Contoh Teks Sejarah

Posted on

Contoh Teks Sejarah – Setelah kita mengetahui masing-masing penjelasan mengenai berbagai teks diartikel sebelumnya. Untuk lebih memahaminya, disini kita akan memberikan beberapa contoh agar anda tidak keliru serta dapat membedakannya terhadap jenis teks yang lainnya. Berikut beberapa contoh teks sejarah pada artikel ini.

contoh teks sejarah

Sejarah Tentang Instagram

1. Orientasi

Instagram merupakan sebuah aplikasi untuk berbagi foto dimana memungkinkan pengguna dapat mengambil foto, menerapkan filter digital. Disamping fungsinya tersebut, instagram dapat membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk si pemilik Instagram sendiri.

Instagram berasa dari kata “insta” atau kata “instan”, seperti kamera polaroid dimana pada masanya dulu lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Kemudian untuk kata “gram” berasal dari sebuah kata “telegram” dimana cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain secara cepat.

2. Urutan Peristiwa

Perusahaan Burbn, Inc. berdiri sejak tahun 2010, perusahaan teknologi startup dimana hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam tersebut.

Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja.

Sesudah satu minggu mereka mencoba untuk membuat suatu ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn. Tetapi di dalamnya masih terdapat beberapa hal yang belum sempurna.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi

Dimana versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang telah dapat digunakan iPhone dimana isinya terlalu banyak disertai fitur-fitur canggihnya.

Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dengan memulai lagi dari awal. Tetapi akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, serta juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto yang telah diupload atau bagikan. Dengan itulah sehingga akhirnya menjadi Instagram.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan jika Instagram akan segera diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dimana dalam bentuk tunai dan saham.

3. Reorientasi

Sekarang banyak anak muda bahkan orang tua yang mempunyai akun instagram dikarenakan semakin populer nya aplikasi ini.

Dengan instagram kita dapat melihat mengenai aktivitas teman-teman kita melalui foto bahkan video yang mereka upload atau bagikan, sungguh begitu menarik bukan.

Sejarah Bandung Lautan Api

1. Orientasi

Pada Maret 1946, dalam waktu 7 jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan.

Setelah Proklamasi Kemerdekan 17 Agustus 1945, Indonesia belum sepenuhnya merdeka. Kemerdekaan itu harus dicapai dengan sedikit demi sedikit melalui perjuangan rakyat yang rela mengobarkan segalanya.

2. Urutan Peristiwa

Ultimatum tersebut supaya Tentara Republik Indonesia (TRI) segera meninggalkan kota dan rakyat, kemudian melahirkan politik “bumihangus”. Rakyat tidak rela jika kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh.

Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung tersebut, diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) dihadapan seluruh kekuatan perjuangan, saat 24 Maret 1946.

Kolonel A.H. Nasution selaku Komandan Divisi memerintahkan rakyat untuk meninggalkan Bandung. Pada hari itu juga, rombongan besar penduduk Bandung mengalir untuk meninggalkan sebuah kota.

Bandung dengan sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Banyak asap hitam mengepul membubung tinggi di udara.

Baca Juga : Contoh Teks Ulasan

Seluruh listrik mati, dengan begitu inggris mulai menyerang sehingga terjadilah sebuah pertempuran sengit. Pertempuran yang paling menengangkan, di mana terdapat pabrik mesiu milik Sekutu. TRI bermaksud untuk menghancurkan gudang tersebut.

Untuk itu diutuslah pemuda bernama Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda itu berhasil meledakan gudang tersebut dengan granat tangan .Gudang besar itu meledak dan terbakar di dalamnya.

Sejak pada saat itu, kurang lebih pada jam 24.00 Bandung Selatan sudah kosong atas penduduk dan TRI. Tetapi api masih membubung membakar kota, dan Bandung berubah menjadi lautan api.

Pembumihangusan tersebut adalah sebuah langkah yang tepat, karena kekuatan TRI serta rakyat tidak akan sanggup melawan pihak musuh dimana berkekuatan yang lebih besar. Selanjutnya TRI bersama dengan rakyat melakukan sebuah perlawanan secara gerilya dari luar kota Bandung.

3. Reorientasi:

Istilah Bandung Lautan Api tersebut, muncul pertama kali dari seorang wartawan bernama Atje Bastaman, dimana ia menyaksikan sebuah pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik pada sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak ia melihat Bandung yang memerah dari Cicadas sampai dengan Cimindi.

Sejarah Tentang Internet

1. Orientasi

Internet merupakan salah satu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA dimana dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), kemudian dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware (Perangkat Keras) dan software (Perangkat Lunak) komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui sebuah saluran telepon dan media lainnya.

Proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) merancang bentuk jaringan, kehandalan, serta seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan kemudian akhirnya semua standar yang mereka sudah tentukan menjadi cikal bakal dalam pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

2. Urutan Peristiwa

Pertama kali ARPANET hanya menghubungkan empat situs yaitu University of CaliforniaSanta BarbaraStanford Research Institute, dan University of Utah, yang mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Tidak lama sesudah itu proyek ini langsung berkembang pesat di seluruh lapisan daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung didalamnya, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Maka karena itulah ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer & “ARPANET” baru namun lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, beberapa universitas.

Gabungan ke-2 jaringan akhirnya dikenal dengan DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet.

3. Reorientasi

Pada saat ini internet sudah menjadi hal yang begitu penting bagi manusia dari berbagai kalangan, seperti contohnya bagi seseorang yang melakukan pendidikan. Yang mana dengan adanya Internet mereka bisa mendapatkan informasi yang tidak ada di perpustakaan sekolah.

Baca Juga : Contoh Teks Negosiasi

Apa yang dimaksud teks sejarah ?

Teks Sejarah adalah sebuah teks dimana isinya menjelaskan atau menceritakan mengenai hal tentang fakta ataupun kejadian masa lalu, yang menjadi asal mula sesuatu sehingga tersirat sebuah nilai sejarah didalamnya.

Bagaimana struktur yang terdapat pada teks sejarah ?

1. Orientasi
2. Urutan Peristiwa
3. Reorientasi

Apa saja jenis yang terdapat pada teks sejarah ?

1. Teks Sejarah Fiksi
2. Teks Sejarah Non Fiksi

Jadi, jika adik adik siswa/i khususnya masih dalam jenjang pendidikan yang masih binggung tentang contoh teks sejarah artikel dan lain lain, Maka makalah teks sejarah ini sudah cukup mewakili jawaban untuk adik adik semua.

Demikianlah pembahasan artikel contoh teks sejarah, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Contoh Teks Sejarah Rating: 5 Diposkan Oleh: Author RumusRumus.com