Apa Yang Dimaksud Dengan Dinamika Penduduk

Posted on

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Dinamika Penduduk ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

apa yang dimaksud dengan dinamika penduduk

Apa Yang Dimaksud Dengan Dinamika Penduduk

Jawaban :

Kondisi maupun keadaan penduduk di suatu wilayah tertentu selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, seluruh perkembangan dan perkembangan yang terjadi tersebut dikenal sebagai dinamika penduduk.

Dinamika penduduk merupakan sebuah perubahan keadaan maupun kondisi penduduk, baik itu dalam segi : jumlah, distribusi ataupun komposisinya terhadap suatu wilayah dengan jangka waktu tertentu sehingga dapat mempengaruhi struktur penduduk di wilayah tersebut.

Pembahasan :

Dinamika penduduk tersebut meliputi berbagai aspek-aspek kependudukan ialah kelahiran, kematian, serta perpindahan penduduk.

1. Kelahiran / Natalitas

Kelahiran merupakan suatu kemampuan seseorang dimana untuk melahirkan atau juga disebut sebagai fertilitas.

Faktor pendorong kelahiran ialah menikah usia muda, adanya anggapan banyak anak banyak rezeki, rendahnya tingkat kesehatan, adanya anggapan jika anak merupakan jaminan dimana sebagai hari tua.

Faktor penghambat kelahiran ialah adanya batasan usia pernikahan pasangan muda, adanya program KB, anggapan masyarakat modern mengenai karier ataupun tingginya biaya merawat anak, adanya suatu pembatasan tunjangan anak.

2. Kematian / Mortalitas

Kematian merupakan angka yang memberikan gambaran mengenai jumlah penduduk yang meninggal di dunia pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.

Faktor pendorong kematian ialah tingkat kesehatan yang masih rendah, fasilitas kesehatan yang rendah, tersebarnya wabah penyakit, adanya bencana alam, serta kondisi peperangan.

Faktor penghambat kematian ialah sanitasi lingkungan yang baik, fasilitas kesehatan yang memadai sehingga tingkat kesehatan pun akan ikut meningkat, tingkat pendapatan tinggi atau disebut juga ekonomi baik.

3. Pertumbuhan Penduduk  

Pertumbuhan penduduk merupakan jumlah perubahan penduduk di suatu tempat dalam kurun waktu ke waktu.

4. Proyeksi Penduduk

Proyeksi penduduk merupakan gambaran keadaan penduduk di masa yang akan datang dimana dengan melihat data-data kependudukan dimasa sekarang.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai pertanyaan yang telah dipaparkan di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi semuanya, terlebih khususnya para pembaca artikel ini.

Baca Juga :

Related posts: