Aliran Yang Tidak Puas Dengan Sistem Kapitalis Disebut Aliran

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Aliran Yang Tidak Puas Dengan Sistem Kapitalis Disebut Aliran ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

aliran yang tidak puas dengan sistem kapitalis disebut aliran

Aliran Yang Tidak Puas Dengan Sistem Kapitalis Disebut Aliran

Pendahuluan :

Sebelum ke inti jawaban atas pertanyaan diatas, ada baiknya kita mengetahui apa itu kapitalis ataupun kapitalisme ?

Kapitalisme atau kapitalis adalah sistem perekonomian yang menekankan peran kapital atau modal, ialah suatu kekayaan dalam segala jenisnya. Hal ini termasuk barang-barang yang digunakan dalam produksi barang lainnya juga(Bagus, 1996).

Ebenstein (1990) menyebutkan kapitalisme sebagai sistem sosial yang menyeluruh, dimana lebih dari sekedar sistem perekonomian. Dimana ia mengaitkan perkembangan kapitalisme sebagai bagian dari sebuah gerakan individualisme. Sedangkan Hayek (1978) memandang kapitalisme sebagai sebuah perwujudan liberalisme terhadap ekonomi.

Menurut Ebenstein (1990) sistem kapitalisme telah berkembang di Inggris pada abad 18 M dan kemudian menyebar luas ke kawasan Eropa Barat laut serta Amerika Utara. Pemikiran ahli yang terkenal ialah Adam Smith, dimana berjudul The Wealth of Nations (1776) yang diakui sebagai tonggak utama kapitalisme klasik yang mengekspresikan sebuah gagasan “laissez faire” terhadap ekonomi. 

Hal ini sangat bertentangan dengan merkantilisme, ialah adanya intervensi pemerintah pada urusan negara. Smith berpendapat jika jalan yang terbaik untuk memperoleh kemakmuran ialah dengan membiarkan individu-individu mengejar kepentingan-kepentingan mereka sendiri dimana tanpa keterlibatan sebuah perusahaan-perusahaan negara (Robert Lerner, 1988).

Pembahasan :

Sosialisme merupakan sebuah ideologi / paham, dimana menghendaki terwujudnya suatu masyarakat yang disusun secara kolektif. Hal ini agar menjadi suatu masyarakat yang bahagia secara menyeluruh atau utuh. Dengan begitu, sosialisme diibaratkan serta menitikberatkan perjuangannya pada kesejahteraan masyarakat negara itu sendiri.

Jadi aliran yang tidak puas dengan sistem kapitalisme ialah aliran sosialis ataupun sosialisme. Dimana salah satu tindak protesnya ialah jika pada abad 21,  kapitalisme dalam industrial pasar bebas sudah gagal di dalam memecahkan masalah yang paling krusial maupun hal penting, seperti : kemiskinan, kelaparan, eksploitasi, penindasan ekonomi, seksisme, rasisme, penghancuran sumber daya alam,  serta lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan artikel di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :

Rate this post
Related posts: