Rumus Konversi Suhu dan Contoh Soal Konversi Suhu

Posted on

Rumus Konversi Suhu – Setelah pertemuan sebelumnya telah membahas Materi Fisika mengenai Rumus Gelombang yang telah dibahas secara lebih detail, maka Penulis dipertemuan ini akan bergantian membahan mengenai Konversi Suhu. Hal tersebut dikarenakan Materi Fisika SMA Konversi Suhu ini sangatlah penting karena termasuk kedalam Materi Fisika SMA yang sering muncul di Soal – Soal Ujian, baik itu di Soal Ujian Nasional (UN) dan Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Oleh karena itu dengan melihat fakta tersebut maka sudah sangat baik sekali bagi kalian Para Pembaca dan Pelajar SMA untuk belajar dan memahami lebih dalam lagi mengenai Materi Fisika SMA Konversi Suhu ini. Langsung saja bahwa didalam Pengertian Suhu itu sendiri adalah suatu tingkatan atau ukuran dari panas dingin’nya suatu benda, besaran Suhu bisa diukur dan diketahui menggunakan Alat Ukur Suhu bernama Termometer dan perlu kalian ketahui juga bahwa Alat Ukur Termometer ini tidak hanya dapat mengukur Suhu suatu Benda, melainkan bisa digunakan untuk mengukur Suhu Badan Manusia.

Macam – Macam Skala Suhu

Kemudian didalam Suhu itu bukan hanya Panas, Hangat dan Dingin saja karena didalam Skala Suhu itu terbagi menjadi Empat Macam Skala Suhu, dan untuk ulasan mengenai Skala Suhu ini bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Skala Suhu Celcius

Skala Suhu Celcius ini ditemukan oleh Seorang Sarjana berasal dari Swedia yang bernama Andreas Celcius, dan Skala Celcius ini dibuat berdasarkan pada Titik Beku Air pada 0 derajat C dan titik didih air pada 100 derajat C.

2. Skala Suhu Reamur

Skala Suhu Reamur ini ditemukan oleh Rene Antoine Ferchault de Reaumur karena Reamur telah mengusulkan bahwa suatu Suhu Titik Beku Air didalam Suhu 0 derajat celcius dan titik didihnya 80 derajat Celcius.

3. Skala Suhu Kelvin

Untuk Skala Suhu Kelvin ini ditemukan oleh Lord Kelvin dan Lord Kelvin menetapkan bahwa apa yang disebut dengan 0 derajat itu Mutlak. Dan Nol Mutlak ini ialah suatu Suhu ketika Pertikel itu berhenti bergerak sehingga tidak ada Panas yg akan terdeteksi karna Kalor yg ada itu sebanding dg Energi Kinetik yg diperlukan Partikel. Lalu Suhu Nol Mutlak (O derajat K) kalau di Konversikan ke Celcius maka akan menjadi -273,15 derajat Celcius.

4. Skala Suhu Fahrenheit

Skala Suhu Fahrenheit ini ditemukan oleh Ilmuan Berasal Jerman yang bernama Gabriel Fahrenheit dan Skala Suhu Fahrenheit ini banyak digunakan di Amerika Serikat. Lalu Skala Suhu Fahrenheit ini memakai Campuran Antara Es dan Garam dengan suatu Titik Beku Air bernilai 32 derajat F (Fahrenheit) dan titik didihnya sebesar 212 derajat F.

Rumus Konversi Suhu Dari Celcius Ke Reamur, Kelvin dan Fahrenheit

rumus konversi suhu dan contoh soalnya

Setelah kalian telah mengenal Macam dan Jenis Skala Suhu Celcius, Reamur, Kelvin dan Fahrenheit, maka dibawah ini perlu kalian ketahui mengenai Rumus Menghitung Konversi Suhu. Didalam Konversi Suhu itu sendiri merupakan cara untuk menyatakan Suhu di dalam Suatu Benda dari 1 Skala Suhu ke Skala Suhu lainnya sehingga bisa disimpulkan bahwa Suhu Suatu Benda dalam Skala Celcius dapat di Konversi (diubah) kedalam Skala lainnya seperti Skala Reamur, Skala Kelvin dan Skala Fahrenheit.

tabel rumus konversi suhu lengkap

Dibawah ini telah Penulis berikan salah satu penjelasan mengenai Rumus Konversi Suhu dan Contoh Soalnya, yakni dari Skala Suhu Celcius yang dikonversikan (diubah) ke Skala Suhu Reamur, ke Skala Suhu Fahrenheit dan ke Skala Suhu Kelvin.

1. Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Reamur

Cara Mencari Konversi Suhu dari Skala Suhu Celcius ke Skala Suhu Reamur bisa kalian gunakan rumus seperti dibawah ini :

R = (4/5) C

Diketahui :

R adalah Suhu dlm Skala Reamur

C adalah Suhu dlm Skala Celcius

Contoh Soal Konversi Suhu Celcius ke Reamur

Jika terdapat Suhu Benda dalam Skala Celcius telah menunjukan 100 Celcius. Berapakah bila di Konversi (diubah) ke dalam Skala Reamur ialah ?

R = (4/5) C

R = (4/5) 100

R = 400 / 5

R = 80

Sehingga Suhu Benda diatas yang menunjukkan Angka 100 dalam Skala Celcius sama dengan 80 jika didalam Skala Reamur.

2. Rumus Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit

Cara Menghitung Konversi Suhu Celcius ke Skala Suhu Fahrenheit bisa kalian lihat dan menggunakan rumusnya seperti dibawah ini :

F = (9/5) C + 32

Diketahui :

F adalah Suhu dlm Skala Fahrenheit

C adalah Suhu dlm Skala Celcius

Contoh Soal Konversi Skala Suhu Celcius ke Skala Suhu Fahrenheit

Terdapat Suhu Suatu Benda didalam Skala Suhu Celcius telah menunjukkan 100 Celcius. Bila dikonversi (diubah) ke dalam Skala Suhu Fahrenheit adalah ?.

F = (9/5) C + 32

F = (9/5) 100 + 32

F = 900 / 5 + 32

F = 180 + 32

F = 212 F

Sehingga Suhu Benda yg menunjukkan Angka 100 didalam Skala Suhu Celcius sama dengan 212 didalam Skala Fahrenheit.

3. Rumus Konversi Suhu Celcius ke Kelvin

Lalu didalam Rumus Mencari Konversi Suhu dari Skala Suhu Celcius kedalam Skala Suhu Kelvin bisa kalian gunakan memakai Rumus dibawah ini :

K = C + 273

Diketahui :

K adalah Suhu dlm Skala Kelvin

C adalah Suhu dlm Skala Celcius

Contoh Soal Konversi dari Skala Suhu Celcius ke dalam Skala Suhu Kelvin.

Jika terdapat Suhu Suatu Benda didalam Skala Celcius telah menunjukan Suhu sebesar 100 Celcius. Maka jika dikonversikan kedalam Skala Suhu Kelvin adalah ?

K = C + 273

K = 100 + 273

K = 373

Sehingga Suhu Benda yang menunjukan Skala Suhu diangka 100 Celcius sama dengan 373 didalam Skala Suhu Kelvin.

Demikianlah pembahasan mengenai Rumus Konversi Skala Suhu dan Contohnya Lengkap yang telah dibahas secara lebih dalam. Semoga saja ulasan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca dan Pelajar SMA karena sekali lagi Materi Fisika Konversi Skala Suhu ini termasuk kedalam salah satu Materi Fisika SMA penting seperti Materi Fisika SMA Rumus Tegangan Listrik karena kedua Materi Fisika SMA ini sering keluar di Soal – Soal Ujian Fisika SMA, baik Soal Ujian Nasional (UN) maupun Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) sehingga diharapkan dengan kalian mengenal Materi Fisika SMA ini, maka kalian bisa mengerjakan Soal – Soal Ujian mengenai Konversi Suhu dengan baik dan benar.


Baca Juga :