Rumus Skala Peta Lengkap Dengan Cara Penghitungannya

Posted on

Dalam kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai rumus skala peta. Karena mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang cara menghitung skala yang kadang dianggap rumit. Akan tetapi sebenarnya tidak sulit dan mudah, bahkan dapat dilakukan oleh anak SD sekalipun. Asalkan mereka mengetahui rumus-rumusnya.

Secara umum, untuk perhitungan skala peta bisa digunakan dan bermanfaat dalam menghitung jarak sesungguhnya dari wilayah yang telah digambarkan dalam peta. Demikian pula sebaliknya, dengan membandingkan jarak peta dan jarak sesungguhnya, kita bisa mengetahui skala dari peta tersebut. Setiap kota pasti mempunyai skala atau perbandingan antara yang ada di kertas dan yang aslinya. Untuk itu, rumus skala peta diperlukan untuk menentukan jarak dan lain sebagainya agar memperoleh tambahan informasi.

Cara Menghitung Rumus Skala Peta

Untuk lebih jelas, kita akan membahas tentang rumus dalam mencari skala dan juga rumus untuk mencari jarak sebenarnya. Di bawah ini ulasannya secara lengkap.

Menghitung Skala Angka

Skala seperti ini digunakan untuk menghitung jarak wilayah yang sesungguhnya dan caranya adalah dengan memanfaatkan peta. Rumus skala untuk menghitung jarak yang sebenarnya adalah:

Jarak Sesungguhnya = Jarak pada Peta / Skala

Disamping itu, dalam sebuah soal kita sering menemui bahwa kita diminta mencari skala dari suatu gambar peta. Maka kita bisa menggunakan rumus di bawah ini untuk menyelesaikan soal tersebut.

Skala = Jarak pada Peta / Skala

Selain itu, jika anda ingin mencari jarak yang terdapat pada peta, maka anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Jarak pada Peta = Skala x Jarak Sebenarnya

Perhitungan Dengan Skala Batang

Dalam menghitung skala peta jenis batang, maka ukuran yang bisa kita pakai adalah ukuran pada batang grafis atau garis lurus yang terdapat di bawah peta. Dalam garis atau grafis tersebut, jarak ruas atau kolom menjadi sama dan masing-masing ruas telah mewakili jarak tertentu.

Terdapat perbedaan yang mendasar jika kita lihat antara skala angka dan juga skala batang ini. Bila sebuah peta diperkecil, maka kita akan tetap dapat memakai skala batang sebagai perhitungan tanpa harus melakukan konvensi.

Biasanya masing-masing skala batang memiliki ruas dengan panjang 1 cm. Ini mewakili jarak sebenarnya. Misalnya pada suatu peta memiliki jarak 1:100.000, maka dalam skala batangnya masing-masing mempunyai ruas 1 cm.

Contoh Soal Menghitung Skala

Kota C dan kota D memiliki jarak pada suatu peta adalah 8 cm. Jika jarak sebenarnya antara kota C dan kota D adalah 160 km. Maka berapakah skala peta tersebut jika berdasarkan satuan cm?

Jawab:
Skala = Jarak pada Peta : Jarak Sesungguhnya
= 8 cm : 160 km
= 8 cm : 160.000.000 cm
= 1 : 2.000.000

Jadi, skala peta tersebut adalah 1 : 2.000.000

Menghitung Jarak Sesungguhnya

Dalam sebuah peta memiliki skala 1:10.000.000, jarak antara kota F dan kota G adalah 5 cm. Berapakah jarak sesungguhnya antara kota F dan kota G?

Jawab:
Jarak sebenarnya = 5 cm / 1 : 10.000.000
= 5 cm × 10.000.000 / 1
= 50.000.000 cm

Jadi, untuk jarak sesungguhnya kota F dan G yaitu 50.000.000 cm atau 500 km.

Perhitungan Dengan Skala Batang

Misalnya jika jarak antara Desa Suka Tani dengan Desa Suka Jaya pada peta dengan skala batang adalah 4 ruas. Dan untuk satu ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka berapakah jarak antara kedua desa sesungguhnya?

Pada peta, setiap ruas tersebut dianggap mewakili 1 km, sehingga jarak kedua desa yaitu: 4 × 1 km = 4 km.

Rumus skala peta yang telah disebutkan di atas, tentunya bisa menambah pengetahuan anda. Anda bisa menghitung jarak sebenarnya dan juga skala dengan mudah setelah mengetahui rumusnya.

Baca Juga:

 

 


Baca Juga :