Negara Berkembang Di Asia Tenggara, Barat, Timur

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tentang negara berkembang di asia tenggara, barat, dan timur beserta pengertian dan ciri-ciri negara berkembang dan maju termasuk Jepang, Korea selatan, Brunei darussalam, Singapura dan Indonesia. untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini

Pengertian Negara Berkembang

Negara maju ialah negara yang memiliki peringkat sangat tinggi dalam hal standar di bidang teknologi, pengetahuan dan ekonomi yang ditopang semuanya dalam inovasi dan sifatnya yang merata. Negara yang HDI (Human Development Index) dan PNB tinggi dipandang sebagai negara maju.

Ciri ciri Negara Maju

  1. Angka Pengangguran Rendah
    Keseimbangan antara jumlah lapangan kerja dan jumlah pekerja menjadi indikator dari negara maju. Jika jumlah lapangan kerja lebih banyak dari jumlah pekerja maka perekonomian suatu negara tidak bisa tumbuh maksimal, jika jumlah pekerja lebih banyak daripada jumlah lapangan pekerjaan maka meningkatkan jumlah pengangguran.
  2. Pendapatan Perkapita Tinggi
    Indikator untuk mengukur negara maju yaitu dengan pendapatan perkapitanya yang tinggi. Pendapatan perkapita adalah pendapatan yang berhasil dicapai oleh rata-rata penduduk selama setahun. Bank dunia menetapkan standar bahwa minimal 10,726 USD setahun untuk sebuah negara dikatakan maju
  3. Pesatnya Kemajuan di Bidang Iptek
    Pemerintah negara yang maju selalu memberi dukungan berupa fasilitas dan dana bagi ilmuwannya. Rata-rata ilmuwan digaji sangat tinggi hingga mereka semangat dan melakukan inovasi terus menerus. lalu hasil dari inovasi akan diterapkan di berbagai bidang diantaranya kesehatan, militer, pendidikan, astronomi, produksi dan lainnya.
  4. Jasa dan industri menjadi tumpuan utama perekonomian
    Sebagai contoh, bahwa mayoritas produk mobil di negara kita umumnya dari Jepang. Industri di Jepang saja sangat maju dan perusahaan mereka mampu produksi barang dengan harga jual tinggi
  5. Budaya Disiplin Tinggi
    Jam produktif rata-rata di negara maju sangat padat yaitu minimal 8 jam dan para pekerja di sana mempunyai rasa disiplin, tanggung jawab dan jarang telat. Dengan budaya positif itu negara maju bisa mengoptimalkan sumber daya alam secara maksimal dan efektif dalam meningkatkan pertumbuhan pembangunannya.
  6. Pendidikan Yang Baik dan Merata
    Umumnya di negara maju penduduknya mampu membaca dan menulis dengan lancar. Pemerintahnya mewajibkan pendidikan bagi semua penduduknya. Selain mewajibkan juga pemerintah mendukung dengan memberikan fasilitas yang memadai.
  7. Laju Pertumbuhan Rendah
    Pada negara maju, tingkat laju pertumbuhan para penduduk sangat kecil. Tingkat kelahiran yang kecil dan kematian balita yang kecil membuat negara maju tak kelebihan jumlah penduduk atau padat penduduk.

Negara Berkembang Di Asia

Jepang

Sebagai negara maju di bidang ekonomi,Jepang mempunyai produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja.

jepang
jepang

Jepang merupakan anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS serta skuat armada besar kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang ada di peringkat ke-4 negara pengekspor paling besar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia.

Sebagai negara maju, penduduk Jepang mempunyai standar hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB. Dalam bidang teknologi, Jepang merupakan negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika

Singapura

Sebelum merdeka tahun 1965, Singapura merupakan pelabuhan dagang yang beragam dengan PDB per kapita $511, tertinggi ketiga di Asia Timur pada saat itu.

singapura
singapura

Setelah merdeka, investasi asing dan usaha pemerintah untuk industrialisasi berdasarkan rencana bekas Deputi Perdana Menteri Dr. Goh Keng Swee membentuk ekonomi Singapura saat ini. Economist Intelligence Unit dalam “Indeks Kualitas Hidup” berhasil menempatkan Singapura pada peringkat satu kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas di dunia. Singapura mempunyai cadangan devisa terbesar kesembilan di dunia. Negara ini juga mempunyai angkatan bersenjata yang maju.

Brunei Darusalam

Saat ini, Brunei Darussalam mempunyai Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Singapura, sehingga diklasifikasikan sebagai salah satu negara maju. Menurut Dana Moneter Internasional, Brunei mempunyai produk domestik bruto per kapita terbesar kelima di dunia dalam keseimbangan kemampuan berbelanja.

brunei
brunei

Sementara itu, Forbes menempatkan Brunei sebagai negara terkaya kelima dari 182 negara karena mempunyai ladang minyak bumi dan gas alam yang luas. Brunei juga terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.

Korea Selatan (Kor-Sel)

Korea Selatan mempunyai ekonomi pasar dan menempat urutan ke 15 berdasarkan PDB. Sebagai salah satu dari empat Macan Asia Timur, Korea Selatan mencapai rekor ekspor impor yang memukau, nilai ekspornya merupakan terbesar kedelapan di dunia.

korea
korea

Sementara, nilai impornya terbesar ke 11. Kesuksesan ekonomi Korea Selatan dicapai pada akhir 1980-an ketika PDB berkembang dari rata – rata 8% per tahun (US$2,7 miliar) pada tahun 1962 menjadi US$230 miliar pada 1989.

Indonesia

Ekonomi Indonesia kini telah cukup stabil. Pertumbuhan PDB Indonesia tahun 2004 dan 2005 melebihi 5% dan diperkirakan akan terus berlanjut. Tetapi, dampak pertumbuhan itu belum cukup besar dalam memengaruhi tingkat pengangguran, yaitu sebesar 9,75%.

indonesia
indonesia

Meskipun kaya akan sumber daya alam dan manusia, Indonesia masih menghadapi masalah besar pada bidang kemiskinan yang sebagian besar disebabkan oleh korupsi yang merajalela dalam pemerintahan.

Demikianlah penjelasan tentang artikel ini, Semoga bermanfaat

Baca Juga :


Baca Juga :