Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal dan Longitudinal

Posted on

Saat kita belajar pelajaran fisika, terutama saat kelas 11 SMA, kita akan menemui materi berupa cepat rambat gelombang. Ada dua jenis gelombang yang perlu kita ketahui. Yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Dari kedua jenis gelombang tersebut ada yang namanya rumus cepat rambat gelombang. Terkadang untuk mengerjakan soal tersebut, kita kesulitan jika tidak mengetahui rumusnya. Untuk itu, kita akan bahas secara lengkap seperti apa rumus dari cepat rambat gelombang. Baik gelombang transversal maupun longitudinal.

Sebelum mengetahui rumus cepat rambat gelombang, kita akan cari tahu dulu pengertian gelombang. Baik gelombang transversal dan longitudinal. Gelombang transversal merupakan gelombang yang memiliki arah rambat tegak lurus dengan arah getaran. Sedangkan untuk gelombang longitudinal, merupakan gelombang yang memiliki arah rambat yang sejajar dengan arah getaran.

Rumus Cepat Rambat Gelombang

Di dalam menghitung cepat rambat gelombang, baik gelombang transversal maupun longitudinal memiliki rumus yang sama. Yaitu:

v = λ / T

v = λ x f

sedangkan T = t / n

dan f = n / t

hubungan antara periode dan frekuensi :

f = 1 / T atau bisa juga dirumuskan T = 1 / f

Keterangan

v = cepat rambat gelombang (m/s)

λ (lamda) = panjang gelombang (m)

T = periode (sekon)

f = frekuensi (Hz)

n = jumlah gelombang

t = waktu (sekon)

Contoh Gelombang Transversal

Karena gelombang transversal arah rambatnya tegak lurus dengan arah getaran, maka contoh gelombang transversal diantaranya adalah: gelombang air, gelombang pada tali panjang yang digetarkan, gelombang cahaya dan juga gelombang ombak laut. Digambarkan dalam gelombang transversal memiliki bentuk dua gelombang. Yang mana satu gelombang merupakan satu bukit dan satu gelombang lembah. Untuk dapat menentukan panjang gelombangnya, maka dapat dilihat dalam 1 bukit dan 1 lembah tersebut.

Contoh Gelombang Longitudinal

Untuk gelombang longitudinal contoh yang bisa kita temui misalnya gelombang pada slinki dan juga gelombang bunyi. Di dalam gelombang longitudinal dihitung dari satu gelombang ataupun satu panjang gelombang. Dilihat dari satu rapatan dan juga satu renggangan.

Soal dan Pembahasan Cepat Rambat Gelombang

Di bawah ini ada soal yang bisa melatih anda dalam menghitung cepat rambat gelombang. Karena diberikan pula penjelasan dan pembahasan lengkapnya:

Dari gambar berikut coba hitung:

  1. jumlah gelombang
  2. Panjang gelombang
  3. Frekuensi
  4. Periode
  5. Cepat rambat gelombang

jawab:

1.Dari gambar tersebut ada dua bukit dan lembah, sehingga diketahui jumlah gelombang= 2.

2. Panjang gelombang = Panjang total gelombang (m) : jumlah gelombang

Sehingga, panjang gelombang adalah 4 m / 2 = 2 m

3. Jumlah gelombang (n) = 2 ; waktu 2 s

4. Periode dirumuskan = n / t jadi:  2 / 2 = 1 Hz

5. Jumlah gelombang (n) adalah  2 ; waktu 2 s

Jadi T = t / n  sama dengan 2 / 2 = 1 detik/ sekon

Cara Mengukur Cepat Rambat Gelombang

Setelah melihat soal dan bagaimana pembahasan di atas, maka kita bisa mengetahui bagaimana cara mengukur cepat rambat gelombang. Panjang sebuah gelombang atau panjang gelombang sama dengan jarak tempuh sebuah gelombang di dalam satu periode. Panjang gelombang sendiri disimbolkan dengan λ (Lamda) dan satuannya adalah meter.

Axis x mewakili dari panjang, sedangkan I merupakan kuantitas yang bervariasi (seperti tekanan udara sebuah gelombang suara atau medan magnet dan kekuatan listrik untuk cahaya), pada suatu titik dalam fungsi waktu x.

Dengan penjelasan yang lengkap di atas, kita sudah dapat mengetahui cara menghitung rumus cepat rambat gelombang. Selain itu, kita juga mengetahui apa saja jenis-jenis gelombang yang ada. Dengan demikian, dari penjelasan dan juga contoh soal di atas, kita semakin bertambah ilmu pengetahuannya.


Baca Juga :