Makna Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Posted on

Makna Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Pada proses perumusan Pancasila sebagai suatu Dasar Negara Indonesia senantiasa akan memberikan beberapa pandangan hidup yang menjabarkan tentang keteraturan serta pola perilaku setiap masyarakat yang ada di wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) ini.

Pancasila Pandangan Hidup
Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Hal ini sangat penting untuk dipahami tiap masyarakat, karena dengan adanya suatu pola perilaku yang sesuai tiap orang akan turut menjadi contoh pengamalannya pada kehidupan sehari-harinya terutama bagi orang lain.

Baca Juga : Teks Pancasila

Pengertian Pancasila

Pancasila merupakan idelogi masyarakat Indonesia yang dilukiskan pada sebuah ilustrasi Burung Garuda serta legalitas hukum yang mutlak harus diakui keberadaannya. Pedoman hidup pada Pancasila senantiasanya menjadikan suatu arti yang penting bagi setiap warga negara nya. 

Pengertian Pandangan Hidup

Pandangan Hidup merupakan suatu hal dimana dijadikan sebagai sebuah pedoman hidup, dimana dengan aturan-aturan baik yang di buat agar tercapai apa-apa yang di cita-citakan tersebut. 

Pancasila Merupakan Pandangan Hidup Bangsa

Arti Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa memberikan panduan secara lengkap berupa sebuah pedoman didalam berbagai kegiatan serta aktivitas masyarakat dalam menguraikan atau menjabarkan peraturan baik tentang hak ataupun kewajiban warga negara Indonesia.

Dalam hal itu mengindentifikasikan, jika garis besarnya merupakan pada pedoman berupa sebuah penerapan nilai serta norma didalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga : Nilai Instrumental Pancasila

Isi Pandangan Hidup

Setelah mengetahui arti pandangan hidup, berikut isi didalam pandangan hidup itu sendiri :

  1. Konsep Dasar
    Didalam pandangan hidup terkandung konsep dasar yaitu sebuah pikiran – pikiran  yang di dalamnya tersirat gagasan tentang wujud kehidupan yang dianggap baik serta dicita-citakan sebuah bangsa.
  2. Pikiran dan Gagasan
    Pada pandangan hidup tersirat juga pikiran terdalam serta gagasan sebuah bangsa mengenai wujud atau bentuk kehidupan yang dipercayai baik.
  3. Kristalisasi dan Nilai
    Pandangan hidup merupakan kristalisasi nilai yang dimiliki bangsa itu sendiri serta diyakini suatu kebenarannya dan menimbulkan tekad untuk segera mewujudkannya.

Manfaat Pandangan Hidup

Berikut beberapa manfaat pandangan hidup :

  1. Kekokohan serta Tujuan
    Tiap bangsa yang ingin berdiri kokoh serta mengetahui jelas kearah mana tujuannya yang ingin dicapai membutuhkan sebuah pandangan hidup didalamnya.
  2. Pemecahan Masalah
    Dengan pandangan hidup sebuah bangsa akan memandang suatu persoalan yang akan dihadapi serta menemukan sebuah cara untuk memecahkan persoalan tersebut.
  3. Pembangunan Diri
    Adanya pandangan hidup suatu bangsa akan memiliki pegangan atau pedoman cara agar dapat memecahkan masalah politik, ekonomi, sosial serta budaya pada tingkah masyarakat yang semakin maju serta akan membangun dirinya.

Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Bermacam-macam sebuah fungsi atau peranan yang akan diberikan mengenai penerapan Pancasila sebagai suatu pandangan hidup bangsa, berikut dibawah ini fungsinya :

  1. Sebuah pedoman untuk menyelesaikan masalah
  2. Tata cara penyelenggaraan dibidang politik, sosial, serta ekonomi
  3. Menjadi kesepakatan atau perjanjian dalam mewujudkan cita-cita
  4. Sebagai alat Pemersatu Bangsa

Contoh Berlandaskan Fungsinya

Dibawah ini merupakan contoh berlandaskan sebuah fungsi yang telah dijelaskan sebelumnya, antara lain :

1. Pedoman Menyelesaikan Masalah

Dalam proses menyelesaikan beragam persoalan hidup yang terjadi mulai dari serangkaian permasalahan yang ada disebuah kehidupan masyarakat yang akan mampu memberikan aturan-aturan berdasarkan Pancasila, kondisi ini dapat terjadi lantaran persoalan serta konsensu masyarakat selama ini terjadi karena munculnya Pancasila.

Contoh atas kondisi ini seperti : Tentang Amandemen UUD 1945 yang menyebutkan mengenai tugas Presiden terpilih karena perwakilan melalui DPR. Lalu pada sekarang ini UUD tersebut telah di revisi dengan panduan pada dasar Sila 4 Pancasila dimana harus menyelenggarakan sistem pemerintahan secara demokrasi dipilih oleh rakyat.

2. Sebuah Cara Penyelenggaraan Dalam Bidang

Hal nyata yang terjadi pada Negara Indonesia akan senantiasanya merujuk pada serangkaian bagaimana cara agar menyelesaikan beragam persoalan yang terjadi, baik permasalahan berupa budaya, sosial, ekonomi, dan politik, karena kesemuanya akan terpaku pada Pancasila.

Fenomena hal ini dapat diberikan dalam bentuk Identitas Nasional, seperti Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Formal yang wajib dipahami masyarakat. Atas dasar sebuah kewajiban ini, agar menguraikan mengenai kesetaraan hidup yang akhirnya munculah pelajaran Bahasa Indonesai di sebuah sekolahan.

3. Konsensus Demi Mewujudkan Cita-Cita

Pancasila sebagai konsensus Bangsa Indonesia dapat dilaksanakan adanya rasa membangun dirinya agar sesuai dengan kepribadian yang artinya harus mempunyai karakter kuat serta dasar-dasar yang sehat.

Konsep dasar pada serangkaian cita-cita bangsa Indonesia hakikatnya sudah terkandung dalam Pancasila, terutama tentang Sila 5 Pancasila yaitu “Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Misalnya saja mengenai pemaknaan atas pembangunan yang dilakukan oleh Jokowi pada Priode Tahun 2014 sampai dengan 2019.

Sistem pemerintahan yang dilaksanakan Jokowi ini menggiring menunjukan mengenai pentingnya pengamalan Pancasila dalam Sila limanya, karena sejak Indonesia merdeka pembangunan yang saat ini telah dijalankan selalu merujuk pada Wilayah Indonesia Bagian Barat saja.

Baca Juga : Butir Butir Pancasila

4. Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia, lebih didasarkan dalam keadaan yang sebenarnya terjadi, dimana Indonesia mempunyai beragam mulai dari Budaya, Agama, serta Suku yang berbeda-beda. Dengan begitu adanya Pancasila sebagai pedoman hidup, sehingga seperti menjadi contoh identitas nasional yang wajib ditaati oleh masayarakat.

Penerapan atas contoh ini seperti saja dalam beragam, tiap agama-agama di Indonesia tidak akan mengandung unsur paksaan selama agama tersebut dianggap legal serta tidak meyimpang. Dalam kondisi ini terdapat dalam pengamalan Sila 1 Pancasila mengenai “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Apa yang dimaksud pandangan hidup ?

Pandangan Hidup adalah sesuatu hal yang dijadikan sebagai sebuah pedoman hidup, dimana terdiri dari sebuah aturan-aturan yang dibuat dimana memberikan dampak positif demi tercapainya apa yang di cita-citakan tersebut. 

Sebutkan manfaat pancasila sebagai pandangan hidup ?

Kekokohan dan tujuan, pemecahan masalah, pembangunan diri

Bagaimana cara kita menerapkan pada kehidupan sehari – hari mengenai hal pancasila sebagai pandangan hidup ?

Tidak boleh melakukan kekerasan apapun, mencuri, berjiwa dengki, berbohong, ataupun mabuk serta minum-minuman keras.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Related posts: