Contoh Senyawa Ion Beserta Namanya

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tentang senyawa ion , meliputi contoh-contoh nama senyawa ion beserta pengertian lengkap dari nama-nama senyawa ion tersebut

Pengertian Senyawa Ion

Senyawa ion adalah senyawa yang terbentuk dari ikatan ionik yang terjadi antara dua unsur atau lebih. Pada umumnya, senyawa ionik merupakan gabungan antara unsur logam dan unsur nonlogam yang memiilki perbedaan keelektronegatifan yang tinggi

Pada intinya , senyawa ion terbentuk dari dua buah unsur yang berikatan dengan cara serah terima elektron, biasanya kedua buah unsur tersebut terdiri dari unsur logam dan unsur non logam. unsur yang menyerahkan elektron adalah unsur logam, namun unsur yang menerima elektron adalah unsur non logam.

penjelasan senyawa ion
penjelasan senyawa ion

Contoh Senyawa Ion

Sebenarnya ada banyak contoh senyawa ionik yang bisa kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari. akan tetapi terkadang kita tidak bisa membedakan jenis senyawa tersebut. Berikut ini adalah Contoh senyawa ion yang sering kita temui

1. garam dapur (NaCI)

Senyawa yang satu ini pasti sudah tak asing lagi di telinga kita, Garam yang tersusun dari unsur Na dan Cl ialah contoh senyawa ion yang hampir setiap hari kita temui. Karakteristik unsur Na merupakan logam dan Cl adalah unsur nonlogam.

Satu elektron dari Natrium akan ditarik oleh Klorida hingga terbentuk gaya tarik elektrostatis antara Na dan Cl yang akhirnya membentuk NaCl. Senyawa ini merupakan contoh bahwasanya dalam reaksi kimia, banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Na dan Cl yang merupakan dua unsur yang begitu sangat beracun dan berbahaya bagi manusia, namun ketika bergabung menjadi senyawa yang sangat bermanfaat, bahkan dibutuhkan sekali oleh manusia.

2. Kalsium Klorida (CaCI2)

Senyawa Kalsium Klorida ini tersusun dari satu atom Kalsium Ca, dan dua atom Klorida Cl. Karakteristik dari unsur kalsium adalah logam namun Cl merupakan unsur non logam.

Penggunaan dari Kalsium Klorida yang paling sering kita jumpai adalah pada kolam renang. Air di kolam renang ditambahkan Kalsium Klorida agar tak bersifat korosif dan merusak struktur logam di kolam tersebut

3. Natrium Florida (NaF)

Senyawa Natrium Florida yang satu ini tersusun dari satu atom Natrium Na dan satu atom Flor, F. Karakteristik dari unsur Natrium adalah logam dan Cl ialah unsur non logam. Kombinasi dari keduanya itu membentuk ikatan ionik NaF.

Penggunaan NaF, Natrium Fluorida yang sering kita temui ialah pada pasta gigi. Senyawa ini dipakai selain untuk memutihkan gigi tetapi juga bisa menguatkan struktur gigi.

4. Kalsium Karbonat (CaCO3)

Senyaya Kalsium Karbonat ini terdiri atas satu atom Kalsium, satu atom Karbon dan tiga atom Oksigen. Karakteristik dari Natrium ini adalah unsur logam sedangkan Karbonat CO3– ialah nonlogam.

Penggunaan Kalsium Karbonat ini sering di jumpai pada pengembang roti, ataupun soda kueh..

5. Kalium Bromida (KBr)

Senyawa Kalium Bromida ini terdiri dari satu atom Kalsium K dan satu atom Bromida Br. Karakteristik dari unsur Kalium ini ialah logam sedangkan Brom merupakan unsur nonlogam sehingga KBr merupakan sampel senyawa ionik.

Penggunaan dari senyawa Kalium Bromida ini biasanya terdapat dalam industri kertas dan fotografi.

Contoh senyawa ion lainnya

  • Asam kuat  : H2SO4 , HClO3 , HClO4 , HNO3
  • Basa kuat       : NaOH , KOH , LiOH , RbOH
  • Garam dari unsur logam : LiCl , KCl , SrBr2  ,  MgCl2

Itulah beberapa contoh dari senyawa ion, semoga bermanfaat

Artikel Terkait :


Baca Juga :