Pengertian dan Rumus Fluks Magnetik Dalam Fisika

Posted on

Pengertian Fluks Magnetik – Sebelum kalian memahami tentang Rumus Fluks Magnetik didalam Ilmu Fisika, maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa itu fluks magnetik karena tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak Pembaca dan Pelajar yang belum mengerti dan mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan fluks magnetik didalam Ilmu Fisika sehingga dikesempatan ini saya selaku pemilik laman rumus rumus akan mengulas tentang Fluks Magnetik secara lebih detail kepada kalian para pembaca.

pengertian dan apa itu fluks magnetik

Langsung saja untuk Pengertian Fluks Magnetik menurut Wikipedia Indonesia adalah ukuran ataupun jumlah medan magnet B yang melewati Luas Penampang tertentu misalnya Kumparan Kawat dan dalam hal ini sering disebut juga dengan Kerapatan Medan Magnet. Fluks Magnetik yang melalu bidang tertentu itu sebanding dengan nilai jumlah medan magnet yg melalui bidang tersebut dan jumlah ini sudah termasuk kedalam pengurangan atas medan magnet yg berlawanan arah.

Sehingga jika medan Magnet yg seragam tersebut dapat melalui bidang dengan tegak lurus maka Nilai Fluks Magnetik tersebut dapat diperoleh dari perkalian antar Medan Magnet dan Luas Bidang yg dilalui-nya. Perlu kalian ketahui sebagai Pelajar bahwa Satuan Fluks Magnetik dalam Satuan Internasional menggunakan Satuan weber (Wb) yakni sebuah Satuan Turunan dari Volt Detik dan Satuan Fluks Magnetik Dalam Sistem CGS menggunakan Satuan Maxwell.

Rumus Fluks Magnetik Dalam Ilmu Fisika

Rumus Fluks Magnetik dalam ilmu fisika

Diketahui :

adalah Medan Magnet yang seragam melalui bidang datar

Vektor a adalah Vektor Normal yang tegak lurus dengan bidang

∅ adalah Sudut Datang Menurut Vektor a

Sedangkan Fluks Magnetik yang melalui bidang tertutup dapat dihitung menggunakan Hukum Gauss untuk Magnetisme, yang merupakan satu dari empat Persamaan Maxwell dan Hukum Gauss ini menyatakan bahwa jumlah fluks magnetik yg melalui bidang tertutup tersebut sama dengan Nol.

nilai fluks magnetik

Lalu untuk Magnetik yang melalui bidang terbuka tidak selalu Nol dan hal ini sangatlah berbeda dengan Fluks Magnetik Melalui Bidang Tertutup yang selalu berjumlah Nol sehingga nilai Magnetik Melalui Biedan Terbuka sangatlah penting dlm Teori Elektromagnetik. Sebagai contohnya jika perubahan fluks magnetik yg melalui kumparan kawat dapat menimbulkan GGL (Gaya Gerak Listrik) yang dapat menyebabkan adanya Arus Listrik dalam Kumparan dan perhitungan ini dapat dilakukan dengan Hukum Faraday.

Rumus Fluks Magnetik memakai hukum faraday

Diketahui :

∈ adalah GGL (Gaya Gerak Listrik).

adalah Kecepatan dalam dℓ.

adalah Medan Magnet.

adalah Medan Listrik.

dmerupakan Elemen Vektor Infinetesimal yang berasal dari Kurva ∂Σ(t)

Φm adalah Fluks yg melalui bidang terbuka dengan dibatasi oleh Kurva.

Σ(t) adalah Kurva yg tertutup yg dapat berubah dengan sejalan dengan waktu dan Gaya Gerak Listrik (GGL) timbul disekitar kurva ini.

Seperti itu lah pembahasan tentang Pengertian dan Apa Itu Fluks Magnetik yang telah dijelaskan pula dengan Cara Menghitung Fluks Magnetik itu sendiri. Dan sebagai tambahan informasi saja bahwa Fluks Magnetik ini biasanya diukur menggunakan Alat Fluksmeter yang merupakan sebuah alat yg berisi tentang rangkaian dan kumparan yg bisa menghitung Fluks Magnetik berdasarkan pd perubahan tegangan yg disebabkan oleh perubahan medan magnet yg melalui kumparan didalamnya.


Baca Juga :