Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tentang pengertian sejarah menurut para ahli dan secara umum, yang meliputi pengertian sejarah dari Moh Hatta, Kuntowidjodjo, Sartono Kartodirdjo, Ibnu Khaldun, Aristoteles, Herodotus, Beverley Southgate, Henri pirenne dan Robert V Daniels. untuk lebih lengkapnya, simak uraian di bawah ini

Pengertian Sejarah Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sejarah adalah :

  • asal-usul keturunan / silsilah
  • pengetahuan ataupun uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau (ilmu sejarah)
  • kejadian maupun peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau /riwayat

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa

  • Bahasa Inggris, kata sejarah (History) itu berasal dari kata Historia yang mempunyai arti masa lampau.
  • Bahasa Arab, kata sejarah disebut sajaratun (syajaroh) yang mempunyai arti pohon dan keturunan, maksudnya pada pada saat membaca silsilah raja akan terlihat seperti pohon dari yang terkecil hingga berkembang menjadi besar, maka sejarah diartikan sebagai silsilah keturunan para raja yang mempunyai arti peristiwa pemerintahan keluarga raja yang ada pada masa lampau.
  • Bahasa Yunani, kata sejarah disebut istoria yang mempunyai arti belajar. Sehingga sejarah yaitu suatu ilmu pengetahuan yang membahas tentang peristiwa, kejadian yang pernah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.

Menurut Kuntowijoyo

Pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo ialah hal yang menyuguhkan fakta secara ideografis, diakronis, unik, dan empiris.

kunto wijoyo
kunto wijoyo
  • Sejarah bersifat diakronis karena berhubungan dengan waktu.
  • Sejarah bersifat empiris karna sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.
  • Sejarah bersifat ideografis artinya sejarah menggambarkan serta menceritakan sesuatu.
  • Sejarah bersifat unik dikarenakan sejarah berisi hasil penelitian tentang hal unik.

Menurut Moh. Hatta

Moh Hatta
Moh Hatta

Pengertian sejarah menurut Moh. Hatta atau biasa kita kenal juga sebagai bapak proklamator, sejarah yaitu wujudnya tentang masa lampau. Sejarah bukan hanya sekadar melahirkan kriteria dari kejadian di masa lalu, tetapi pemahaman masa lampau yang mengandung berbagai dinamika dan mungkin berisi problematik pelajaran bagi manusia berikutnya.

Menurut Sartono Kartodirdjo

sartono kartodirdjo
sartono kartodirdjo

Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo yaitu bentuk penggambaran pengalaman kolektif pada masa lalu, dan untuk mengungkapnya bisa melalui aktualisasi dan penetasan pengalaman masa lalu. Menceritakan suatu kejadian ialah cara membuat hadirnya kembali peristiwa tersebut dengan cara pengungkapan verbal.

Menurut Ibnu Khaldun

ibnu khaldun
ibnu khaldun

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia ataupun peradaban manusia yang terjadi pada watak ataupun sifat masyarakat itu

Menurut Aristoteles

aristoteles
aristoteles

Pengertian sejarah menurut Aristoteles adalah satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal tersusun kedalam bentuk kronologi. Sejarah yaitu peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, record-record ataupun bukti-bukti yang konkrit.

Menurut Herodotus

herodotus
herodotus

Sejarah adalah topik ilmu pengetahuan yang sangat menarik, dan tak hanya itu, sejarah juga mengajarkan hal-hal yang begitu penting,terutama mengenai: Keberhasilan & kegagalan dari para pemimpin kita, sistem perekonomian yang pernah ada dahulu, bentuk-bentuk pemerintahan, & hal-hal penting lainnya pada kehidupan manusia sepanjang sejarah

Menurut Beverley Southgate

beverley
beverley

Arti sejarah menurut Beverley Southgate yaitu suatu studi tentang masa lampau dimana suatu studi yang hasilnya secara ideal berupa suatu penyajian masa lalu sebagaimana adanya. Hasil pembelajaran ini bisa juga bermanfaat sebagai pelajaran moral bagi manusia.

Menurut Henri Pirenne Iseorang

henri pirenne
henri pirenne

Sejarah menurut Henri Pirenne Iseorang dimaknai sebagai sebuah kisah tentang berbagai peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam bermasyarakat.

Menurut Robert V. Daniels

Robert V Daniels
Robert V Daniels

Menurut Robert V. Daniels, pengertian sejarah yaitu kenangan dari tumpuan masa silam. Sejarah dimaksud dalam definisi sejarah manusia sebagai pelaku sejarah. Kemampuan yang dimiliki manusia adalah kemampuan untuk menangkap kejadian-kejadian yang ada di sekelilingnya. Hasil tangkapan tersebut menjadi ingatan atau memori dalam dirinya yang akan menjadi sumber sejarah

Menurut Rochiati Wiriatmaja

Rocchiati wiriaadtmaja
Rocchiati wiriaadtmaja

Pengertian sejarah menurut Rochiati Wiriatmadja bahwa sejarah yaitu disiplin ilmu yang menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-nilai spritual dan kultural karena kajiannya yang memiliki sifat memberikan pedoman pada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan dan cerminan pengalaman kolektif yang menjadi kompas untuk kehidupan di masa depan.

Menurut Roeslan Abdulgani

Roeslan Abdulgani
Roeslan Abdulgani

Menurut Roeslan Abdulgani bahwa ilmu sejarah yaitu salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud agar kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya itu, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

Menurut W. J. S. Poerwadarminta

W.J.S Poerwadarminta
W.J.S Poerwadarminta

Pengertian sejarah menurut W. J. S. Poerwadarminta dibahas pada buku yang berjudul Kamus Umum Bahasa Indonesia, dimana arti sejarah bisa diartikan sebagai :

  • Silsilah ataupun asal-usul.
  • Kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lalu.
  • Ilmu, pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar sudah terjadi

Menurut Muthahhari

Muthahhari
Muthahhari

Menurut Muthahhari, ada tiga cara untuk mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan yaitu:

  • Sejarah tradisional adalah pengetahuan tentang kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lalu dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.
  • Sejarah ilmiah a pendalah getahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lalu yang didapat melalui pendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lalu.
  • Filsafat sejarah adalah pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja

Demikianlah pengertian sejarah menurut umum dan menurut para ahli, Semoga bermanfaat

Artikel Terkait :


Baca Juga :