dipublikasikan sebelumnya.

Beberapa judul telah dipilih dan disarankan di sini hanya sebagai bahan pengajaran untuk menghasilkan judul penelitian kualitatif yang baik dengan menggunakan contoh nyata.

Pembaca dapat terinspirasi oleh contoh – contoh judul penelitian kualitatif yang sudah tersedia di berbagai perpustakaan online.

Jenis penelitian kualitatif ini biasanya memiliki judul yang aneh, setidaknya dibandingkan dengan sebagian besar judul penelitian kuantitatif.

Bahkan, kami tidak dapat membenarkan kualitas hasil penelitian berdasarkan judul. Judul penelitian yang baik selalu sederhana dan mewakili substansi dari hasil penelitian yang dilakukan.

Contoh judul penelitian kualitatif yang ditampilkan di sini cukup sederhana, mudah dimengerti dan cukup unik.

Perlu diingat juga, bahwa judul-judul berikut berasal dari database perpustakaan online yang dapat diakses publik dari universitas negeri. Karena semua telah diterbitkan, itu sudah cukup untuk digunakan sebagai bahan untuk memicu inspirasi.

Saya mengubah beberapa judul untuk mempermudah membaca. Beberapa yang lain tetap seperti seharusnya. Nama penulis sengaja disembunyikan karena digunakan di sini sebagai bahan pengajaran.

Contoh judul penelitian kualitatif jelas sangat beragam dan beragam, baik dari segi struktur ayah dan gaya naratif.Daftar contoh judul penelitian kualitatif berikut ini mencakup judul penelitian di berbagai bidang ilmu sosial.

Dalam banyak kontribusi lain, saya sering mengatakan bahwa judul sebuah karya lebih seperti seni daripada karya akademis. Proses tersebut membutuhkan imajinasi dan improvisasi yang berani dari pihak peneliti.

Gagasan untuk membuat judul yang unik tentu tidak lahir dalam semalam. Dalam pengalaman saya, ide itu muncul setelah “ribuan” percobaan dan kegagalan.

Contoh Judul Penelitian Kualitatif

contoh judul penelitian kualitatif

Modal sosial di Komunitas Santai Yogyakarta

Slacktivism dan Gerakan Sosial Digital (Investigasi Keterlibatan Digital dalam Menandatangani Petisi Online Change.org)

Membangun Identitas Desa Digital (Penyelidikan Pembentukan Identitas Baru Komunitas Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta)

Pusat Telecentric Untuk Meningkatkan Informasi Masyarakat (Studi di Desa Muneng, Kabupaten Pilangkenceng, Kabupaten Madiun)

Pemahaman Baru tentang Pembajakan Digital dalam Budaya Fotokopi (Praktik Budaya dan Efek Menyalin Video di Warnet di Yogyakarta)

Habiburrahman El Shirazy di Sastra dan Power Arena Indonesia

Antara Moralitas dan Rasionalitas : strategi perdagangan di pasar organik Milas

Tahta Pedang Inggris : Kerajaan Inggris di Zaman Demokratisasi Global

Menguraikan Kekuatan Budaya : Domain yang berakar dari Nahdlatul Ulama dalam Demokratisasi Banyumas

Akulturasi Pengobatan : Integrasi Budaya Islam dan budaya Jawa ke dalam sistem medis komunitas Giriloyo

Desa Seks : Pelacuran di Pasar Bunga Sebagai Subkultur Seksual

Lha Biasane Ora Papa, Koq Iki Juga hamil (biasanya baik-baik saja, kok jadi hamil) : Seksualitas di kalangan remaja dalam krisis Akulturasi di masyarakat dan di sekolah

Pentingnya lambang akulturasi nilai-nilai budaya Jawa-Cina pada batik Pekalongano

Rewangan, simbol sosial-budaya masyarakat lokal Gunungkidul (penyelidikan tradisi yang berharga dari masyarakat setempat di desa Hargomulyo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Struktur dan budaya pembangkangan komunal: kasus pelarangan kapal Cantrang di perairan Jawa Utara

Identitas pemuda Christian Batak Diaspora: Kekristenan dan kebajikan dalam ideal dan kenyataan di HKBP

Presentasi Multikulturalisme dalam film – film Indonesia (Analisis Semi Cheng terhadap film pendek Cheng Cheng Po)

Gaya Hidup Penggemar Vespa Gembel sebagai Subkultur (Studi Kasus di Bangkalan, Madura)

Kebijakan budaya Kh. Abdurrahman Wahid dalam demokratisasi

Dari contoh – contoh sebelumnya kita dapat melihat bahwa beberapa judul penelitian jatuh ke bidang studi antropologis, yang lain adalah sastra.

Ada juga bidang Tanah, Politik dan Agama. Semua ini adalah contoh judul penelitian kualitatif di bidang ilmu sosial.

Dalam penelitian kualitatif, metode untuk menganalisis wawancara, observasi atau pidato biasanya digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data.

Fokus penelitian kualitatif umumnya berkaitan secara rinci dengan “makna” dari suatu peristiwa atau fenomena.

Proses mengekspresikan “makna” tidak hanya membutuhkan data empiris tetapi juga abstraksi teoretis yang dilakukan oleh para peneliti.

Akibatnya, judul penelitian kualitatif sering merupakan hasil refleksi menyeluruh oleh penulis atau peneliti.

Oleh karena itu, momen refleksi diperlukan untuk membuat judul penelitian kualitatif yang sederhana, unik dan substansial.

Baca Juga :

Related posts: