Perbedaan Jalan Dan Lari

Posted on

Perbedaan Jalan Dan Lari – Tahukah anda bahwa didalam melakukan jalan dan lari memiliki perbedaan yang minim ?. Pada dunia atletik tentu dikenal adanya istilah jalan maupun lari. Sebelum membahas mengenai perbedaan antara keduanya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu masing – masing arti dari jalan dan lari ya.

Perlu diingat bahwa keduanya didalam istilah atletik hampir sama, ialah berpindahnya suatu tubuh dari posisi satu ke dalam posisi lainnya dimana dilakukan dengan melangkahkan kaki secara bergantian, namun yang membedakannya ialah suatu kecepatan pada masing – masingnya.

perbedaan jalan dan lari

Maka untuk lebih jelasnya, disini kami telah uraikan secara rinci dan jelas pada masing – masingnya mulai dari pengertian, perbedaan dan lainnya agar anda (khususnya si pembaca) dapat memahami lebih mudah sehingga tidak terjadi kekeliruan didalam membedakan keduanya ya sahabat.

Baca Juga : Bentuk Negara

Pengertian

Salah satu bentuk olahraga yang tidak memakan biaya dan mudah dilakukannya karena tidak membutuhkan teknin tertentu ialah jalan dan lari. Dengan melakukannya maka tubuh kita akan bugar dan sehar, berikut masing – masing penjelasannya ialah :

1. Apa Itu Jalan

Suatu gerak perpindahan tubuh pada satu posisi terhadap posisi lainnya dimana dengan melangkahkan kaki secara bergantian satu persatu disebut juga dengan jalan.

Gerakkan kaki berjalan akan relatif didominasi faktor tejadinya gerak tubuh, dengan berjalan kaki bisa melatih kesegaran jasmani seseorang serta bisa melancarkan proses sirkulasi darah di tubuh manusia.

Disamping itu, berjalan bisa membikin keadaan tubuh seseorang menjadi sehat, artinya tidak mudah lelah, bisa mengembalikan tubuh pada keadaan normal serta bisa mengurangi depresi dengan stres yang tengah dialami manusia itu sendiri.

Jika anda sering melakukan olahraga berjalan, tentu akan begitu kecil sekali terkena cedera, disamping itu berjalan juga bisa menyehatkan tubuh serta tidak menimbulkan resiko yang terlalu tinggi dibandingkan bentuk olahraga lainnya.

2. Apa Itu Lari

Pengertian ini sama seperti jalan dimana terjadinya gerak perpindahan tubuh dari satu posisi terhadap posisi yang lainnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian, tetapi yang berbeda disini ialah dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dari berjalan.

Disamping itu, lari juga memiliki manfaat yang sama dengan jalan dimana yang membedakannya dengan jalan ialah kecepatan yang dilakukan lari ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan berjalan.

Namun, perlu diketahui didalam berlari ini justru sangat rentan sekali terkena cedera dibandingkan dengan jalan. Cedera yang umum terkena utama pada bagian area lutut serta pergelangan kaki, biasanya seseorang yang rentan terkena cedera ialah orang yang obesitas maupun kelebihan berat badan. Maka dari itu, berhati – hatilah jika hendak melakukan olahraga berlari ini ya sahabat.

Baca Juga : Dasa Darma Pramuka

Perbedaan

Disamping telah mengetahui pengertian masing – masing keduanya, berikut ialah perbedaan yang terdapat didalam masing – masing keduanya :

PerbedaanJalanLari
PengertianJalan merupakan gerak perpindahan tubuh mulai pada satu posisi ke dalam posisi lainnya dimana dilakukan dengan melangkahkan kaki secara bergantian.Lari merupakan gerak perpindahan tubuh mulai pada satu posisi ke dalam posisi lainnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian serta secara cepat dilakukannya.
Sudut Normal.Akan lebih banyak menekuk .
Lutut Kecepatan MaksimalKira – kira sekitar 8 km /jamRekor oleh usain bolt ialah dalam kecepatan 44 km /jam
Kontak dengan TanahSelalu kontak terhadap tanah, biasanya paling tidak 1 kaki yang kontak langsung dengan tanah atau bergantian.Tidak selalu kontak dengan tanah, terdapat fase 2 kaki yang sama – sama melayang didalam melakukan gerakan.
CederaSangat minim terkena cedera.Lebih rentan terkena cedera, terutama di area lutut serta pergelangan kaki khusunya pada orang yang obesitas maupun kelebihan badan.
Apa yang dimaksud dengan lari steeple chase ?

Lari steeple chase atau lari halang rintang merupakan suatu bagian pada cabang olahraga lari dimana lari jarak menengah yang melintasi ataupun melewati rintangan – rintangan bagaikan lari gawang. Umumnya dilakukan dengan jarak tempuh 3000 meter.

Apa sajakah teknik dasar di dalam jalan cepat ?

Teknik dasar dalam melaksanakan jalan cepat ialah sebagai berikut :
1. Teknik Awalan, biasanya dilakukan dengan sikap bersedia mendengarkan aba – aba dan pasang posisi secara benar.
2. Posisi Badan, posisi badan atau posisi tubuh saat melaksanakan jalan cepat yang benar ialah menghadap lurus ke depan serta siku akan membentuk dengan sudut 90 derajat.
3. Teknik Langkah Kaki, langkah yang baik dan benar biasanya adalah kaki digerakkan ke arah depan dimana dengan berat badan maupun beban tubuh bertumpu terhadap paha.
4. Teknik Akhiran Maupun Finish, untuk melakukan teknik akhiran janganlah sekali – kali langsung berhenti, karena baiknya lakukan dengan semakin terus memperlampat langkah anda.

Apa sajakah prinsip – prinsip dasar di dalam jalan cepat ?

Prinsip – prinsip dasar juga hampir sama dengan teknik dasar diatas tersebut.

Baca Juga : Kebugaran Jasmani

Demikianlah pembahasan artikel Perbedaan Jalan Dan Lari kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi kalian semua, khususnya para pembaca.