Sel Tumbuhan – Struktur, Fungsi, Gambar Sel, dan Tipe Jaringan

Posted on

Rumusrumus.com kali ini akan membahas tentang sel tumbuhan yang meliputi pengertian sel tumbuhan  beserta fungsi-fungsi nya, dan penjelasan tentang tipe jaringan yang meliputi struktur sel tumbuhan beserta inti sel, membran nukleus, nukleoplasma, kromosom, kromatin dan juga nekleolus

Pengertian Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan ialah bagian terkecil dari tiap organ tumbuhan.

Sel tumbuhan yaitu penggerak dari suatu tumbuhan itu sendiri. Sel tumbuhan cukup berbeda dengan sel organisme eukariotik lainnya. Sel tumbuhan merupakan kelompok sel eukariotik, sel eukariotik ialah kelompok sel yang memiliki materi genetik (DNA) yang dibungkus oleh membran

sel tumbuhan
sel tumbuhan

Fugsi Sel Tumbuhan

  • sebagai penyusun tubuh tumbuhan
  • penggerak seluruh aktivitas di dalam tubuh tumbuhan,
  • berkaitan dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan,
  • pembawa sifat genetik pada tumbuhan, dan
  • berkaitan dengan reproduksi tumbuhan

Tipe Jaringan

  • Jaringan epidermis
    jaringan paling luar yang membungkus tumbuhan
  • Sklerenkim
    Dinding sekunder tebal, menyokong bagian tumbuhan yang tidak tumbuh.
  • Jaringan pengangkut
    berperan pada pengangkutan dalam tubuh tumbuhan
  • Kolenkim
    Dinding primer tebal, bergabung untuk menyokong bagian tumbuhan yang sedang tumbuh.
  • Jaringan dasar
    melakukan fotosintesis, meyimpan makanan, dan penyokong struktur.
  • Parenkim
    Dinding primer tipis, tidak mempunyi dinding sekunder; bisa berkembang menjadi jaringan tumbuhan yang lebih terspesialisasi.

Struktur Sel Tumbuhan

Inti sel atau nukleus yaitu organel sel yang ada di dalam sel eukariotik. Sel tumbuhan termasuk kelompok sel eukariotik. Di dalam inti sel banyak mengandung materi genetik yang berbentuk DNA. Di dalam DNA tersimpan informasi genetik yang berbentuk polinukleotida.

Fungsi inti sel yaitu untuk mengontrol segala macamaktivitas sel berdasarkan informasi genetik yang dibawa oleh DNA. Informasi genetik ini akan diturunkan ke generasi selanjutnya. Hingga bisa dianggap bahwa nukleus merupakan organel terpenting dalam sebuah sel.

1. Membran Nukleus

Jika dilihat memakai mikroskop elektron, membran nukleus terdiri atas 2 selaput yaitu selaput luar dan selaput dalam. Selaput luar berhubungan langsung dengan sitoplasma. Di antara dua selaput tersebut ada celah sempit yang disebut perinukleus atau intermembran space.

membran nukleus
membran nukleus

Fungsi membran nukleus yaitu sebagai pintu yang menghubungkan nukleoplasma dan sitoplasma. Dikarenakan ada banyak pori-pori pada membran nukleus. Pori-pori ini memungkinkan molekul RNA pada nukleoplasma bisa keluar ke sitoplasma

2. Nukleoplasma

Nukleoplasma yaitu cairan kental yang mengisi bagian dalam nukleus. Cairan ini tersusun dari asam nukleat (DNA dan RNA), protein , dan mineral garam. DNA dan RNA merupakan materi pembawa sifat genetik yang banyak terkandung pada nukleoplasma. Bila kedua materi genetik ini bergabung dengan protein maka disebut juga sebagai nukleoprotein.

nukleoplasma
nukleoplasma

Fungsi nukleoplasma yaitu sebagai suspensi (zat cair yang mengandung zat padat) bagi organel sel yang ada dalam nukelus. Selain itu, nukleoplasma berfungsi juga untuk mempertahankan bentuk nukleus dan sebagai media transportasi zat-zat yang dibutuhkan pada nukleus

3. Kromatin dan Kromosom

Kromatin jika diamati memakai mikroskop elektron terlihat seperti butiran yang tersebar di dalam nukleus. Ketika proses pembelahan kromatin tidak terlihat, tetapi hanya terlihat benang-benang kromosom. Sebutan kormosom dipakai untuk menunjukkan kromatin yang berubah menjadi benang-benang halus saat sel sedang membelah diri.

kromatin dan kromosom
kromatin dan kromosom

Fungsi kromatin yaitu sebagai pembawa informasi genetik yang berguna mengendalikan seluruh aktivitas sel. Hal ini disebabkan karena kromatin tersusun dari DNA (16%), RNA (12%), dan nukleoprotein (72%).

4. Nukleolus

Nukleolus atau anak inti yaitu sebuah organel sel yang terletak di dalam nukleus dan berukuran lebih besar daripada kromatin. Komposisi nukleolus sebagian besar terdiri atas benang-benang halus DNA.

nukleolus
nukleolus

Fungsi nukleolus yaitu sebagai tempat berlangsungnya sintesis RNA. Di dalam nukleolus informasi genetik yang dibawa oleh DNA diuraikan hingga menghasilkan rRNA. Molekul rRNA nantinya akan berfungsi sebagai penyusun organel ribosom dalam sitoplasma

Demikianlah penjelasan mengenai sel tumbuhan, Semoga bermanfaat


Baca Juga :