Ideologi Pancasila

Posted on

Ideologi Pancasila – Tahukah sahabat rumusrumus.com bahwa ideologi pancasila sudah disepakati oleh para pendiri bangsa dimana sebagai landasan sebuah dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam ideologi, pancasila mempunyai peranan yang mengakar didalam menentukan tiap gerakan serta arahan kehidupan bangsa ini.

Ideologi Pancasila
Ideologi Pancasila

Dalam artikel kali ini kita juga akan membahas mengenai makna ideologi yang sebelumnya kita telah membahas berbagai hal yang berkaitan dengan teks pancasila.

Sebelum memasuki materi lebih dalam ke pengertian makna, sejarah, contoh, tujuan, dan fungsi ideologi pancasila, sahabat harus mengetahui lebih dulu arti ideologi.

Nah disini ideologi diartikan sebagai suatu idea atau berarti seperangkat ide, gagasan serta cita-cita yang mendasari sebuah pemikiran dan bagaimana dalam memandang sesuatu hal dikehidupan.

Baca Juga : Makna Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Pengertian Ideologi

Kata ideologi berasal dari bahasa Yunani ”ideos” serta ”logos”, artinya ialah cita-cita, cara pandang, pemikiran, serta ilmu.

Didalam perkembangannya, ideologi sering diartikan sebagai suatu seperangkat cita-cita ataupun ide yang menjadi sebuah keyakinan serta menentukan kerangka berfikir seseorang agar mewujudkan cita-cita yang berlandaskan suatu ilmu pengetahuan.

Dengan begitu, ideologi pancasila bisa diartikan sebagai :

Suatu seperangkat ide maupun cita-cita, agar menentukan keyakinan dan cara berpikir untuk mewujudkan suatu tujuan dengan berlandaskan pada lima sila didalam pancasila.

Hal penting yang harus digaris bawahi pada pembahasan adalah ”berlandaskan pada lima sila (pancasila)”.

Ideologi berada dalam tataran ide, cita-cita ataupun gagasan. Pada penerapannya, tiap tindakan individu sebagai bagian dari bangsa harus dipandu, didorong serta diarahkan oleh ide dan cita-cita sehingga membentuk sebuah ideologi pancasila.

Simplenya karena ideologi bangsa Indonesia yang telah disepakati merupakan pancasila, sehingga setiap tindakan atau kelakukan kita sebagai warga negara serta bagian dari masyarakat Indonesia harus selaras terhadap nilai-nilai pancasila.

Makna Ideologi Pancasila

Makna ideologi pancasila merupakan sebuah pancasila yang mencakup keseluruhan pandangan, keyakinan, cita-cita serta nilai bangsa Indonesia dengan secara normatif yang perlu diwujudkan didalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

Secara umum makna ideologi pancasila ialah sebagai berikut ini:

1. Nilai-nilai yang tertulis pada pancasila menjadi sebuah cita-cita yang bersifat normatif didalam penyelenggaraan negara.

2. Nilai-nilai yang tercantum pada pancasila merupakan nilai yang telah disepakati bersama sehingga dapat menjadi salah satu pemersatu masyarakat dan bangsa Indonesia.

Makna didalam ideologi pancasila ini dijadikan sebuah dasar negara, mempunyai tujuan jika segala sesuatu pada bidang pemerintahan ataupun seluruh hal yang berkaitan dengan kenegaraan harus didasari pada titik tolaknya, dibatasi gerakan pelaksanaanya serta diarahkan agar mencapai suatu tujuan yang diinginkan dengan menggunakan pancasila.

Mulanya makna ini harus dipahami sebagai suatu konsep yang meliputi sebuah pemahaman seluruh elemen dalam masyarakat dan bangsa Indonesia, agar bersemangat demi pergerakan melawan penjajah serta meraih kemerdekaan dan mewujudkannya dalam kehidupan penyelenggaraan sebuah negara.

Untuk lebih dalamnya, suatu ideologi ini juga mempunyai beberapa fungsi penting ialah sebagai berikut :

1. Mempersatukan, memperkokoh, serta memelihara persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

2. Mengarahkan serta membimbing bangsa Indonesa dalam meraih tujuan serta cita-cita bangsa.

3. Memberikan suatu kemauan serta kesadaran untuk menjaga dan memelihara identitas bangsa Indonesia.

4. Menerangi, mengawasi keadaan serta kritis terhadap suatu upaya agar meraih cita-cita yang terkandung didalam pancasila.

5. Sebagai sebuah pedoman dalam kehidupan bangsa Indonesia demi upaya menjaga keutuhan negara serta memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia.

Baca Juga : Butir Butir Pancasila

Fungsi Ideologi Pancasila

Setelah membahas beberapa hal sebelumnya, berikut merupakan fungsi-fungsinya “

1. Sebagai Struktur Kognitif

Merupakan keseluruhan pengetahuan yang bisa menjadi sebuah landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia serta kejadian yang terjadi di dalamnya.

2. Sebagai Orientasi Atau Wawasan

Selanjutnya adalah sebagai orientasi dasar dengan membuka wawasan yang bisa memberi warna. Selain itu juga bisa menunjukkan tujuan hidup bagi manusianya.

3. Sebagai Norma Atau Nilai

Maksudnya disini ialah menjadi sebuah pedoman serta juga pandangan hidup bagi seseorang didalam melangkah ataupun melakukan tindakan.

4. Sebagai Bekal Dan Pembuka Jalan

Maksud dari sebagai bekal dan pembuka jalan adalah agar seseorang dapat menemukan suatu identitas seseorang atau jati diri tersebut.

5. Sebagai Kekuatan, Semangat, Dan Mendorong

Kelima ini juga jangan ditinggalkan ataupun dilupakan. Karena yang memiliki kekuatan dan kemampuan didalam memberikan semangat ataupun mendorong seseorang agar tercapai tujuan yang diharapkan dan menjalankan berbagai sebuah kegiatan.

6. Sebagai Memahami, Menghayati, Dan Mempolakan Tingkah Laku

Dan terakhir merupakan sebagai pendidikan agar seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati serta mempolakan tingkah laku masyarakat yang sesuai dengan orientasi dan norma atau nilai yang terkandung pada suatu ideologi tersebut.

Tiga (3) Dimensi Ideologi Pancasila

1. Dimensi Realita

Dimensi realita artinya nilai-nilai dasar yang tercamtum pada ideologi tersebut menggambarkan kenyataan hidup yang ada di dalam masyarakat dimana ideologi itu muncul untuk pertama kalinya.

2. Dimensi Idealisme

Dimensi Idealisme adalah kualitas ideologi yang tercantum pada nilai dasar tersebut dapat memberikan sebuah harapan kepada berbagai kelompok serta masyarakat mengenai suatu masa depan yang lebih baik lagi.

3. Dimensi Fleksibilitas

Dimensi Fleksibilitas merupakan kemampuan ideologi didalam mempengaruhi serta menyesuaikan diri terhadap perkembangan masyarakat.

Baca Juga : Nilai Instrumental Pancasila

Nilai-Nilai Sebagai Ideologi Negara

Nilai-nilai Pancasila adalah nilai yang menyangkut ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan serta keadilan. Itulah merupakan nilai dasar untuk kehidupan bernegara, berbangsa bahkan bermasyarakat.

Nilai Pancasila termasuk nilai kerohanian dimana didalamnya tersirat nilai lainnya secara lengkap serta harmonis, baik berupa nilai nilai vital, material, kebenaran atau kenyataan, etis, estetis, ataupun religius.

Nilai-nilai pancasila sebagai ideologi juga dapat bersifat objektif ataupun subjektif, berikut penjabarannya :

Nilai-nilai Pancasila bersifat objektif artinya :

1. Rumusan dalam sila-sila Pancasila itu sendiri memiliki makna yang terdalam.

2. Pancasila yang terkait dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan sebagai pokok kaidah negara yang mendasar.

3. Inti atau utama nilai pancasila akan terus ada sepanjang masa didalam kehidupan bangsa Indonesia ini.

Dan nilai-nilai pancasila yang bersifat subjektif artinya jika keberadaan nilai-nilai pancasila bergantung pada bangsa Indonesia itu sendiri.

Hal ini dijelaskan sebagai berikut :

1. Nilai-nilai pancasila itu muncul dari bangsa Indonesia.

2. Nilai-nilai pancasila di dalamnya tersirat nilai- nilai kerohanian.

3. Nilai-nilai pancasila merupakan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia.

4. Nilai-nilai pancasila di dalamnya adalah nilai yang digali, tumbuh serta berkembang dari budaya bangsa Indonesia

Pancasila sebagai sebuah sumber nilai, mengharuskan UUD memuat isi yang mewajibkan pemerintah, penyelenggara negara termasuk juga didalamnya pengurus partai serta golongan fungsional untuk menjaga budi pekerti kemanusiaan yang luhur, dan memegang cita-cita moral rakyat yang luhur.

Sebutkan ciri-ciri didalam ideologi pancasila !

1. Berasal dari sebuah falsafah masyarakat
2. Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa
3. Demokratis
4. Berdasarkan Hukum
5. Terbentuk dari pikiran masyarakat

Jelaskan sebuah pancasila dikatakan sebagai ideologi terbuka !

Pancasila sebagai ideologi terbuka mempunyai makna jika setiap sila yang tersirat pada landasan dasar negara ialah ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan dapat berkembang seiring dengan kehidupan bangsa Indonesia serta perubahan zaman ke zaman yang semakin kreatif.

Sebutkan ciri khas adanya ideologi terbuka !

Ciri utama ideologi terbuka merupakan nilai-nilai serta cita-citanya tidak dipaksakan dari pihak luar, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani, moral serta budaya masyarakat itu sendiri.

Demikianlah pembahasan artikel tentang makalah ideologi pancasila, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Ideologi Pancasila Rating: 5 Diposkan Oleh: Author RumusRumus.com