Rumus Vlookup

Posted on

Rumus Vlookup merupakan salah satu fungsi ataupun rumus excel dasar yang umum dibutuhkan. Rumus Excel Vlookup termasuk di dalam kategori lookup & reference ini akan sering di butuhkan ketika mengerjakan tugas-tugas keseharian yang terkait dengan microsoft excel.

Bagaimana cara memakai rumus vlookup pada excel?

Berikut selengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini

Pengertian Vlookup Excel

Sebelum mempelajari tentang cara menggunakan vlookup excel, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu fungsi Vlookup microsoft excel.

Fungsi / Rumus Excel VLOOKUP yaitu salah satu fungsi ms. Excel yang dipakai untuk mencari data pada kolom pertama pada sebuah tabel data, lalu mengambil nilai dari sel manapun di baris sama pada tabel data tersebut.

Dengan rumus Vlookup Microsoft Excel ini kita mampu mengisi data pada sebuah tabel berdasarkan data pada sebuah tabel referensi lain dengan memaka sebuah nilai kunci yang spesifik.

Salah satu contoh pada penggunaan fungsi Vlookup yaitu untuk konversi rentang nilai angka ke huruf pada excel

Awalan huruf “V” didepan pada kata Vlookup adalah singkatan dari kata Vertical. Istilah vertikal merujuk pada bentuk tabel referensi yang dipakai, dimana header maupun judul tabel ada dibagian atas dan field datanya tersusun kebawah atau vertikal.

“Fungsi rumus Vlookup Excel ini ada disemua versi Ms. Excel”

Kebalikan dari Fungsi Vlookup yaitu Fungsi Hlookup. Kedua fungsi ini (Hlookup dan Vlookup) adalah fungsi excel yang spesifik dari Fungsi Lookup yang umum dipakai untuk data vertikal ataupun horisontal.

Rumus Vlookup pada Excel

rumus vlookup
rumus vlookup

Untuk mengetahui fungsi dari Vlookup ini, maka kamu wajib mengetahui syntax Vlookup , Simak rumusnya di bawah ini:

Rumus Vlookup
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Keterangan Rumus

– lookup_value (Wajib diisi) Merupakan suatu nilai yang dipakai untuk mencari data yang diinginkan.

– table_array (wajib diisi) adalah range ataupun tabel yang dipakai untuk mencari data. Sebagai pengingat yaitu table array ini disebut juga dengan tabel vlookup.

– col_index_num (wajib diisi), yaitu nomor urut kolom yang ingin diambil nilainya yaitu berdasarkan nomor kolom pada tabel. Jika diisi dengan nilai yang jumlahnya kurang dari 1, maka hasilnya yaitu ERROR#VALUE!. Namun, jika kamu mengisinya dengan angka yang lebih besar daripada jumlah kolom yang ada di tabel yaitu hasilnya ERROR#REFF!.

– range_lookup (opsional) yaitu nilai true (false). Jika nilai true akan digpakai dan jika ingin mendapatkan hasil yang mendekati, sedangkan false dipakai jika kamu menginginkan nilai yang pasti. Agar syntax rumusnya lebih singkat, maka true dapat diganti dengan 0 dan untuk false diganti dengan angka

Contoh Menggunakan Vlookup

Ada tips yang begitu efektif dalam memakai Vlookup padaexcel. Dimana di dalam beberapa hal yang dilakukan tentunya dapat memudahkan dan menghindari kesalahan saat menggunakan fungsi tersebut. Tips-tipsnya sebagai berikut,

1. Reference absolute
Kamu bisa memakai reference absolute pada tablle array yang caranya yaitu tekan F4 di argument range.

2. Define Name
Jika tidak menggunakan reference absolute, kamu dapat juga menggunakan define name yang fungsinya memberi nama range dengan memakai fitur table.

Seperti contoh berikut, kamu namai tabel data stock dengan nama “table_stock”. Lalu bisa lakukan dengan cara blok table dan pilih menu pada tab formula dan pilih define name, lalu kamu beri nama “tabel_stock”lalu save.

Dengan memakai define name maka didapatkan rumus yang lebih simpel.

Sehingga rumus yang simpel itu maka outputnya akan terlihat seperti dibawah ini

Kesalahan dalam Penggunaan Vlookup

Bagi kamu yang mrmakai Vlookup pada ms. Excel, tentu tidak menyadari bahwa ada beberapa kesalahan di dalam penggunaannya. Kesalahan-kesalahan tersebut diantaranya yaitu.

1. Pada range tabel, banyak yang tidak dibuat absolut / mutlak dan tidak memakai simbol $. Dengan begitu, data dapat bergerak ketisaat ka dicopi. Seperti contohnya A1:E20 seharusnya dituliskan $A$1:$E$20.

2. Pada format nilai yang dipakai untuk melookup tak sama. Seperti contohnya, pada salah satu nilai yang sudah mempunyai format number sedangkan di tabel yang dipakai adalah format text.

Untuk lebih jelasnya kembali, kamu bisa menyimak contoh dari penggunaan vlookup seperti contoh di bawah ini.

Pada cell 15 dapat diketahui rumusnya seperti berikut,

=VLOOKUP(B15,B2:G13,6,0)

Dari rumus itu maka dapat dihasilkan nilai 11,000 yang merupakan harga beras.

Dengan memakai fungsi vlookup yang efektif ini, maka mendapatkan kemudahan kesaat tika akan mencari data dan mengambil data dari tabel yang referensinya berdasarkan dari nilai tertentu.

Sesuai dengan namanya yaitu vertical lookup, maka proses pencarian datanya dilakukan denga cara vertikal, Sebab pada program ms. Excel ini mempunyai fungsi khusus untuk mencari data dengan horizontal pula, yaitu Hlookup.

Catatan :
Seperti yang dijelaskan bahwa Vlookup Excel hanya melakukan pencarian di kolom pertama. Rumus pada Vlookup excel tidak dapat mencari data disebelah kanan yaitu kolom pencarian.Sebagai catatan terakhir yaitu fungsi excel vlookup hanya mengambil data pertama yang ditemukan, Maka, jika data yang dicari lebih dari satu untuk megambil data ganda perlu menggunakan cara lain.

Catatan lain bahwasanya Fungsi Vlookup berlaku jika tabel kita susun secara Vertikal.

Demikianlah pembahasan kali ini, Semoga bermanfaat

Rumus Excel Lainnya :

Rate this post
Related posts: