Rumus C ke R Cara Konversi Suhu Celcius Ke Reamur

Posted on

Di dalam satuan suhu terdapat berbagai macam skala misalnya celcius (C), fahrenheit (F),  reamur (R), dan kelvin ( K). Di antara skala satuan suhu yang paling banyak digunakan di berbagai belahan negara di seluruh dunia adalah skala celcius. Kecuali untuk negara-negara yang menggunakan bahasa inggris biasanya mereka menggunakan skala fahrenheit. Kali ini kita akan membahas tentang rumus C ke R atau Celcius ke Reamur.

Satuan celcius setelah ditetapkan oleh ilmuwan Swedia yang bernama Celcius. Dirinya telah melakukan pengukuran dengan cara mengambil es yang mencair sebagai titik bawah yang disebutnya sebagai 0° celcius. Sedangkan untuk titik atasnya yaitu suhu air yang sedang mendidih dalam tekanan 76 cmHg yang disebut dengan 100 derajat celsius. Untuk mengetahui rumus C ke R, maka kita akan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menghitung Rumus C ke R

Dari skala celcius suhu suatu benda bisa dinyatakan atau dikonversi ke dalam skala lain dengan menggunakan rumus tertentu yang telah ditetapkan. Di antaranya adalah:

Termometer skala celcius

Termometer ini merupakan termometer yang memakai skala celcius. Untuk titik didih air berada pada 100 derajat celcius. Sedangkan untuk titik bekunya adalah 0 derajat celcius. Dari 0 derajat celcius sampai 100 derajat celcius terbagi kedalam 100 skala.

Termometer skala reamur

Ini adalah termometer yang memakai skala reamur. Untuk titik didih airnya berada pada suhu 80 derajat reamur. Sedangkan titik bekunya berada pada 0 derajat reamur. Dari 0 derajat reamur sampai ke 80 derajat reamur semuanya dibagi dalam 80 skala.

Termometer skala fahrenheit

Dalam skala fahrenheit diketahui bahwa titik didih air berada pada 212 derajat fahrenheit. San titik bekunya adalah 32 derajat fahrenheit. Dari 32 derajat fahrenheit hingga 212 derajat fahrenheit terbagi ke dalam 180 skala.

Termometer skala kelvin

Dalam pengukurannya, termometer ini menggunakan skala kelvin yang mempunyai titik didih air 373 kelvin dan titik beku 273 kelvin. Dari 273 kelvin sampai dengan 373 kelvin maka terbagi kedalam 100 skala.

Cara Konversi Suhu

Rumus konversi suhu adalah sebuah cara yang digunakan untuk menyatakan suhu suatu benda dari 1 skala ke dalam skala yang lainnya. Dengan demikian, suhu suatu benda di dalam skala celcius bisa dikonversi atau diubah ke dalam skala lain. Yaitu fahrenheit, reamur dan juga kelvin. Utuk dapat mengkonversi atau mengubah suhu dari suatu skala ke skala lainnya bisa menggunakan rumus ataupun formula tertentu yang telah ditetapkan.

Konversi suhu dari celcius ke reamur

Rumus C ke R adalah: R = (4/5) C

R = suhu dalam skala Reamur

C = suhu dalam skala Celcius

Contoh Soal

Sebuah benda diketahui memiliki suhu dalam skala celcius 100 derajat celcius jika dikonversi ke dalam skala reamur maka hasilnya adalah

R = (4/5) C

R = (4/5) 100 = 80 R

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa suhu benda yang menunjukkan angka 100 yang berada di dalam skala celcius, sama dengan suhu 80 derajat dalam skala reamur.

Memahami Konversi Suhu

Jika anda masih bingung untuk menghafal rumusnya, maka anda hanya perlu menghafal rasio dan titik didihnya. Mari pakai logika. Dari rasio kita tahu siapa si besar dan si kecil untuk perbandingan rasionya. Kita juga tinggal ingat siapa si besar dan si kecil dalam perbandingan titik beku. Bagaimana? mudah bukan memahami rumus C ke R dalam mengkonversi suhu? Jika anda mengikutinya, maka tentu ini akan sangat mudah untuk bisa memahami cara konversi suhu dan selebihnya bisa diajarkan ke teman-teman.


Baca Juga :