Excel Uppercase

Posted on

Excel Uppercase – Berbeda dengan Word, Microsoft Excel tidak mempunyai tombol Ubah Huruf untuk mengubah besar atau kecilnya huruf.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan rumus excel uppercase untuk merubah huruf dan juga cara dan contoh nya. Untuk lebih jelasnya sima pembahasan di bawah ini

Kamu bisa menggunakan fungsi Upper, Lower, atau Proper untuk mengubah huruf pada teks menjadi huruf besar, huruf kecil, atau pada pengaturan yang sesuai.

Fungsi hanyalah rumus bawaan yang sudah dirancang untuk menyelesaikan pada tugas tertentu, dan di dalam hal ini, mengonversi besar dan kecilnya huruf dalam teks.

Excel Uppercase

excel uppercase
excel uppercase

Cara Mengubah Besar Kecilnya Huruf

Dalam contoh di bawah ini, fungsi Propper dipakai untuk mengonversi nama huruf besar pada kolom A ke huruf yang tepat, yang hanya mengubah huruf pertama di dalam tiap nama menjadi huruf besar.

Pertama, sisipkan kolom sementara pada sebelah kolom berisi teks yang akan dikonversikan. Di dalam hal ini, kami sudah menambahkan kolom baru (B) di sebelah kanan kolom Nama Pelanggan.

Kosongkan kolom dan memasukkan rumus

Di sel B2, ketik =PROPER(A2), kemudian tekan Enter.

Rumus ini mengonversi nama pada sel A2 dari huruf besar ke huruf yang sesuai. Untuk mengonversi teks ke huruf yag kecil, ketik =LOWER(A2) sebagai gantinya. Gunakan =UPPER(A2) saat perlu mengonversi teks ke huruf besar, dan ganti A2 dengan referensi sel yang sesuai.

Lalu isi rumus pada kolom baru. Cara tercepat melakukannya yatu dengan memilih sel B2, lalu klik ganda persegi hitam kecil yang ada di sudut kanan bawah sel.

Catatan
Jika data ada dalam tabel Excel, kolom terhitung otomatis dibuat dengan nilai yang diisi saat memasukkan rumus.

Nilai kolom baru (B) harus dipilih. Tekan CTRL+C untuk menyalin ke Clipboard.

Klik kanan sel A2, klik Tempel, kemudian klik Nilai. Langkah ini memungkinkan untuk menempelkan nama saja, bukan rumus dasar yang tak perlu disimpan.

Kemudian menghapus kolom (B), karena sudah tidak lagi dibutuhkan

Rumus Lengkap

Rumus untuk melakukan change case, merubah huruf kecil menjadi capital dan sebaliknya lebih lengkap ada di bawah ini

  • LOWER
    Merubah huruf besar atau capital menjadi huruf kecil
  • UPPER
    Merubah huruf kecil menjadi huruf besar
  • PROPER
    Merubah tiap huruf di awal kata menjadi

Sebagai contoh cara menggunakanya yaitu sebagai berikut ,

  • Pada sel A1 tulis “merubah huruf besar”
  • Padas el A2 tulis “MERUBAH HURUF BESAR”
  • Padas el A3 tulis “merubah huruf besar”

Pada sel B1 masukkan rumus yaitu “=upper(A1)”, A1 nya ditunjuk memakai mouse atau ditulis dengan keyboard, kemudian tekan enter.

Maka tulisan berubah menjadi huruf capital semua.Pada sel B2 masukkan rumus yaitu “lower(A2)”, lalu tekan enter.

Maka tulisan menjadi huruf kecil semua.Pada sel B3 masukkan rumus yaitu “proper(A3)” lalu tekan enter, maka setiap huruf awal akan menjadi capital.

Kemudian copy sel B1,B2,B3 paste pada sel A1,A2,A3 dengan paste options pilih values. Sekarang bisa menghapus sel B1,B2,B3. Sedikit rumit tapi dari pada manual lebih baik gunakan rumus ini.

Demikianlah pembahasan kali ini, Semoga bermafaat

Rumus Excel Lainnya :

 

Rate this post
Related posts: